Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Business Report Structure: Template dan Tips Membuatnya

Jika kamu bekerja di departemen sales atau marketing, salah satu tanggung jawabmu adalah membuat business report. Format laporan ini berbeda-beda sesuai ketentuan perusahaan, tetapi pada umumnya business report structure berikut dapat diterapkan.

Business Report

Business report adalah dokumen tertulis yang menampilkan informasi dan fakta terkait tujuan bisnis. Tujuan business report yaitu menyampaikan hasil pengamatan terkait suatu isu. Kesimpulan ini nantinya dimanfaatkan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Apa saja yang perlu disampaikan dalam laporan ini? Hal yang sudah terjadi, rencana bisnis, analisis isu, menawarkan solusi terhadap masalah, dan lain-lain.

Business report umumnya bersifat formal. Tujuan utamanya adalah menjelaskan permasalahan rumit dan hasil analisisnya secara sederhana.

Business report structure dibagi menjadi beberapa bagian untuk mempermudah pembaca menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Tips Membuat Business Report

Walaupun bersifat formal, bukan berarti kamu tidak dapat membuat laporan tersebut dengan bahasa yang sederhana. Tujuannya agar pembaca mudah memahami informasi yang disampaikan.

Jelaskan informasi secara gamblang sesuai hasil temuan terhadap suatu isu. Untuk mempermudah, kamu dapat menggunakan tabel, gambar, atau diagram. 

Jangan lupa menyertakan rekomendasi berdasarkan kesimpulan. Hal ini menunjukkan kamu proaktif terhadap permasalahan yang dihadapi.

Terakhir, ikuti format penulisan yang ditetapkan perusahaan. Setiap perusahaan memiliki template masing-masing yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

business report structure

Business Report Structure

Berikut ini contoh formal business report structure yang umum digunakan.

Title Page

Title page adalah halaman judul yang menyatakan isi laporan. Biasanya kamu juga harus menyertakan nama, jabatan, dan tanggal pembuatan laporan.

Summary

Summary adalah rangkuman yang mencakup poin-poin pembahasan. Kamu dapat menyertakan:

  • penjelasan singkat tentang isi laporan
  • metode pembuatan laporan
  • temuan utama dalam proses pembuatan
  • kesimpulan dan solusi utama

Rangkuman tidak perlu terlalu panjang, cukup satu-dua paragraf. Namun untuk laporan yang lebih lengkap, kamu dapat menyertakan executive summary.

Table of Contents

Table of contents atau daftar isi biasanya dibutuhkan untuk laporan yang kompleks, panjang, dan rumit. Gunakan subjudul dan page numbers dalam daftar isi.

Introduction

Introduction adalah bagian pembuka. Di sini kamu dapat menyampaikan tujuan pembuatan laporan. Kamu dapat menjelaskan latar belakang (penjelasan bisnis dan pasar), tujuan laporan (hal yang hendak dicapai), dan cakupan (apa saja yang termasuk dan tidak termasuk dalam laporan).

Methods and Findings

Kamu juga dapat menyertakan metode penelitian dan alasannya. Contohnya bagaimana data dikumpulkan dan dianalisis.

Lalu sampaikan apa saja hasil temuan berdasarkan penelitian tersebut. Pastikan kamu menyampaikan secara jelas dan menyeluruh.

Kamu dapat menggunakan subjudul agar laporan tidak terlalu padat. Hasil temuan dapat disampaikan melalui diagram, tabel, dan gambar untuk mempermudah pembaca.

Conclusions and Recommendations

Di sini kamu dapat menyampaikan kesimpulan, yakni rangkuman dari hasil temuan. Jika diminta, kamu dapat menyampaikan rekomendasi tindakan berdasarkan kesimpulan tersebut.

Bagaimana cara membuat rekomendasi dengan tepat? Pastikan rekomendasi tersebut menjawab tujuan pembuatan laporan yang disampaikan di awal.

Reference List

Jika kamu menggunakan data dari pihak ketiga, pastikan kamu mencantumkan sumbernya di sini. Data tersebut dapat berupa dokumen lain, artikel akademik, atau berita yang mendukung laporan.

Appendices

Appendices adalah lampiran. Tidak semua laporan membutuhkan bagian ini.

Jika kamu mengumpulkan data yang perlu didokumentasikan, kamu dapat menyertakannya di sini. Contohnya transkrip wawancara, hasil survei, data keuangan, dan lain-lain.

Bahasa Asing untuk Sekretaris Handal Lister

Contoh Business Report

Analysis of Social Media Content in 2021 for Eternal Marketing Agency

Prepared by

Jill Tandiono

+628378835

jill.tan@eternal.agency

December 18th, 2021

Summary

This report includes findings in social media content planning throughout 2021. Instagram became Eternal Agency’s focus due to updated algorithm. However, some clients’ Instagram engagements have not met the expected targets. Eternal Agency must consider the audience’s demands in social media content for each client.

Introduction

Social media has been Eternal Agency’s main work field. High engagement in social media contents are demanded by Eternal Agency’s clients.

However, 4 out of 10 clients’ Instagram accounts have not met expected targets in engagements. Eternal Agency must reconsider effectiveness in current social media marketing campaigns and plot future content planning.

Methods and Findings

Eternal Agency has collected engagement data for 4 Instagram accounts. We also ran customer surveys to find audience’s demands in engaging contents.

– Reels is Instagram’s main algorithm nowadays. These 4 accounts are still focusing on carousels instead of Reels video, so that the accounts were not boosted by Instagram.

– Highest likes, comments, and shares found in videos that collaborated with influencers.

– Highest likes, comments, and shares found in videos with educational purposes compared to brand explanation.

– Reels videos produced still have low quality compared to client’s competitors.

– Followers rate for these 4 accounts have not grown much for the last 3 months.

Conclusions

– Reels videos help engagements and brand awareness because they are boosted by Instagram.

– Videos with educational purposes can attract more engagements, and eventually will boost brand awareness.

Recommendations

– Improve video production’s quality.

– Increase the number of educational videos.

– Increase the number of videos in Instagram Story.

– Investigate the cause of high likes, comments, and shares in videos.

– Collaborate with influencers.

Reference List

– Articles about Instagram algorithms.

– Instagram reports.

Bahasa Inggris adalah syarat utama bersaing dalam karier di masa depan. Untuk mempersiapkan diri menghadapinya, ikuti Kursus Business English di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama para tutor yang profesional dan berpengalaman. Kamu dapat memilih jumlah pertemuan sesuai kebutuhan dan jadwal yang fleksibel. Daftar sekarang!