Apa Mata Uang Jerman Sebelum Euro? Cek 7 Fakta Menariknya

apa mata uang jerman

Kursus Bahasa Jerman – Sebagai salah satu negara paling berpengaruh di Eropa, Jerman memiliki sejarah mata uang yang menarik dan kompleks. Pertanyaan tentang apa mata uang Jerman sebelum Euro sering muncul dalam berbagai diskusi ekonomi.

Lantas, apa mata uang Jerman sebelumnya? Mari kita telusuri lebih dalam.

Apa mata uang Jerman sebelum Euro?

Sebelum pengenalan Euro, mata uang resmi Jerman adalah Deutsche Mark. Ini adalah mata uang yang berlaku di Jerman Barat mulai tahun 1948 dan kemudian di seluruh Jerman setelah reunifikasi pada tahun 1990.

Deutsche Mark dikenal sebagai simbol stabilitas ekonomi dan kekuatan finansial Jerman. Diperkenalkan setelah Perang Dunia II, mata uang ini membantu Jerman dalam pemulihan ekonominya dan menjadi salah satu mata uang terkuat di dunia.

Di sisi lain, Jerman Timur memiliki mata uangnya sendiri, yang dikenal sebagai Mark Jerman Timur. Itu adalah mata uang resmi negara tersebut sejak tahun 1948 hingga reunifikasi.

Sebelum Deutsche Mark, apa mata uang Jerman? Jawabannya adalah Reichsmark. Pengenalan Deutsche Mark membantu dalam mengatasi hiperinflasi pasca-Perang Dunia II. Proses transisi ini adalah titik balik dalam sejarah ekonomi Jerman.

Baca Juga: Pesona Sejarah Ibu Kota Jerman, ini 10 Destinasi Terbaiknya!

7 Fakta Menarik Deutsche Mark

Supaya lebih jelas terkait apa itu mata uang Jerman sebelum Euro yaitu Deutsche Mark, simak fakta-fakta menariknya di bawah ini, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber:

1. Dikenalkan oleh Ludwig Erhard

Fakta menarik pertama dari apa mata uang Jerman sebelum Eruo, Deutsche Mark bahwa mata uang ini pertama kali diperkenalkan oleh Ludwig Erhard pada tanggal 20 Juni 1948, menggantikan Reichsmark.

Ini adalah bagian dari reformasi mata uang untuk melindungi Jerman Barat dari ancaman hiperinflasi dan menghentikan barter serta perdagangan pasar gelap. Tindakan berani ini adalah awal dari era baru bagi ekonomi Jerman, menandai kelahiran apa mata uang Jerman yang menjadi simbol stabilitas.

2. Nilai Tukar

Pada 31 Desember 1998, Dewan Uni Eropa menetapkan nilai tukar akhir untuk Deutsche Mark, dengan 1 Euro sama dengan DEM 1.95583. 1 Mark setara dengan 100 Pfennig (sen).

Penetapan nilai tukar ini adalah langkah penting dalam transisi ke Euro dan mencerminkan kekuatan dan stabilitas Deutsche Mark di pasar internasional.

3. Peralihan ke Euro

Peralihan dari Deutsche Mark ke Euro di Jerman unik dibandingkan dengan negara-negara Zona Euro lainnya. Di Jerman, koin dan uang kertas mark diterima sebagai pembayaran yang sah hingga 28 Februari 2002.

Sementara di negara lain, biasanya hanya berdampingan selama dua bulan. Ini menunjukkan kepercayaan yang tinggi terhadap mata uang yang lama dan transisi yang halus ke mata uang baru.

4. Penjaminan oleh Deutsche Bundesbank

Deutsche Bundesbank menjamin bahwa semua uang mark tunai dapat diganti ke Euro tanpa batas waktu. Hal ini dapat dilakukan di semua cabang Bundesbank di Jerman, dan uang kertas bahkan dapat dikirim melalui pos.

Ini adalah bukti lain dari kepercayaan yang mendalam terhadap mata uang ini dan komitmen untuk memastikan transisi yang mulus bagi masyarakat.

5. Melawan Hiperinflasi

Pengenalan Deutsche Mark bertujuan untuk melindungi Jerman Barat dari gelombang kedua hiperinflasi. Penggantian Reichsmark dengan Deutsche Mark pada nilai tukar yang ditentukan membantu mengendalikan inflasi dan membawa stabilitas ke ekonomi yang terganggu.

6. Bertindak Tanpa Otorisasi

Dalam mengenalkan Deutsche Mark, Ludwig Erhard bertindak melawan peraturan dan mengeluarkan dekret menghapuskan banyak kontrol ekonomi yang awalnya dilaksanakan oleh Nazi dan belum dihapuskan oleh Sekutu. Dia melakukannya pada hari Minggu, ketika kantor otoritas pendudukan tutup, menunjukkan keberanian dan keyakinannya dalam tindakannya.

7. Representasi dalam Ekonomi Jerman

Deutsche Mark tidak hanya menjadi mata uang resmi Jerman Barat dari 1948 hingga reunifikasi pada 1990, tetapi juga menjadi simbol kebangkitan ekonomi dan kestabilan Jerman. Posisinya dalam sejarah ekonomi modern Jerman menunjukkan bagaimana mata uang ini telah membentuk dan mendefinisikan identitas negara dalam beberapa dekade.

Melalui artikel ini, kita telah menemukan jawaban dari pertanyaan apa mata uang Jerman sebelum Euro. Fakta-fakta menarik ini memberi kita gambaran tentang bagaimana mata uang telah membentuk dan mencerminkan sejarah ekonomi dan sosial Jerman.

Baca Juga: 6 Negara ini Menggunakan Bahasa Jerman, ini Fakta Uniknya!

Raih Mimpi Pergi ke Jerman Dimulai dari Belajar Bahasanya!

Sudah paham apa mata uang Jerman? Menguasai bahasa Jerman adalah bekal penting untuk kuliah atau bekerja di negara tersebut. Kamu dapat mulai selangkah lebih maju dengan impian tinggal di Jerman mulai dari Kursus Bahasa Jerman di Lister.

Kamu dapat menentukan jumlah kelas sendiri sesuai kebutuhanmu. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. Selain itu, kamu akan dibimbing tutor-tutor ahli yang bersertifikat.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar via WhatsApp sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts