Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Apa Itu Kosakata? Pengertian, Jenis, dan Contoh Penggunaannya

lister blog mei 2022 pengertian, jenis & penggunaan kosakata

Seseorang yang ingin berbicara bahasa Inggris fasih harus memiliki pengetahuan kosakata yang luas. Mungkin kamu bisa sedikit menghindari penguasaan tata bahasa, tetapi penguasaan kosakata? Rasanya mustahil! Sebab, saat kamu adalah seorang pembelajar bahasa asing katakanlah, artinya kamu sedang membangun bahasa pada memori otak. Kosakata adalah salah satu material/bahan yang diperlukan untuk mencapai tujuan kemahiran berbahasa.

Lalu apa itu kosakata? Simak informasi mengenai pengertian, jenis, dan contohnya di bawah ini ya!

Apa itu kosakata baku?

Kosakata baku adalah jenis kata dimana cara pengucapan atau penulisannya sesuai dengan kaidah-kaidah standar yang telah dibakukan. Kaidah standar yang dimaksud dapat berupa pedoman ejaan yang disempurnakan (EYD), tata bahasa baku, ataupun kamus umum.

Kosakata baru

Tak hanya bahasa asing, dalam belajar bahasa Indonesia sekalipun kamu pasti akan menemukan berbagai kosakata baru yang belum kamu ketahui. Meskipun sebagai pribumi, pengetahuan kosakata yang luas akan semakin memudahkan kamu saat menyusun kalimat/pesan tertentu dengan baik.

1) Kosa kata baru: Embun

Arti: Uap air yang berubah menjadi titik-titik air dan dihasilkan dari proses perubahan wujud gas menjadi cair.

2) Kosa kata baru: Mengembun

Arti: Proses perubahan wujud benda dari gas menjadi cair.

3) Kosa kata baru: Cuaca

Arti: Kondisi udara di suatu wilayah yang relatif sempit dan waktu tertentu dalam jangka waktu ssementara.

4) Kosa kata baru: Suhu

Arti: Satuan yang menunjukkan besaran derajat panas suatu benda.

Kamu juga bisa mulai mempelajari kosakata baru tak hanya bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, namun masih banyak kosakata bahasa asing lain lho. Seperti halnya kosakata bahasa Mandarin, Portugis, Turki, dan Korea.

Tips Belajar Kosakata Baru

  • Cara terbaik untuk membangun kosakata adalah gunakan kata-kata yang telah kamu pelajari dalam konteks yang tepat
  • Pelajari makna dan konteks penggunaannya
  • Latihan untuk membiasakan penggunaan kata baru
  • Minta Guru/Tutor untuk mengoreksi pemahaman kosakata secara berulang

Kosakata Percakapan

Setelah kosakata baku dan baru, masih ada kosakata percakapan. Apa itu kosakata percakapan?

Kosakata percakapan adalah kumpulan dari sejumlah kata dalam jumlah yang banyak. Berdasarkan, waktu penggunaannya kosakata dibagi menjadi dua yaitu kosakata aktif dan kosakata pasif. Sedangkan menurut kadiah penulisannya, kosakata terbagi menjadi dua jenis yaitu kosakata baku dan kosakata tidak baku.

Menurut pengertian lainnya, kosakata percakapan adalah ragam bahasa yang digunakan untuk suasana santai atau informal. Beberapa ciri-cirinya adalah bentuk kalimat yang lebih sederhana atau susunan sintaksis dan logika bahasa yang tidak sempurna.

Setelah mempelajari tentang jenis kosakata dalam bahasa dan peran pentingnya, kamu semakin semangat belajar bahasa kan ya? Asah terus kemampuan kamu dalam penguasaan kosakata melalui Kursus Vocabulary Building Lister sekarang!