Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Wawancara Online? Siapa Takut! Tips Berikut Wajib Dipelajari

TIPS WAWANCARA ONLINE

lister.co.id – Walaupun banyak banget karyawan yang kehilangan pekerjaan mereka karena COVID-19, banyak juga lho perusahaanperusahaan yang lagi mencari pekerja. Kalau kamu salah satu dari teman-teman yang lagi mencari pekerjaan di masa pandemik ini, pasti tau dong kalau sekarang semuanya serba online, termasuk wawancara kerja. Kalian harus tau kalau wawancara via Zoom atau Google Hangout itu rasanya akan berbeda banget sama wawancara langsung ke kantor. Biarpun wawancaranya online, tapi tetap ada aturannya, fellas. Yuk, simak beberapa tips berikut supaya wawancara online-mu sukses.

Tes alat-alat sebelum wawancara

Microphone laptop kamu berfungsi gak? Kameranya jelas? Wifi gimana? Nah, biar wawancara online mu serasa bertatap langsung, pastikan semua gear mu tidak ada yang bermasalah ya. Apalagi internet yang macet-macet. Jangan sampai kamu sudah berbicara panjang lebar,  pewawancaranya cuma dengar patah-patah. Kamu bisa ke tempat-tempat dengan kecepatan wifi yang sudah diakui seperti working space, collaborative space, dll.

Hilangkan semua distraksi

Kalo gear sudah mantap, saatnya memastikan tidak akan ada hal-hal yang mendistraksi kamu. Singkirkan hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dll. Kalau kamu punya anak kecil, boleh dialokasikan ke ruangan lain dulu ya. Pewawancara pasti akan ilfeel banget kalau dia lagi ngomong dan anjingmu menggonggong terus-terusan. Iya sih, kucing, anjing, dan anak kecil itu lucu banget. Tapi, kalau kamu lagi wawancara kerja secara langsung, kamu juga gak bawa anjing atau kucingmu ke dalam ruangan wawancara kan?

Selain itu, kamu juga perlu menyingkirkan distraksi-distraksi yang berasal dari hp-mu atau benda elektronik lainnya. Hp harus mode silent, notifikasi laptop juga harus dimute, tv apalagi.

Berpakaianlah yang pantas

Masa wawancara kerja pakai piyama? Hmm, mungkin boleh kalo kamu sudah diterima dan hanya meeting biasa. Tapi, kalau belum, berpakaianlah yang rapi dan sesuai sama acara. Jangan sampai sudah tidak ada distraksi dan gangguan di belakangmu, tapi kamunya yang malah jadi gangguan dimata pewawancara.

Tetap berpakaian rapi itu perlu karena rekruiter akan menilai seberapa niat kamu dengan posisi ini. Kalau pakai baju yang rapi saja tidak bisa di kencan pertama, ya masa mau nikah? Nikahin posisinya maksudnya.

Cari posisi yang tepat

Sekarang saatnya memposisikan dirimu. Cari tempat yang memiliki penerangan yang cukup dan jangan duduk membelakangi sumber cahaya. Background juga penting lho! Cari backgroundyang netral, tanpa baju kotor berserakan apalagi sampah-sampah berserakan. Duduk tegak, jangan selonjoran, apalagi tiarap. Dengan kamu duduk tegak, kamu akan terlihat lebih siap dan bugar.

Tatap mata pewawancara

Gimana tuh caranya? Saat wawancara berlangsung, jangan menatap monitor laptopmu atau dinding di depan. Tatap langsung kameramu. Memang rasanya agak aneh sih, tapi ini satu-satunya cara agar kamu terlihat menatap langsung mata pewawancara walaupun tidak ketemu langsung.

Nah, itu tadi beberapa tips wawancara online. Kalau masih butuh penjelasan lebih lanjut apalagi wawancara online-mu menggunakan bahasa Inggris, segera gabung di kursus Job Interview dari Lister.

Ketika kamu sudah menyiapkan semuanya, sekarang saatnya percaya diri dan yakin kalau kemampuan dan pengalaman kamu pasti akan membuahkan hasil. Tetap semangat ya!

Baca juga artikel Lister lainnya: