Business Correspondence: Pengertian, Tujuan, dan Jenis

Business Correspondence

Kursus Business English – Cara paling mudah yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain adalah dengan mengirim pesan baik melalui teks atau surat. Hal tersebut dikenal dengan correspondence.

Dalam dunia bisnis, ada yang disebut dengan business correspondence. Sebuah bisnis biasanya menggunakan berbagai jenis correspondence dalam kegiatannya sehari-hari. Ada enam jenis business correspondence yang paling umum dalam komunitas bisnis seperti yang akan dijelaskan di sini.

Pengertian Business Correspondence

Business correspondence adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebut segala bentuk komunikasi tertulis yang terjadi dalam hubungan bisnis. Komunikasi bisa secara eksternal dengan mitra bisnis atau secara internal dalam organisasi.

Business correspondence sebagian besar dilakukan dalam bentuk surat.

Baca juga: Brainstorming Phrases untuk Meeting: Dos and Don’ts

Tujuan Business Correspondence

  • Menjaga hubungan baik.
  • Sebagai bukti, catatan, atau dokumentasi kegiatan usaha.
  • Sebagai bentuk komunikasi yang murah dan nyaman.
  • Mengatasi ketidakjelasan dalam komunikasi.
  • Membantu bisnis semakin berkembang.

Jenis-Jenis Business Correspondence

Apa saja jenis-jenis correspondence yang digunakan dalam dunia bisnis?

Internal Correspondence 

Penyampaian informasi antara karyawan, departemen, cabang, dan unit dari perusahaan yang sama disebut internal correspondence atau dalam bahasa Indonesia korespondensi internal.

Ada dua bentuk internal correspondence, yaitu formal dan informal. Beberapa contoh korespondensi internal formal adalah surat promosi, permintaan persetujuan formal, memorandum, dan lain-lain. Sebagian besar bentuk korespondensi ini dicetak di atas kertas. 

Korespondensi internal rutin yang bersifat informal dapat berupa instruksi cepat antara manajer dan bawahan, sebagian besar dalam bentuk email.

External Correspondence 

Komunikasi antara dua organisasi yang berbeda atau antara organisasi dan klien adalah external correspondence atau korespondensi eksternal. Jenis korespondensi dalam komunikasi bisnis ini biasanya dilakukan kepada pemasok, klien yang sudah ada, calon klien, kantor pemerintah, dan lainnya. 

Sales Correspondence 

Komunikasi apa pun yang terkait dengan penjualan disebut sales correspondence atau korespondensi penjualan. Ini tidak hanya berkaitan dengan penjualan produk atau layanan, tetapi mencakup banyak kegiatan lainnya. Contohnya surat pemasaran, faktur, surat diskon, laporan rekening, dan lainnya.

Baca juga: Business Report Structure: Template dan Tips Membuatnya

Routine Correspondence 

Routine correspondence terjadi secara rutin seperti pesanan, pertanyaan, undangan, balasan, dan lainnya. 

Personalized Correspondence 

Personalized correspondence melibatkan dua faktor, yaitu faktor pribadi dan emosional. Beberapa contoh korespondensi jenis ini adalah surat ucapan terima kasih, surat ucapan selamat, catatan penghargaan, surat permintaan rekomendasi, dan lainnya. 

Circulars (Surat Edaran)

Jenis korespondensi ini digunakan ketika perusahaan harus menyampaikan masalah umum kepada khalayak yang besar. Beberapa contohnya adalah pemberitahuan tender, perubahan informasi kontak, dan lainnya. 

Kursus Business English, Bantu Kamu Raih Karier Global

Kosakata yang digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan tentu berbeda dengan percakapan sehari-hari. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Sejumlah alumni Lister merasakan manfaat setelah mengikuti Kursus Business English di Lister. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.