Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Tips Belajar Bahasa Inggris Dasar (Penting Banget!)

bahasa inggris dasar

Belajar bahasa Inggris dari dasar dimulai dari mana sih?

Mungkin ada beberapa orang yang masih bingung bagaimana caranya mahir berbahasa Inggris dari dasar. Atau apa saja tips-tips yang bisa dilakukan agar belajar bahasa asing jadi menyenangkan. Nah, kali ini kita akan belajar cara belajar bahasa Inggris dari dasar yang paling benar. Apa saja? Baca artikel berikut sampai akhir!

Woman teaching students an english lesson online Free Photo

Latihan, Latihan, Latihan!

Seperti yang telah kita lihat, tidak ada cara instan untuk belajar bahasa Inggris. Kamu harus banyak melatih diri.

Jelas, jika kamu berada di kelas, kamu harus menghadiri kelas, mengerjakan pekerjaan rumah dan belajar sebanyak mungkin. Mengikuti kursus seperti Lister itu bagus karena membuat kamu lebih bertanggung jawab dan mendorong kamu untuk belajar. Tetapi bahkan jika kamu tidak berada di kelas, masih mungkin untuk berlatih ketika kamu memiliki waktu luang.

Semakin banyak kamu berlatih, semakin baik dan cepat kamu akan belajar

Ini adalah tips belajar bahasa Inggris yang paling penting. Ada 4 skill dalam bahasa Inggris yang menanti untuk kamu pelajari seperti reading, listeninng, reading, dan speaking. Selain itu, juga masih ada pelafalan, penekanan, intonasi dan kosakata bahasa Inggris. Semuanya hanya satu kuncinya yaitu banyak berlatih. Semangat!

Baca juga: Pembelajaran Bahasa Asing Menggunakan Strategi Multiple Intelligences

Temukan motivasi dan tujuan kamu

Seperti tujuan apa pun, belajar bahasa selalu lebih mudah dan menyenangkan jika kamu memiliki alasan kuat untuk melakukannya. Pastikan untuk tetap fokus pada alasan itu, karena itu akan membantu kamu melewati saat-saat belajar tampaknya sulit.

Misalnya, apakah kamu ingin belajar bahasa Inggris untuk mendapatkan pekerjaan? travelling? Untuk mengesankan seorang gadis atau pria di kelas kamu? Atau kamu ingin mempelajarinya hanya karena itu tidak mudah, atau tantangan? Apa pun motivasi kamu, pastikan untuk tidak melupakan motivasi itu.

Sadari bahwa mungkin kamu memiliki lebih dari satu alasan untuk belajar bahasa Inggris, dan bahwa motivasi dapat beradaptasi atau berubah seiring waktu.

Work hard and play hard

Belajar bahasa Inggri dari dasar akan lebih mudah bila dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Kamu bisa memulai dari mengubah bahasa yang digunakan dalam melakukan hobi seperti menonton film, mendengarkan lagu.

Fokus pada komunikasi dulu

Kosakata bahasa Inggris sangat banyak, pengucapannya sulit, dan ejaannya berantakan. Selain itu, tidak ada proses belajar yang langsung berhasil atau sempurna, jadi kamu pasti akan membuat kesalahan saat belajar bahasa Inggris. Semakin cepat kamu melakukan kesalahan, semakin baik.

Sudah siap menerima salah satu prinsip belajar bahasa asing ini?

Jika sudah, hal ini akan memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan orang lain dan menyampaikan maksud. Kamu dapat berlatih untuk menyempurnakan hal-hal lain dalam proses pembelajaran.

Miliki Buku Jurnal Khusus Bahasa Inggris

Belilah buku catatan atau persembahkan file di ponsel atau komputer untuk menulis pengalaman belajar bahasa Inggris kamu. Setiap kali kamu mempelajari kata baru yang penting, tambahkan ke log bersama dengan definisi dan dan contoh, jika memungkinkan. Kamu juga dapat menulis pengalaman lain dalam bahasa Inggris jika kamu ingin lebih banyak latihan menulis.

Manfaat dari log seperti ini adalah kamu bisa berlatih sedikit menulis, tentu saja, tetapi juga bagus untuk memperkuat kosa kata baru. Ada kepercayaan bahwa untuk memahami dan mempertahankan kata kosa kata baru, kamu perlu menggunakannya dalam konteks setidaknya tiga kali. Menyimpan log dapat membantu.

Selain itu, jika kamu melihat kembali entri sebelumnya di log bahasa Inggris kamu, kamu akan dapat merenungkan seberapa jauh kemajuan yang kamu lakukan—dan kamu mungkin akan terkejut dan termotivasi saat tahu progres yang sudah kamu hasilkan!

Demikian materi tentang cara dan tips belajar bahasa Inggris dari dasar yang bisa menjadi referensi kamu nanti. Selamat belajar! Jangan lupa gabung kelas Academic English untuk mendapatkan pengalaman belajar bahasa Inggris yang lebih terarah bersama tutor terbaik di bidangnya!

Academic English
Academic English