Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Cara Mudah Belajar Bahasa Asing Paling Efektif dan Cepat

Apakah kamu sedang mencari cara yang tepat untuk belajar bahasa asing? Apakah selama ini telah menggunakan metode yang tidak efektif dan progres yang tidak terarah?

Jangan buang waktu lagi! Lister sudah merangkum formula yang paling efektif dan cepat untuk belajar bahasa asing sekaligus, terbukti berhasil. Penasaran? Simak artikel pembahasan ini sampai akhir ya fellas.

Baca juga: Mau Belajar Bahasa Asing Sekaligus? Simak Dulu 5 Trik Ini!

Motivasi belajar bahasa asing

Lagi-lagi perkara motivasi ini bukan hal yang baru untuk terus ditingkatkan para pembelajar bahasa. Kenapa?

Daya juang vs passion

The power of preseverence vs the power of passion

Mungkin alasan kamu mempelajari bahasa asing adalah karena kegemaran, passion, atau hobi. Sehingga di awal-awal semangat kamu sangat tinggi, seperti setiap hari kamu mengalokasikan dua jam untuk meng-upgrade kemampuan. Lalu, berjalan beberapa bulan, kesulitan demi kesulitan menerpa akhirnya kamu tergoda. Semangat juang mulai luntur dan akhirnya kamu menyerah, perjuangan pun selesai.

Perjalanan seorang pembelajar bahasa itu sangat kompleks, bisa jadi lebih sulit dari lika-liku seseorang yang sedang mencari pasangan sejati lho. Artinya semangat yang disertai ketekunan atau daya juang sangat diperlukan untuk berhasil melewati proses ini.

“Hidup bukanlah seperti lomba lari sprint, tapi seperti marathon”. Artinya, hidup ini bukanlah tentang siapa yang paling cepat, tapi siapa yang mampu bertahan hingga akhir.

Baca juga: Tips Memilih Kursus Bahasa Asing Sesuai Kemampuan

cara mudah belajar bahasa asing paling efektif dan cepat

Tujuan belajar bahasa asing

  • Travellers

“I may travel to Japan often, so I want to at least learn the basics before doing so.” — Vinny

”I want to learn so that I’m more eligible to go for an exchange program.” — Nick

“To never expand your horizons to other places is like being a bird but never opening your wings.” — Trinity

  • Cultural explorers

“I love Japan a lot, both the history of it, and even anything and everything there now, therefore I’d like to learn Japanese to be able to understand it more, and better.” — Ziggy

“I’ll be able to access to a whole new array of film, music and literature, and a greater understanding of the history and culture of Japan.” — Eman

“The pleasant feeling of being able to communicate your ideas further and explore different mindsets.” — Scylla

  • Fun seekers

I thought learning a new, completely abstract, language from English would be fun.” — William

“I don’t really have an actual motive. It seems like a fun language to learn in general.” — Waf

  • Brain trainers

“Learning a foreign language is important because you exercise your brain and train it to think differently.” — Kelly

Belajar bahasa asing sangat baik untuk melatih otak agar mampu berpikir dengan cara yang berbeda.

  • Career seekers

Jika kamu sedang mencari pekerjaan di negara yang menggunakan bahasa asing yang telah kamu pelajari, tampaknya hal tersebut akan menjadi keuntungan tersendiri bukan? Kemampuan berbicara menggunakan bahasa asing dapat menjadi bukti bahawa kamu memiliki kesadaran akan budaya, terbuka, dan komunikasi yang baik dimana hal tersebut sangat penting di era ekonimi modern seperti saat ini.

Baca juga: Pentingnya Menguasai Bahasa Asing dalam Dunia Kerja

Manfaat belajar bahasa asing

Setelah membahas tujuan dari kenapa sih kamu harus susah payah belajar bahasa asing? Setelah membaca tulisan diatas, kamu sudah memiliki gambaran tujuan dari kamu belajar fellas?

Kalau belum dan masih membutuhkan motivasi, kamu bisa mulai memahami manfaat-manfaat yang didapat saat memiliki keahlian ini! Karena ternyata belajar bahasa asing juga memiliki banyak sekali manfaat lho. Seperti penjelasan di bawah ini!

belajar bahasa asing

Manfaat belajar bahasa asing bagi otak

Memang ada banyak sekali manfaat belajar bahasa asing untuk otak yang tidak terbantahkan. Melansir dari leadwithlanguages.org, seseorang yang mampu berbicara lebih dari satu bahasa telah terbukti memiliki memori yang lebih baik, kemampuan problem-solving dan critical-thinking skills, memperkuat konsentrasi, kemampuan multitasking, dan pendengaran yang jauh lebih baik. Jadi makin ngga sabar belajar ya fellas?

Usia Terbaik Anak Belajar Bahasa Asing

Lalu, pada usia berapakah masa terbaik seseorang untuk mulai belajar bahasa asing? Mungkin kamu berpikir apakah tingkatan usia penting untuk dipertimbangkan dalam hal ini?

Sebuah studi dari MIT Amerika Serikat mengindikasikan bahwa memang ada masa-masa kritis seseorang yang belajar bahasa baru akan merasa lebih sulit. Seperti melansir dari laman techtimes.com, masa terbaik untuk anak yang ingin belajar adalah usia 10 tahun. Anak-anak yang berusia kurang dari 10 tahun akan lebih mudah dan cepat dalam menyerap informasi bahasa baru. Meski begitu, remaja yang berusia kurang dari 18 tahun juga cepat dalam menyerap informasi dan grammar dalam bahasa baru.

Bahasa asing

Cara Belajar Bahasa Asing yang Efektif & Cepat

Selanjutnya, poin pokok dari pembahasan artikel kali ini adalah tentang bagaimana cara belajar bahasa asing yang tepat dan cepat. Lister sudah merangkum beberapa cara yang bisa kamu adopsi berikut ini!

  • Cari teman baru yang sefrekuensi
  • Menonton film dan catatlah kosa kata menarik yang kamu ingin pelajari
  • Bepura-pura sedang berada di restoran dan cobalah ubah kosa kata makanan tersebut dalam target bahasa
  • Mendengarkan radio atau podcast
  • Lakukan banyak kesalahan dan belajar dari kesalahan itu!

Belajar Bahasa Asing Online

“Jarak antara mimpi dan kenyataan adalah aksi yang nyata.”

Ada banyak cara untuk mulai beraksi, namun di masa seperti saat ini belajar online sangat disarankan. Bayangkan, jika kamu adalah seorang karyawan yang sibuk bekerja dari pagi hingga sore hari, lantas di waktu kapankah kamu akan belajar bahasa asing?

Kursus Bahasa Asing Lister adalah sebuah solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan kurikulum yang didesain secara profesional dan jadwal yang fleksibel meski dilakukan secara online, kualitas pembelajaran tetap diutamakan. Tertarik mencoba?

kursus bahasa asing

Tahapan Belajar Bahasa Asing

Setelah cara-cara di atas sudah kamu coba, yang terakhir beberapa tahapan ini juga penting untuk dilakukan. Karena akan menentukan seberapa berhasil dalam memperjuangkan misi ini. Apa saja?

  • Be patient with your self.
  • Commit to speaking in the target language.
  • Make friends with native speakers

Baca juga: 10 Profesi Dari Sastra Bahasa Asing

Sumber:

https://www.goabroad.com/articles/language-study-abroad/10-best-ways-to-learn-a-new-language