Scholarship Artinya, Jenisnya & Bedanya dengan Fellowship

scholarship artinya

Scholarship artinya beasiswa. Istilah ini banyak digunakan untuk menyebut bantuan pendanaan pendidikan.

Jika teman kamu menyebut scholarship artinya ia sedang membicarakan tentang beasiswa ya! Yuk pelajari scholarship, bedanya dengan fellowhsip dan jenis-jenis scholarship yang umum diberikan.

Untuk kamu yang ingin mengejar beasiswa tertentu, Lister juga ada program bimbingan beasiswa S1, S2 dan S3 lho yang bantu kamu menyiapkan kebutuhan beasiswa dengan terarah.

Scholarship Artinya Apa?

Apa itu scholarship? Scholarship adalah bentuk pembiayaan yang diberikan oleh lembaga pemerintah maupun organisasi swasta kepada pelajar atau mahasiswa yang memenuhi syarat atau ketentuan tertentu.

Pada umumnya, seorang pelajar atau mahasiswa harus membuktikan dirinya layak mendapatkan scholarship jika memenuhi syarat secara akademis.

Bisa dari nilai rapor yang baik, prestasi tertentu dalam bidang studi yang dituju. Ataupun prestasi yang diakui dalam bidang sosial, budaya, atau olahraga.

Scholarship menjadi penting agar kamu tidak salah dalam menentukan tujuan.

Istilah Scholarship awardee 

Awardee adalah sebutan bagi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari institusi atau pemerintah.

Beasiswa yang diberikan kepada awardee bisa berupa biaya pendidikan, biaya hidup, akomodasi, buku dan lain sebagainya.

Sementara itu, besaran bantuan dana beasiswa umumnya sudah disetujui sebelum masa pendidikan dimulai. 

Tak jarang, seorang awardee scholarship akan menerima dana beasiswa secara berkala selama berjalannya masa pendidikan sambil harus mempertahankan prestasinya sesuai syarat yang ditentukan.

Seorang penerima beasiswa atau awardee juga memiliki kewajiban-kewajiban yang harus ditunaikan sesuai dengan kebijakan pemberi beasiswa.

Artikel terkait : Arti Awardee Beasiswa, Siapkah Kamu Menjadi Salah Satunya?

Perbedaan Fellowship dan Scholarship

Fellowship merupakan salah satu jenis beasiswa yang dapat diberikan kepada individu-individu yang sudah berpengalaman di bidangnya. Bantuan yang diberikan dapat berupa fasilitas khusus atau kemudahan-kemudahan lainnya.

Fellowship dapat diberikan untuk mendukung berbagai proyek, seperti: Penelitian independen, Pengembangan organisasi melalui kegiatan komunitas, Pelatihan di bidang-bidang tertentu, Peluang untuk mengeksplorasi bidang pekerjaan tertentu.

Artikel terkait : Fellowship adalah Salah Satu Jenis Beasiswa, Berminat Coba?

Bahkan bisa dikatakan kalau fellowship merupakan status prestisius yang tidak selalu memberikan bantuan secara finansial kepada pemegangnya.

Beberapa perbedaan dari program fellowship dan scholarship dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu jangka waktu, sasaran penerima, syarat kualifikasi, bantuan yang didapatkan, dan cara pemberian bantuan. Berikut penjelasannya!

1. Jangka waktu

Fellowship tidak dibatasi oleh waktu karena sifatnya sesuai kebutuhan sehingga penerima bisa mendapatkan bantuan mulai dari hitungan hari, bulan sampai beberapa tahun. Sementara untuk scholarship, jangka waktu pemberian bantuan sesuai dengan jumlah semester yang akan ditempuh.

2. Sasaran Penerima

Fellowship ditujukan untuk mahasiswa pascasarjana (S2 dan S3) atau pendidikan profesi yang sedang melakukan penelitian atau pengembangan organisasi berbasis masyarakat. Sementara untuk scholarship hanya diberikan kepada mahasiswa secara umum seperti jenjang pendidikan dan bidang keilmuan yang beragam.

3. Syarat Kualifikasi

Syarat kualifikasi untuk program fellowship umumnya melihat dari indeks prestasi atau Grade Point Average (GPA) dan keterampilan sesuai profesi. Sementara untuk scholarship bisa melihat dari GPA, status ekonomi, dan prestasi yang dimiliki.

4. Bantuan yang Diberikan

Program fellowship memberikan bantuan berupa dana yang besarannya sesuai dengan lamanya penelitian atau kegiatan yang sedang dijalankan.

Sementara untuk scholarship artinya bantuan yang diberikan dalam bentuk biaya pendidikan, biaya hidup, akomodasi, buku, dan sebagainya yang besarannya telah ditentukan.

5. Cara pemberian bantuan

Pada program fellowship, bantuan akan diberikan secara bertahap. Sementara untuk scholarship ada lembaga yang memberikan sekaligus maupun secara bertahap.

scholarship artinya
scholarship artinya | Sumber gambar : Freepict

Berbagai Macam Jenis Scholarship

Kamu punya keinginan melanjutkan studi namun terhalang biaya? Ini saatnya buat cari tahu macam-macam scholarship yang bisa kamu dapatkan!

Simak penjelasannya di sini dan persiapkan diri untuk bisa memenuhi persyaratan menjadi awardee. 

1. Full-Ride Scholarship

Full-ride scholarship artinya ialah salah satu jenis dari fully funded scholarship merupakan dana beasiswa yang diberikan selama masa studi di sekolah atau universitas.

Meliputi seluruh biaya kebutuhan sekolah seperti biaya pendidikan, biaya tempat tinggal, biaya penelitian, buku kuliah dan perlengkapan alat tulis. 

Biasanya ful-ride scholarship disediakan oleh pemerintah, kampus, hingga lembaga atau yayasan pendidikan.

Persaingan mendapatkan full-ride scholarship sangat ketat dan kamu harus mampu bersaing dengan calon awardee dari berbagai kalangan. 

Artikel terkait : Beasiswa Fully Funded Artinya Apa? Cek Sebelum Apply!

2. Full-Tuition Scholarship

Full-tuition scholarships memiliki perbedaan yang sangat tipis dengan Full Ride Scholarship dalam hal pembiayaan.

Full-tuition scholarship lebih fokus kepada biaya pendidikan, fasilitas lab, dan buku saja.

Meski sama-sama meringankan biaya selama pendidikan, namun sekarang kamu tahu bukan kalau kebutuhan kehidupan selama studi dan biaya penelitian diambil dari dana pribadi. 

3. Partial Scholarship

Partial scholarship biasanya diberikan untuk mereka  yang ingin mengikuti kegiatan short-course.

Partial scholarship juga biasanya memiliki regulasi yang cukup ketat. Kamu tidak bisa melakukan tambahan sponsorship untuk menopang kebutuhan kamu selama kuliah.

4. Undergraduate Scholarship

Undergraduate scholarship adalah beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan sarjana atau D4.

Beberapa contoh lemabaga yang menyediakan beasiswa jenis ini antara lain ASEAN Undergraduate Scholarship (AUS) juga Science & Technology Undergraduate Scholarship

Nah setelah mengetahui scholarship artinya apa, kemudian macam-macam scholarship  serta perbedaan dari kedua program di atas, scholarship mana nih yang buat kamu tertarik?

Meskipun semua pilihan tergantung dari kamu, tapi faktanya beasiswa tidak hanya menghemat pengeluaran orang tua kamu tapi juga bisa menambahkan pengalaman kamu untuk masa depan. 

Persiapkan diri dapatkan beasiswa yang kamu incar bersama Lister!

Siapkan diri menjadi awardee bersama Lister. Kamu bisa menyiapkan program beasiswa yang kamu impikan bersama Lister!

Ada program bimbingan beasiswa S1, S2 dan S3 dari Lister yang membantu kamu menyiapkan diri dalam seleksi beasiswa dengan maksimal.

Bimbingan beasiswa ini dipandu oleh tutor terbaik yang sudah berpengalaman dalam mengajar persiapan beasiswa dalam dan luar negeri.

Kelas private bantu persiapan kamu lebih intensif. Kelas private bimbingan beasiswa bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp1.825.000. Cek halaman testimoni untuk dapatkan insight dari alumni Lister!

Konsultasikan kebutuhan belajar kamu bersama Lister melalui Whatsapp! Ada promo menarik yang bisa diikuti, ambil promo dengan update di Instagram Lister!

Sumber gambar sampul: Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts