Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Guru Bahasa Harus Multibahasa, Ada Banyak Manfaat

Pelatihan bahasa asing untuk guru bahasa

Menguasai bahasa Inggris bisa menjadi investasi di masa depan. Dengan hadirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), tak hanya kalangan pekerja saja yang dituntut memiliki kemampuan bahasa asing khususnya bahasa Inggris yang baik, namun semua guru bahasa mestinya memiliki kemampuan lebih dari satu bahasa.

Mempelajari bahasa Inggris tentu perlu dilakukan sejak dini. Dalam hal ini, guru bahasa Inggris memiliki peran penting untuk menumbuhkan kecintaan siswa terhadap mata pelajaran tersebut.

Ada keuntungan sehari-hari yang jelas untuk berbicara bahasa asing, seperti mengesankan teman-teman, mencetak prestasi, dan salah satunya rasa bangga dan pencapaian terkuat yang dapat dimiliki. 

pelatihan bahasa asing untuk guru bahasa

Kenapa Perlu Pelatihan Bahasa Asing Untuk Guru Bahasa?

Saat ini, menguasai multibahasa sangat penting karena berfungsi sebagai penghubung pengetahuan. Muhadjir menegaskan, banyak sastra klasik berbahasa asing dan daerah yang akan sangat bermanfaat untuk dipelajari para anak didik. Penguasaan multibahasa dari seorang guru menjadi sangat penting agar anak didik dapat memahami pesan yang disampaikan dalam sebuah sastra.

Dalam kongres AGBSI yang dihadiri Menteri Pendidikan Muhadjir Efendi (2018), menyatakan bahwa pentingnya penguasaan kemampuan bahasa asing, tidak hanya untuk guru bahasa Inggris, namun guru Bahasa Indonesia juga harus menguasai bahasa daerah dan bahasa asing. Mendikbud berpesan kepada para guru yang tergabung dalam AGBSI agar mampu menjadi penghubung antara bahasa daerah dan bahasa asing. 

Tujuan Pelatihan Bahasa Asing Untuk Guru Bahasa

Setiap guru bahasa yang menguasai banyak bahasa akan lebih leluasa dalam mencari referensi sumber pembelajaran yang tersebar dalam berbagai bahasa selain bahasa Indonesia.

Sebagaimana motto dari pendidikan di Indonesia tentang pentingnya kemampuan bahasa asing, “Bahasa adalah identitas peradaban bagi Indonesia yang memiliki keberagaman budaya lokal, dan harus memiliki pandangan beskala global yang sesuai dengan visi kita yaitu Kuasai Bahasa Lokal, Lestarikan Bahasa Indonesia dan Kuasai bahasa asing,

Ada tiga alasan dari nilai penting penguasaan bahasa asing yaitu bahasa asing sebagai elemen dasar berkomunikasi untuk menguasai abad 21. Lalu, para siswa dapat lebih mengenal dan menghargai budaya dari negara lain. Alasan yang terakhir adalah terdapat berbagai studi yang menunjukkan siswa yang memiliki ketrampilan bahasa asing menjadi lebih aktif, kreatif, dan luwes dari siswa yang hanya memiliki keterampilan satu bahasa.

Manfaat Pelatihan Bahasa Asing Untuk Guru Bahasa

Beberapa manfaat di bawah ini akan diperoleh jika guru bahasa mendapatkan pelatihan bahasa asing, seperti di bawah ini!

  • Guru bahasa akan lebih leluasa dalam mencari sumber referensi untuk materi pembelajaran
  • Guru bahasa dapat memberikan motivasi kepada siswa untuk menerapkan salah satu motto pendidikan di Indonesia untuk menguasai bahasa asing, melestarikan bahasa Indonesia, dan bahasa daerah.