10 Bahasa Mandarin Sampai Jumpa, Sudah Tahu Belum?

bahasa mandarin sampai jumpa

Kursus Bahasa Mandarin – Selain salam saat berjumpa, kamu juga perlu tahu kata sapaan saat berpisah. Simak penjelasan seputar ucapan dan contoh bahasa Mandarin sampai jumpa.

Kamu dapat menggunakan berbagai variasi ungkapan berikut, sesuai dengan situasinya. Yuk, kita pelajari bersama!

再见 (zài jiàn)

Ungkapan dalam bahasa mandarin sampai jumpa yang pertama ini berarti sampai jumpa yang umum digunakan dalam bahasa Mandarin. Kamu dapat menggunakan ungkapan ini untuk berbagai situasi. 再 (zài) berarti lagi dan 见 (jiàn) berarti melihat atau bertemu.

拜拜 (bái bái)

Ungkapan ini mirip bahasa Inggris bye-bye. Ungkapan ini tergolong informal, tetapi umum digunakan di Taiwan dan China.

Kata 八 (bā) yang memiliki arti angka 8 mirip pengucapannya dengan bái bái, sehingga ungkapan tersebut sering ditulis 88 dalam chat atau SMS.

一会儿见 (yī huǐ er jiàn) atau 回头见 (huí tóu jiàn)

Ungkapan bahasa mandarin sampai jumpa yang selanjutnya, berarti sampai ketemu sebentar lagi atau sampai nanti. 一会儿 (yīhuǐ) berarti sebentar lagi, sementara itu 回头 (huí tóu) secara harfiah berarti menoleh, tetapi kemudian diartikan nanti.

明天见 (míng tiān jiàn)

Ucapan yang satu ini berarti sampai besok. Kamu bisa mengucapkan salam ini kepada teman sekelas atau rekan kerja.

Baca juga: 9 Aplikasi Terjemahan Bahasa Mandarin ke Indonesia, Pernah Kamu Gunakan?

周一见 (zhōu yī jiàn)

Salam bahasa Mandarin sampai jumpa yang selanjuntya, berarti sampai ketemu di hari Senin. Kamu dapat mengganti dengan hari lain, caranya sebutkan nama hari, lalu jiàn.

再联系 (zài lián xi)

Ucapan ini berarti kita sambung lagi nanti. Misalkan kamu sedang berbincang dengan seseorang, lalu percakapan itu tiba-tiba dipotong karena kamu harus pergi. Kamu dapat mengatakan zài lián xi untuk menunjukkan kamu masih ingin melanjutkan pembicaraan nanti.

失陪了 (shī péi le)

Ungkapan bahasa Mandarin sampai jumpa, tergolong sangat sopan dan resmi. Artinya maaf, saya harus pergi. Kamu dapat menggunakan kata-kata ini untuk pamit dalam acara formal. Hal ini menunjukkan kamu punya sopan-santun yang baik.

我先告辞了 (wǒ xiān gào cí)

Ungkapan ini tergolong sopan. Artinya saya akan pergi. Kata-kata ini memiliki nuansa serius, sehingga biasanya digunakan dalam acara resmi.

Sebaiknya kamu menggunakan ungkapan ini untuk pamit kepada orang yang lebih tua atau memiliki status sosial lebih tinggi. Kamu juga dapat mengatakan 我先走了 (wǒ xiān zǒu le), artinya saya pergi dulu.

Baca juga: 5 Tips Menghafal Kosakata Bahasa Mandarin Otodidak, Langsung Lancar!

后会有期 (hòu huì yǒu qī)

Secara sederhana, ungkapan bahasa Mandarin sampai jumpa, berarti pamit atau kita akan berjumpa lagi. Kamu biasa mendengar kata-kata ini dalam film, karena kesannya yang dramatis.

Ungkapan ini disampaikan ketika kamu tidak tahu apakah akan bertemu lagi dengan orang itu atau tidak.

保重 (bǎo zhòng)

Ucapan ini berarti hati-hati, biasanya disampaikan kepada orang yang akan melakukan perjalanan jauh. Selain ucapan ini, kamu juga dapat mengatakan  慢走 (mànzǒu), artinya hati-hati. Biasanya mànzǒu disampaikan tuan rumah kepada tamunya yang hendak pamit.

挂了啊 (guà le a)

Saat mengangkat telepon, kamu dapat mengatakan 喂 (wéi), artinya halo. Untuk mengakhiri, kamu dapat mengatakan guà le a, artinya saya akan menutup telepon sebagai ucapan bahasa Mandarin samapi jumpa.

Secara keseluruhan, menggunakan ungkapan bahasa asing dalam komunikasi adalah cara yang menarik untuk memperluas wawasan kita dan berhubungan dengan budaya serta orang-orang dari berbagai belahan dunia.

Dengan lebih banyak kosakata dan ungkapan dari bahasa asing, kita dapat mengenalkan diri kita pada tingkat global yang lebih luas.

China memiliki budaya yang beragam dan menarik. Agar mempelajarinya lebih seru, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Mandarin. Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Daftar sekarang, dapatkan harga terjangkau.

Jangan Ketinggalan Diskon atau Cicilan!

Berikut pilihan promo, diskon, hingga cicilan di Lister:

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kamu dapat memilih jumlah pertemuan, mulai dari 2 sampai 80 pertemuan untuk pembelajaran lebih intensif.

Ingin lebih hemat lagi? Pilih paket Ultimate untuk mendapatkan GRATIS Bimbingan Beasiswa / Job Interview!

Kursus Bahasa Mandarin, Mulai dari Sekarang!

Syarat untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di China adalah menguasai bahasanya. Untuk meraih peluang lebih luas, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Mandarin Lister.

Selain itu kamu juga bisa ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo menarik informasi belajar bahasa asing lainnya.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.