6 Kiat Sukses Belajar Berbahasa Jepang Secara Mandiri

belajar berbahasa jepang

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Jepang menjadi salah satu negara dengan teknologi yang amat sangat maju dan bahkan banyak sekali masyarakat memperbincangkan bagaimana warga di sana benar – benar sangat disiplin.

Tidak jarang kita menjadi penasaran dengan kebudayaan di sana dan mulai belajar berbahasa Jepang.

Bahkan, banyak sekolah – sekolah di Indonesia yang memberikan pelajaran belajar berbahasa Jepang sebagai muatan lokal.

Tak hanya itu, banyak juga warga Indonesia yang belajar Bahasa Jepang untuk bekerja di negeri Sakura dan negerinya para animator itu.

Bagi kamu yang mulai tertarik untuk belajar berbicara Bahasa Jepang secara mandiri, kamu bisa memulainya dengan mempelajari dan juga menghafal kotakata Bahasa Jepang setiap harinya. Kamu bisa mentarget setiap harinya dengan belajar minimal 20 kalimat Bahasa Jepang beserta artinya. 

Saat ini, banyak sekali platform untuk belajar berbahasa Jepang pemula, kamu bisa mulai mengunduh materi belajar Bahasa Jepang pdf untuk memudahkan proses belajar, atau belajar dari tutor melalui YouTube.

Lister punya beberapa kiat – kiat khusus agar kamu bisa dengan cepat dan juga sukses untuk belajar berbahasa Jepang dan kamu juga bisa belajar berbicara Bahasa Jepang sehari – hari. 

6 Kiat Sukses Belajar Berbahasa Jepang

1. Pelajari Hiragana dan Katakana

Sebelum belajar berbicara Bahasa Jepang, akan lebih baik jika kamu belajar huruf Hiragana, Katakana dan apabila kamu sudah belajar lebih lanjut belajar juga Kanji.

Di Jepang, penulisan mereka menggunakan ketiga aksara tersebut. 

Dan untuk huruf Kanji merupakan aksara tingkatan lanjutnya. Mempelajari Hiragana dan Katakana merupakan pelajaran paling dasar dalam belajar berbahasa Jepang.

Jumlah huruf Hiragana dan Katakana adalah 46. Kamu bisa mulai untuk berlatih menulis setiap harinya.

Untuk mempermudah mengingat, kamu bisa memulai mempelajari huruf Hiragana maupun Katakana dengan berlatih menuliskan satu huruf sebanyak 5 kali atau lebih setiap harinya. Metode ini juga membantu kamu untuk mengingat huruf dan bagaimana penulisannya yang benar.

2. Belajar Tata Bahasa

Setelah kamu mulai menghafal huruf Hiragana dan Katakana serta Kanji, langkah selanjutnya adalah mempelajari tata Bahasa Jepang. Karena tata bahasanya sangat berbeda dengan Bahasa Indonesia.

Kamu harus mengetahui tata bahasa untuk kalimat lampau ataupun kalimat untuk peristiwa yang terjadi saat ini. Karena berbeda waktu juga berbeda penggunaan kata. Bahkan juga ada perbedaan kata untuk kata positif dan negatif. Sebagai contoh :

Kata Positif 

  • わかりました : saya mengerti

Wakarimashita

Kata Negatif

  • わかりません : saya tidak mengerti

Wakarimasen

Baca juga: 10 Contoh Kalimat Bahasa Jepang Semangat dan Artinya

3. Sering Nonton Anime dan Baca Manga

Walau rasanya seperti metode belajar yang tidak serius, namun ternyata metode ini juga sangat ampuh untuk belajar berbahasa Jepang. Metode yang asyik ini lebih mudah untuk dipahami dan diterapkan untuk metode belajar Bahasa Jepang sehari – hari.

Dengan membaca manga atau komik berbahasa Jepang misalkan, kamu bisa belajar huruf Jepang yang digunakan sehari – hari, serta bagaimana tata bahasa dan penulisannya. 

Selain itu, menonton anime juga membantu kamu belajar percakapan Bahasa Jepang secara langsung. Metode ini sangat menyenangkan dan tidak membosankan, loh. Kamu bisa terhibur dengan gambar, tapi disisi lain kamu juga sedang belajar.

Terlebih lagi, kamu juga bisa menambah kosakata Bahasa Jepang kamu dan melatih kamu untuk belajar berbicara Bahasa Jepang juga. Metode lengkap untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan dan berbicara berbahasa Jepang.

4. Berlatih Menulis dan Mendengar Kalimat Berbahasa Jepang

Sering – seringlah untuk berlatih menulis menggunakan huruf Jepang. Kiat ini juga membantu kamu agar tidak hanya berpikir dan juga menghafalkan saja karena itu bisa membuatmu cepat lupa, melainkan juga berlatih langsung menulis kalimat dengan Bahasa Jepang.

Kamu bisa mulai menulis dan belajar Bahasa Jepang dan artinya menggunakan huruf Jepang dari kosakata sehari – hari sampai kalimat – kalimat percakapan. Terlatih menulis huruf Jepang juga meningkatkan daya ingat kamu, loh. 

Jangan lupa juga untuk menuliskan kalimat – kalimat baru dan kalimat yang cukup sulit agar kamu tetap mengingatnya.

Selain itu, banyak pula yang mampu belajar berbahasa Jepang dengan cepat dengan metode belajar mendengarkan. Jadi, banyak – banyaklah untuk mendengarkan kalimat – kalimat dalam Bahasa Jepang.

Mendengarkan bisa dengan mendengarkan lagu – lagu berbahasa Jepang atau menonton acara televisi yang berbahasa Jepang. Jadi kamu belajar dengan cara yang menyenangkan.

Baca juga: 20 Panggilan Sayang Bahasa Jepang yang Biasa Digunakan Sehari-hari

5. Gabung Komunitas

Kiat sukses untuk belajar berbicara berbahasa Jepang kamu adalah dengan bergabung komunitas yang juga belajar berbahasa Jepang.

Karena dengan bergabung komunitas yang memiliki tujuan yang sama ini, kamu bisa berlatih percakapan Bahasa Jepang dan menambah kosakata Bahasa Jepang dengan rekan kamu.

Dan yang paling penting, kamu juga bisa tetap termotivasi untuk belajar Bahasa Jepang sehari – hari karena kamu memiliki lingkungan yang positif.

6. Buat Jadwal Belajar

Kiat belajar Bahasa Jepang yang terakhir adalah dengan membuat jadwal belajar Bahasa Jepang setiap harinya. Tidak perlu waktu yang sangat lama untuk belajar, karena cara belajar pada setiap orang berbeda – beda.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu menjadwalkan belajar Bahasa Jepang setiap hari dan juga disesuaikan dengan cara efektif belajar kamu. Mungkin dengan meluangkan 30 menit untuk menambah kosakata baru.

Belajar berbahasa Jepang juga harus memiliki niat dan komitmen untuk konsisten menghafal dan berlatih. Oleh karena itu, pastikan saat belajar kamu sudah dalam kondisi siap untuk menerima hal – hal baru.

Baca juga: Belajar Bahasa Jepang Selamat Malam dan 10 Contoh Penggunaannya

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.