Bahasa Inggris Akademik

Pelatihan Menulis Jurnal Ilmiah

Journal Writing and Publishing

Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah Terakreditasi

Lister memberikan solusi pelatihan penulisan jurnal terakreditasi!

Jurnal-jurnal yang telah terindex di dalam jurnal internasional seperti Web of Science, Scopus, atau Microsoft Academic Search memiliki nilai angka kredit yang tinggi (bagi dosen dan peneliti). Dalam blog Resendeve disebutkan bahwa kualitas dan kredibilitas suatu jurnal / konferensi akan dilihat dan direview secara seksama sebelum diindex di jurnal internasional sehingga jurnal, buku, prosiding, dan terbitan karya ilmiah lainnya memiliki reputasi yang tinggi. 

Deskripsi Program

Program Pelatihan Jurnal Ilmiah ini dirancang khusus untuk siswa yang sedang menekuni dunia penerbitan jurnal dengan memberikan bimbingan praktis dalam penulisan dan langkah untuk menerbitkan makalah. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu siswa dalam meningkatkan kualitas tulisan untuk keperluan publikasi dan meningkatkan kepercayaan diri untuk menerbitkan jurnal dan makalah ilmiah sejenisnya. Program ini menjelaskan proses publikasi dan berbagi strategi untuk mencapai kesuksesan di arena penulisan akademik, termasuk mengidentifikasi jurnal yang sesuai untuk publikasi, mengklarifikasi argumen, menggunakan citation software, menulis cover letter serta acknowledgement. Siswa akan dibimbing melalui revisi ketat pada makalah akademis yang sudah ditulis, praktek dan tugas membaca dan menulis secara teratur, menerima umpan balik tulisan secara berkala, dan dipandu step-by-step langkah mempersiapkan publikasi.

Karakteristik Siswa

Program ini ditujukan untuk (1) mahasiswa pascasarjana yang ingin menerbitkan esai yang mereka tulis untuk kelas atau bagian dari tesis master mereka, (2) doctoral candidates yang ingin menerbitkan bagian dari disertasi mereka yang sedang berlangsung (atau sudah selesai), dan (3) recent doctorates, fakultas junior, dan siapa pun yang berada di bawah tuntutan untuk mempublikasikan pekerjaan atau masa jabatan.

Karena program ini adalah tentang menulis dan merevisi manuskrip yang sebenarnya, ada beberapa prasyarat penting untuk berpartisipasi dalam program ini:

  1. Siswa memiliki pemahaman yang lengkap tentang makalah yang ditulis
  2. Siswa telah memutuskan hipotesis dan pertanyaan penelitian
  3. Siswa memahami tinjauan literatur dan memahami subjek tersebut.
  4. Siswa telah selesai melakukan penelitian dan memiliki datanya (telah menyiapkan hasil dan tabel dari penelitian yang sudah dilakukan)
  5. Siswa telah menjalankan analisis utama (yang relevan untuk menjawab pertanyaan penelitian)
  6. Siswa telah memilih 2 sampai 3 makalah yang diterbitkan (dan memiliki teks lengkap) sesuai dengan topik/bidang studi yang diteliti. Jika memungkinkan, salah satu makalah tersebut berasal dari universitas/institusi siswa sendiri. Siswa akan menggunakannya sebagai referensi.

 

Cakupan Materi Pelajaran

  • Introduction to Journal Writing and Publishing
  • Set goals and adjectives, authorship, preparatory work
  • A step-by step approach and publishing process
  • The conventional article structure: Abstract, Introduction, Materials and methods, Results, and Discussion, and its variations 
  • How to choose a target journal
  • Section in Research Article and Journal writing
  • Journal impact
  • A process for preparing a manuscript
  • Outline and Manuscript structure
  • Reporting guidelines and checklists
  • Editing procedures (Macro- and Micro-editing)
  • Five practices of successful authors
  • Understanding the peer-review process
  • Understanding the editor’s role
  • The contributor’s covering letter
  • Understanding the reviewer’s role
  • Understanding the editor’s role (continued)
  • Referees’ criteria for evaluating manuscripts: titles as content sign posts 
  • How to respond to editors and referees
  • How to deal with manuscript rejection
  • How to deal with ‘‘conditional acceptance’’ or ‘‘revise and resubmit’’

Lihat E-Catalogue & Harga

Semua Program Lister

Kursus Makin Ringan
Dengan Cicilan
Pembayaran!

Bunga 0%

Tersedia Pilihan Kelas

Private
Interaksi One on One memungkinkan Anda untuk lebih fokus belajar. Cocok untuk Anda yang memiliki kesibukan padat.
Semi Private Berdua
Ajak 1 teman, sahabat dekat atau saudara Anda untuk Belajar Bersama! Lebih hemat karena biaya kursus bisa dibagi berdua.
Semi Private (3-5)
Anda bisa ajak 1-4 teman untuk belajar bareng. Lebih hemat dari kelas private dan lebih fokus dari kelas group.
Group (3-16)
Lebih seru belajar bareng di Group Class. Memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan classmates lain dan mendapat teman baru.

Tersedia juga Pilihan Paket mulai dari 4 hingga 80 pertemuan

Lister Siap Membantu Anda Menulis Jurnal Ilmiah

Client Kami

Rekomendasi Program Lainnya

IELTS

IELTS PREPARATION

Intermediate B1

Garansi IELTS 7.5

LP Disclaimer

TOEFL ITP PREPARATION

Basic A2

Belajar untuk Kebutuhan Pendaftaran Beasiswa

LP ebook optimized

SAT PREPARATION

Intermediate B1​

 Persiapkan Diri untuk Kuliah S1 Luar Negeri

3 optimized

GRE PREPARATION

Intermediate B1

Kuliah Di US Kini Bukan Lagi Mimpi

PENTINGNYA BIMBINGAN JURNAL ILMIAH

 

Istilah jurnal ilmiah sangat familiar untuk kalangan tertentu, seperti komunitas ekonomi, komunitas budaya, organisasi kemasyarakatan, dan beberapa bidang lainnya. Namun,  jurnal ilmiah selalu diidentikkan dengan kalangan akademisi. Karena memang kalangan akademisilah yang paling rajin menerbitkan jurnal ilmiah. Sebenarnya apa sih jurnal ilmiah itu? Dan apa yang membedakannya dengan media lain?


Pengertian Jurnal Ilmiah

 

Jurnal ilmiah secara mudahnya bisa didefinisikan sebagai media publikasi yang disusun dan diterbitkan oleh sebuah organisasi atau kalangan akademisi secara berkala. Isi dari jurnal ilmiah ini adalah berupa tulisan atau artikel yang berisi pemikiran ilmiah penulis secara empiris atau berdasarkan hasil penelitian, maupun secara logis atau berdasarkan hasil pemikiran penulis dalam bidang yang dia geluti.

Dengan kata lain, jurnal ilmiah berisikan tulisan-tulisan yang memang merupakan kumpulan teori hasil penelitian, sanggahan terhadap sebuah teori, obituary, ceramah kuliah umum, proposal yang akan diajukan untuk dijadikan penelitian, tinjauan buku, atau hasil pengamatan ilmiah, baik yang sifatnya akademik maupun non akademik.

Bila anda memiliki komunitas budaya & sejarah, komunitas anda bisa menerbitkan jurnal ilmiah secara berkala, misal satu bulan sekali atau dua bulan sekali. Layaknya sebuah media publikasi, jurnal ilmiah juga memiliki susunan atau tim redaksi yang terdiri dari penulis, reviewer (atau orang yang menilai kelayakan sebuah tulisan berdasarkan keahlian/ilmu pengetahuan yang dia miliki), editor, dan pemimpin redaksi. Setidaknya, ada 4 orang ini dalam sebuah tim redaksi jurnal ilmiah.

Para penulis jurnal ilmiah bisa siapa saja yang berada dalam area keilmuwan tertentu.  Misal, jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh kampus. Maka penulisnya bisa jadi dosen, anggota lembaga penelitian kampus, atau anggota organisasi kampus. Tulisan-tulisan atau artikel dari para penulis ini harus ditulis sesuai dengan kaidah penulisan jurnal ilmiah (secara sistematis), dan membahas topik yang sesuai dengan tema jurnal ilmiah atau kelimuan jurnal ilmiah tersebut.

Tulisan atau artikel dari para penulis ini sebelum sampai ke editor, akan masuk ke reviewer terlebih dahulu. Reviewer yang menentukan tulisan atau artikel mana saja yang bisa lolos untuk diterbitkan dan mana yang tidak. Kumpulan tulisan yang sudah di-review ini akan dikirim ke meja editor untuk dicek oleh editor, sebelum diterbitkan.

Manfaat/Kegunaan Jurnal Ilmiah

 

 

            Jurnal ilmiah merupakan media publikasi yang sudah memiliki segmen sendiri. Artinya, mereka yang membaca sebuah jurnal ilmiah adalah mereka yang memiliki bidang keilmuwan yang sama dengan jurnal tersebut. Sehingga manfaat jurnal ilmiah sendiri bisa dijabarkan sebagai berikut:

  1. Sebagai tambahan ilmu pengetahuan.
  2. Tambahan informasi dan data dalam pengajuan proposal penelitian.
  3. Sebagai media pertukaran informasi di kalangan para ilmuwan/akademisi.
  4. Penyebaran hasil penelitian para ilmuwan atau para peneliti.
  5. Bila di kampus, maka jurnal ilmiah bermanfaat sebagai sarana komunikasi akademik, media bagi para dosen untuk meningkatkan kemampuan penulisan ilmiahnya, dan meningkatkan citra kampus tersebut.

Misal, anda menjadi anggota sebuah komunitas atau organisasi yang mengkhususkan dirinya dalam dunia komunikasi. Kemudian, anda berniat untuk melakukan sebuah penelitian komunikasi (perkembangan media online, pembentukan opini masyarakat oleh media, atau lainnya), maka anda akan memerlukan beberapa informasi atau data terkait topik yang akan anda teliti.

Memilih beberapa jurnal komunikasi sebagai acuan rencana penelitian anda adalah sebuah keputusan yang tepat. Karena jurnal berisi lebih dari satu tulisan yang ditulis oleh lebih dari satu penulis. Artinya, jurnal ilmiah menjadi kumpulan teori dan penelitian yang lengkap dibanding satu buku atau satu karya ilmiah yang mengkhususkan satu jenis penelitian saja. Anda lebih bisa membuat kerangka penelitian yang lebih terarah.

 

 

Apakah Menulis Jurnal Ilmiah itu Mudah?

 

            Melihat dari penjelasan di atas, tentu menulis jurnal ilmiah bukan sekadar menulis artikel biasa atau artikel opini, sekalipun artikel opini juga memerlukan data. Selain itu, format penulisan artikel untuk jurnal ilmiah pun berbeda dengan artikel biasa. Tentu masih ingat kan kalau jurnal ilmiah bisa terdiri dari kumpulan tulisan ilmiah akademik, non akademik, tinjauan buku, dan obituary. Nah, masing-masing jenis tulisan tersebut memiliki format penulisan yang berbeda.

Agar artikel yang anda tulis dapat diterbitkan, maka sebaiknya anda memahami format penulisannya terlebih dahulu. Untuk keakuratan format dan teknik penulisan yang tepat, anda bisa mengikuti bimbingan jurnal pada mereka yang terbiasa menulis jurnal ilmiah atau pada lembaga kursus yang menyediakan fasilitas bimbingan jurnal ilmiah.

 

 

Bimbingan Jurnal Ilmiah

 

            Mencari bimbingan jurnal ilmiah tidaklah sulit. Apalagi di zaman sekarang, banyak yang menerima bimbingan ilmiah secara online. Dengan mengikuti bimbingan jurnal ilmiah anda akan dibimbing cara menulis jurnal ilmiah yang benar, padat, jelas, mengandung pengetahuan baru, dan mudah dipahami oleh pembaca.

Contohnya, bila anda hendak menulis artikel ilmiah yang bersifat non akademik. Anda tidak perlu mencantumkan metode penelitian dan hasil penelitian. Meski sama-sama mencantumkan judul, nama penulis, abstrak, kata kunci, pendahuluan, kesimpulan, dan daftar rujukan tulisan anda. Anda hanya perlu mengganti metode penelitian dan hasil penelitian (yang wajib ada dalam tulisan ilmiah akademik), dengan bagian inti yang bisa dibagi menjadi beberapa subjudul.

Begitu pula dengan artikel ilmiah yang menulis tinjauan sebuah buku atau obituary, memiliki format yang berbeda lagi dengan artikel ilmiah yang bersifat akademik dan non akademik.

Melalui bimbingan jurnal ilmiah, anda akan diberikan bimbingan jurnal ilmiah secara detil. Mulai dari pematangan topik sampai dengan format penulisan. Tujuannya, tentu saja agar tulisan ilmiah anda dinyatakan lolos oleh reviewer dan editor untuk diterbitkan dalam jurnal ilmiah mereka.

Bagi anda yang baru saja mau menerbitkan jurnal ilmiah sendiri, anda bisa memanfaatkan bimbingan jurnal ilmiah ini untuk format jurnal ilmiah secara keseluruhan. Keterkaitan tema antara artikel yang dengan yang lain, bagaimana cara penyuntingan artikel yang akan diterbitkan dalam jurnal ilmiah, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan penerbitan jurnal ilmiah.

Bahkan, ada juga bimbingan jurnal ilmiah yang memiliki kerja sama dengan penerbit. Sehingga anda yang belum punya penerbitan sendiri, bisa ‘titip’ menerbitkan jurnal ilmiah anda ke penerbitan tersebut. Hal utama yang akan anda dapatkan dalam bimbingan jurnal ilmiah ini adalah kelayakan artikel ilmiah atau jurnal ilmiah anda untuk dibaca oleh para audiens atau para pembaca yang sebidang ilmu pengetahuan dengan anda. Dengan begitu, pesan yang ingin anda sampaikan melalui penulisan artikel ilmiah atau penerbitan jurnal ilmiah anda pun akan sampai sesuai dengan harapan anda.

Tips untuk memilih bimbingan jurnal ilmiah yang tepat adalah pilih lembaga kursus atau mentor bimbingan jurnal ilmiah yang sudah sering menerbitkan tulisan ilmiah dalam beberapa jurnal. Anda bisa mencoba mencari tahu kualitas mereka dari tulisan yang mereka terbitkan dalam jurnal tersebut, dan jumlah artikel ilmiah yang sudah mereka terbitkan dalam jurnal ilmiah.