Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

3 CARA MENGUASAI MANDARIN CONVERSATION

https://lister.co.id/kursus-english-for-public-speaking-tips-dan-kiat-berpidato-bahasa-inggris/

Lister.co.id – Bahasa Mandarin yang kini telah menjadi bahasa internasional ke dua memang sangat layak untuk dipelajari. Ini lantaran manfaat menguasai bahasa mandarin yang bisa memberikan banyak keuntungan dan kemudahan bagi para penggunanya.

Bahkan, ada istilah, bila kita menawar harga menggunakan bahasa mandarin kepada pemilik toko yang ber-etnis tionghoa, kita bisa mendapat harga atau diskon yang jauh lebih murah.

            Selain itu dengan menguasai bahasa mandarin, akan menjadi modal bagi kita untuk bisa bersekolah atau bekerja di perusahaan multinasional, bahkan bekerja di Negara China secara langsung. Bagian terpenting dari mempelajari bahasa mandarin bukan hanya pada penguasaan kosa kata, penguasaan huruf China saja, tetapi juga dalam percakapan sehari-hari.

            Dengan kemampuan berkomunikasi secara langsung menggunakan bahasa mandarin  bisa mengantarkan kita pada berbagai pekerjaan bergengsi dengan gaji yang tinggi. Pada saat ini, banyak perusahaan multinasional maupun perusahaan swasta nasional yang membutuhkan kandidat karyawan dengan kemampuan berbahasa inggris dan juga berbahasa mandarin. Mereka tak segan memberikan gaji yang tinggi kepada mereka yang menguasai kedua bahasa asing tersebut.

            Tak hanya itu, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa mandarin atau mandarin conversation, bisa mengantarkan kita kepada pekerjaan sebagai penterjemah berbagai teks berbahasa mandarin ke Indonesia, atau mandarin ke Inggris, dan sebalilknya. Konon, menjadi penterjemah teks berbahasa mandarin, bisa menjadi profesi yang sangat menjanjikan. Kita juga bisa menjadi penterjemah secara lisan untuk mereka yang membutuhkan jasa interpreter, dan feee-nya pun sangat tinggi.

            Bila anda suka traveling, maka kemampuan anda dalam mandarin conversation bisa menjadi modal utama anda untuk berlibur ke berbagai daerah di Negara China. Saat membeli makanan atau oleh-oleh, anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Anda pun tidak akan kesulitan saat berbincang dengan penduduk asli.

            Bila anda ingin traveling gratis ke Negara yang menggunakan bahasa mandarin, seperti China dan Taiwan, anda bisa melamar pekerjaan pada kantor tour & travel, anda bisa menjadi tour guide bagi warga China yang sedang berlibur ke Indonesia, atau anda yang mendampingi orang Indonesia yang hendak berlibur ke China dan Taiwan. Lumayan kan, bisa liburan gratis setiap bulan? Atau bahkan setiap minggu?

            Dengan kata lain, menguasai mandarin conversation  bisa menjanjikan masa depan yang cerah. Anda bisa menjadi mentor kursus mandarin conversation sebagai pekerjaan sampingan anda. Tentunya, menjadi mentor kursus mandarin conversation akan menjadi pekerjaan sampingan dengan penghasilan yang mungkin lebih besar dari penghasilan tetap anda setiap bulannya. Apalagi, bila yang merekrut anda adalah sebuah perusahaan yang membutuhkan mentor mandarin conversation untuk para karyawannya.

            Bagaimana? Ternyata dengan menguasai bahasa mandarin, kita akan mendapatkan banyak keuntungan. Tertarik untuk menguasai bahasa mandarin? Anda bisa mempelajari mandarin conversation dengan beberapa teknik, tergantung pada tingkat kebutuhan dan kemampuan finansial anda.

https://lister.co.id/kursus-english-for-public-speaking-tips-dan-kiat-berpidato-bahasa-inggris/

Tiga Cara Menguasai Mandarin Conversation

  1. Belajar secara otodidak.

Anda bisa saja mempelajari bahasa mandarin secara otodidak, melalui teman atau keluarga yang bisa dan menguasai bahasa mandarin. Apalagi bila anda berada di lingkungan yang kerap menggunakan bahasa mandarin sebagai sarana berkomunikasi.

Selain itu, anda juga bisa belajar bahasa mandarin melalui lagu dan film. Lagu dan film dengan subtitle mandarin, bisa membantu kita untuk mampu membaca huruf mandarin dengan pelafalan yang tepat. Musik dan film juga bisa membantu kita menghafal dengan mudah berbagai kosa kata yang digunakan dalam bahasa mandarin.

  • Belajar melalui aplikasi.

Bila anda tidak memiliki teman, keluarga, atau lingkungan yang sering menggunakan bahasa mandarin, maka anda  bisa belajar mandarin conversation  melalui berbagai website dan aplikasi online yang memiliki fitur audio.

Sehingga, anda tidak hanya bisa mempelajari huruf mandarin dan cara pelafalannya saja, tetapi juga cara merangkainya ke dalam sebuah kalimat dengan pelafalan yang tepat.

  • Belajar melalui lembaga kursus mandarin conversation.

Untuk anda yang membutuhkan bahasa mandarin untuk kepentingan pendidikan seperti sekolah atau rencana kuliah ke Negara China dan membutuhkan bahasa mandarin untuk menunjang keefektifan pekerjaan anda, maka sebaiknya anda mengikuti kursus mandarin conversation. Karena lembaga kursus mandarin conversation pastilah memiliki metode pembelajaran yang lebih efektif dari pada anda belajar mandarin conversation sendiri.

baca juga

Mengapa Harus Mengikuti Kursus Mandarin Conversation?

            Bukan hanya agar anda lebih cepat dalam proses belajar mempergunakan mandarin conversation dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga karena beberapa hal sebagai berikut:

Nada dalam pengucapan bahasa mandarin menyerupai nada dalam pengucapan bahasa arab. Maksudnya 1 kata yang diucapkan dengan nada berbeda, akan memberi makna atau arti yang berbeda pada kata tersebut. Oleh karena itu, anda sebaiknya mengambil kelas kursus mandarin conversation, karena anda akan diajarkan empat nada dalam pelafalan bahasa mandarin, bagaimana cara menggunakannya, dan pada saat kapan setiap nada harus diucapkan.

Empat nada dalam bahasa mandarin adalah sebagai berikut:

  1. Nada datar. Suara atau nada yang dihasilkan tidak naik dan juga tidak turun, tetap mempertahankan kedataran nada tersebut hingga akhir percakapan. Kata-kata yang diucapkan dengan datar biasanya akan diberi tanda strip pada bagian vokal.
  2. Nada tinggi. Anda akan menaikkan suara dari nada terbawah menuju ke nada tengah. Pengucapan dengan nada ini mirip seperti ketika kita sedang bertanya.
  3. Nada selanjutnya adalah nada melengkung yaitu penggunaan nada dari atas, ketika akan turun, dinaikkan lagi ke atas.
  4. Nada terakhir yaitu nada turun. Sebuah kata yang diucapkan menurun dari nada tinggi ke nada rendah.

Ke empat nada di atas hanya satu dari sekian banyak contoh mengapa kita harus mengikuti kursus mandarin conversation, baik kepada mentor kursus mandarin conversation secara langsung (native speaker atau penutur asli), maupun kepada lembaga kursus mandarin conversation. Tujuannya, agar kita mempelajari segala sesuatuanya dengan baik dan benar sesuai aturan ke-tata bahasa-an yang benar.

Selain itu, dengan mengambil kelas pada lembaga kursus mandarin conversation, mau tidak mau anda pasti akan sering berkomunikasi dengan lao shi (guru) menggunakan bahasa mandarin. Sehingga kemampuan mandarin conversation anda akan semakin terasa dan fasih dari waktu ke waktunya.

baca juga

Lembaga kursus mandarin conversation juga akan memperkenalkan anda pada ratusan bahkan ribuan kosa kata yang digunakan dalam bahasa mandarin, dan membuat anda mampu menghafal dan memahami arti ke semua kosa kata tersebut dengan cara yang menyenangkan, namun tetap efektif dan tepat sasaran.

Nah, sudah paham bukan mengapa anda perlu mengambil kelas kursus mandarin conversation? Pilihlah lembaga kursus mandarin conversation yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial anda.