Mengenal DILF dan DELF-DALF, 3 Tes Kemampuan Bahasa Prancis

delf-dalf

Kursus Persiapan Tes DELF – Apakah kalian pernah mendengar kata DILF, DELF-DALF? ketiganya adalah ujian bahasa Perancis yang terstandar. Digunakan untuk menguji seberapa baik kemampuan bahasa Perancis kamu. Mari kita bahas tentang ujian ini.

Apa itu DILF, DELF-DALF?

Ujian kemampuan bahasa Perancis adalah ujian yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Perancis kita. Jika ada keperluan ke Perancis untuk kebutuhan pendidikan maupun pekerjaan, ujian ini sangat diperlukan sebagai syarat masuknya.

DILF (Diplôme initial de langue française), DELF (Diplôme d’Etude en Langue Française), dan DALF (Diplôme approfondi de Langue Française) adalah jenis-jenis tes untuk menguji kemampuan berbahasa Prancis bagi warga negara yang bahasa utamanya bukan Bahasa Prancis.

DALF adalah versi tingkat lanjut dari DELF, dan DILF adalah tingkatan tes menuju sebelum DALF dan DELF. Jadi ketiganya adalah sebuah rangkaian tes yang berkelanjutan.

Semua tes ini deselenggarakan oleh International Centre for French Studies (CIEP) atas nama Kementrian Pendidikan Prancis..

Masa berlaku DILF, DELF-DALF

Sertifikat hasil dari tes-tes ini diakui secara internasional dan berlaku seumur hidup karena tidak memiliki masa kadaluarsa. Masa berlaku seumur hidup ini yang membedakan antara ujian bahasa Perancis dengan ujian bahasa lainya, seperti IELTS maupun TOELF.

Sebab ujian bahasa Inggris umumnya memiliki masa berlaku 2 tahun saja, sehingga jika dalam waktu tersebut sudah berlalu maka perlu tes bahasa lagi jika ada keperluan yang membutuhkan dokumen ujian bahasa Inggris tersebut.

Tempat belajar bahasa Perancis : Kursus/Les Bahasa Prancis Online

Perbedaan DILF, DELF-DALF

Untuk membedakan arti DILF, DELF-DALF bisa cek tabel perbedaan seperti berikut ini

DILFDELFDALF
Ujian bahasa Perancis untuk dewasa – pemula dalam bahasa Perancis Ujian bahasa Perancis untuk usia anak, remaja dan juga dewasa Ujian bahasa Perancis untuk kebutuhan pendidikan dan dunia kerja
Perbedaan DILF, DELF-DALF

1. DILF (Diplôme Initial de Langue Française)

DILF adalah ujian pemula yang baru mengenal bahasa Perancis. Tes awal ini menjadi dasar dan menjadi syarat untuk mengikuti ujian bahasa Prancis lainya yaitu DELF-DALF.

Ini adalah ujian evaluasi pertama dan hanya bisa dilakukan di Perancis saja.

2. DELF (Diplôme d’Études en Langue Française)

Agak berbeda dengan DILF, DELF ini ada beberapa tingkatan yaitu A1, A2 yang digunakan untuk menguji tingkatan bahasa Perancis dasar dan juga tingkatan B1,B2 untuk menguji tingkatan intermediet.

Ujian DELF ini menguji kemampuan bahasa Perancis dalam beberapa bidang, seperti menulis, membaca, mendengarkan dan berbicara.

DELF PRIMDELF JUNIOR DELF PRO
Untuk anak-anak sekolah dasar usia 7 -11 tahun. Tes ini memiliki tiga level, A1.1, A1, dan A2.

Cocock untuk motivasi untuk anak-anak dalam mempelajari Bahasa Prancis.
Untuk anak-anak SMP dan SMA usia remaja antara 12 sampai 18 tahun.

DELF Junior Version dan DELF for Schools dibagi menjadi 4 level: A1, A2, B1, dan B2.
Ditujukkan bagi pelajar dan pekerja yang akan belajar/bekerja
di Prancis atau lingkungan berbahasa Prancis.

DELF Pro dibagi menjadi 4 level: A1, A2, B1, dan B2.
Perbedaan DILF, DELF-DALF

3. DALF (Diplôme Approfondi de Langue Française)

DALF ini ditujukkan untuk kalangan Universitas dan pekerja. DALF dibagi menjadi 2 level: C1 dan C2. Level C2 adalah level tertinggi dalam ujian setifikasi Bahasa Prancis. Pemegang sertifikat DALF ini adalah orang-orang yang sudah menguasai Bahasa Prancis tingkat ahli.

Untuk setiap jenis ujiannya, ada 4 aspek yang diujikan, yaitu Listening (mendengarkan), Reading (membaca), Writing (menulis), dan Speaking (berbicara).

Baca Juga: Guru Bahasa Harus Multibahasa, Ada Banyak Manfaat

Apa yang diujikan pada level A1 sampai B2?

1. Listening

Pada bagian Listening, peserta akan diperdengarkan beberapa rekaman dan diharuskan menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan rekaman yang dimainkan.

Durasi tiap rekaman yang dimainkan bevariasi tergantung level tes, untuk level A1 sampai B1 rekaman yang dimainkan berdurasi maksimal 3 sampai 6 menit.

Dan pada level B2, durasi rekaman yang dimainkan maksimal 8 menit.

2. Reading

Pada bagian Reading, peserta akan diberikan beberapa bentuk tulisan singkat dan diharuskan menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan.

Pertanyaan yang diberikan bisa dalam bentuk beragam, seperti pilihan ganda, pilihan betul/salah, dan isian singkat. Untuk tes level A1 dan A2 teks yang diberikan pendek dan singkat, sedangkan pada level B1 dan B2, teks yang diberikan lebih panjang dan kompleks.

3. Writing

Pada bagian Writing, materi yang diujikan bervariasi tergantung levelnya. Untuk level A1, peserta diharuskan mengisi dokumen tentang informasi pribadi dan membuat teks singkat seputar kehidupan sehari-hari.

Untuk level A2, peserta diharuskan mendeskripsikan suatu kejadian atau pengalaman dan menulis ungkapan untuk mengundang, memberi selamat, memberi informasi, dll. Untuk level B1, peserta diharuskan membuat karangan dalam bentuk esai, surat, atau artikel seputar pendapat pribadi tentang situasi tertentu.

Dan untuk level B2, hampir mirip dengan B1 hanya saja tingkatannya lebih sulit. Jumlah minimal kata untuk setiap karangannya pun beragam. Minimal 40 kata untuk level A1, 60 hingga 80 kata untuk level A2, 160 hingga 180 kata untuk level B1, dan minimal 250 kata untuk level B2.

4. Speaking

Pads bagian Speaking, untuk level A1 dan A2 akan diberikan kesempatan untuk berkomunikasi dan bermain peran dengan penilai.

Untuk level B1, peserta diharuskan untuk berdiskusi dengan penilai, dan untuk level B2, peserta diharuskan untuk mengutarakan dan mempertahankan pendapatnya. Skor minimum keseluruhan untuk lulus adalah 50 dari total 100.

baca juga : Metode Belajar Bahasa Prancis yang Menyenangkan dan Mudah

Persiapkan tes DILF, DELF-DALF bersama Lister

Ingin lolos tes DILF, DELF-DALF untuk membantu memudahkan semua urusan kamu di Perancis? bisa banget coba kursus persiapan ujian DELF dari Lister.

Ada banyak yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kursus dari Lister. Kemudahan pengaturan jadwal, kelas online, metode pembayaran paylater dan juga kebebasan memilih tutor.

Kursus persiapan ujian DELF di Lister juga tersedia untuk company. Layanan bahasa di Lister untuk company sudah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan sehingga kurikulumnya sangat cocok untuk kursus karyawan dari perusahaan.

Kamu bisa klaim kode promo BLOGLISTER10 untuk dapatkan potongan harga 10%. Promo ini berlaku untuk kamu yang membeli kelas seharga satu jutaan di Lister ya! Segera daftar melalui Whatsapp Lister sekarang juga!

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo Ramadan 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.