Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Membuat Executive Summary, Penting Buat Gaet Investor!

Membuat executive summary yang menarik adalah langkah awal menggaet investor potensial. Executive summary dapat disebut sebagai “wajah” awal yang pertama kali dilihat pembaca. Maka dari itu, bagian ini harus benar-benar menarik agar pembaca mau melihat keseluruhan business plan atau proposal.

Apa itu Executive Summary?

Executive summary adalah bagian dari rencana bisnis atau business plan. Bagian ini merupakan ringkasan singkat yang memuat berbagai informasi penting dalam rencana bisnis.

Executive summary mencakup target penjualan, target pasar, produk, anggaran keuangan, dan lain-lain. Mengingat sifatnya yang singkat, executive summary harus benar-benar menarik agar orang mau melanjutkan membaca.

Umumnya investor atau klien cukup membaca executive summary untuk menentukan apakah mau bekerja sama.

Executive summary juga dapat menjadi bagian awal dari business report untuk menjelaskan tujuan bisnis dan pembuatan laporan.

Apa Pentingnya Executive Summary?

Investor, manajer, direktur, CEO, dan sejenisnya adalah orang yang selalu sibuk. Mereka tidak punya banyak waktu membaca puluhan bahkan ratusan halaman business plan.

Terkadang mereka hanya punya waktu membaca halaman pertama. Maka dari itu, penting meletakkan ringkasan di halaman pertama.

Isi Executive Summary

Seperti disinggung sebelumnya, executive summary dapat ditempatkan di awal business report atau proposal. Isi keduanya berbeda.

Business Report

Executive summary dalam business report harus mampu menjawab pertanyaan berikut.

  • Secara singkat, apa isi laporan?
  • Mengapa laporan ini penting?
  • Mengapa laporan ini dibuat?
  • Apa saja temuan utama yang didapati?
  • Apa yang harus dilakukan?

Proposal

Executive summary dalam proposal harus mampu menjawab pertanyaan berikut.

  • Secara singkat, apa isi proposal?
  • Apa yang diusulkan?
  • Mengapa hal ini diusulkan?
  • Apa saja langkah yang harus diambil?

Poin-poin tersebut dapat dijabarkan dengan struktur seperti ini.

  • Tujuan
  • Latar belakang masalah
  • Metode analisis
  • Hasil analisis
  • Rekomendasi
executive summary

Tips Membuat Executive Summary

Executive summary harus dibuat menarik. Apa saja tips yang bisa kamu terapkan saat membuatnya?

Singkat

Executive summary yang baik umumnya dibuat sepanjang 5-10 persen dari total halaman laporan. Tujuannya agar cukup ringkas dibaca tetapi tetap lengkap.

Bahasa

Saat membuat executive summary, pastikan kamu mengetahui siapa pembacanya. Sebagai contoh, bahasa yang ditujukan untuk akuntan berbeda dengan programmer. Hal ini akan berpengaruh pada kemudahan pembaca memahami isi teks.

Detail

Hindari terlalu banyak detail di bagian executive summary. Detail tersebut dapat kamu cantumkan dalam laporan.

Kesamaan isi

Pastikan poin-poin yang kamu sebutkan dalam executive summary termasuk dalam laporan atau proposal.

Sebut keunggulan bisnis

Apa yang menjadi keunggulan bisnismu? Apakah dari segi produk, target pasar, atau potensi pasar? Sebutkan hal ini untuk menarik perhatian pembaca.

Hindari klaim berlebihan

Hindari kata-kata seperti the best, groundbreaking, cutting-edge, world-class, dan lain-lain. Klaim seperti ini terlalu berlebihan sehingga justru membuat investor tidak tertarik.

buku english for business

Contoh Executive Summary

Berikut ini contoh executive summary untuk proposal.

Executive Summary

Second Planet Inc.

Business Description

Second Planet Inc is a Malang-based developing company focused on delivering sustainable solutions. We provide responsible electronic waste management facilities.

Project Review

Second Planet offers an opportunity to fund an online application development project. This application will provide easier pick-up and drop-off electronic waste for customers and partners. This application will also provide real-time updates on electronic waste management that they have donated.

Product

Second Planet offers electronic waste management. For 5 years, Second Planet has avoided more than 500 tons of CO2 emissions by collecting more than 750 tons of electronic waste.

We aim for sustainable living by organizing more than 50 educational events in schools, campus, organizations, and many more.

Competitive Advantages

In Indonesia, there are around 20 private electronic waste management facilities. This number cannot meet the number of facilities needed to manage electronic waste in Indonesia.

Out of 20 private facilities, there are only 3 facilities that have online applications. But those applications are available only in one district, town, or province.

Second Planet application will provide service for broader scope. We already have cooperated with online couriers to provide easier service. We also have proper electronic waste management facilities as standardized by UNEP.

Over the past 5 years, the number of our customers has grown by 60 percent compared to other facilities.

Development Timeline

This application development will require six to nine month to design, test, and perform before completion a thorough analysis for users.

Financing Requirements

We are seeking to raise Rp150.000.000 to fund the application development. The owner has invested Rp50.000.000 to meet financing requirements, and will use a loan of Rp100.000.000 to supplement the rest.

Bahasa Inggris adalah syarat utama bersaing dalam karier di masa depan. Untuk mempersiapkan diri menghadapinya, ikuti Kursus Business English di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama para tutor yang profesional dan berpengalaman. Kamu dapat memilih jumlah pertemuan sesuai kebutuhan dan jadwal yang fleksibel. Daftar sekarang!