Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Pengertian dan Contoh Kata Kerja Bare Infinitive

bahasa Inggris infinitive verb

Dalam bahasa Inggris kita mengenal istilah Verb atau kata kerja yang berfungsi untuk menjelaskan aktivitas dari sang pelaku. Berdasarkan fungsinya, kata kerja (verb) yang memiliki peran sangat penting dalam bahasa Inggris. Dikatakan sangat penting karena kehadiran kata kerja membuat sebuah kalimat menjadi bermakna.

Kata kerja dalam bahasa Inggris terdiri atas empat bentuk, yaitu simple form (bentuk dasar/pertama), simple past (bentuk lampau/kedua), past participle (bentuk lampau/ketiga), dan present participle (bentuk sedang).

Dari keempat bentuk tersebut dibedakan lagi ke dalam dua kategori, yaitu yang tergolong kata kerja beraturan (Regular Verb) dan kata kerja tidak beraturan (Irregular Verb).

Selain pola pembagian di atas, kata kerja dalam bahasa Inggris juga dapat digolongkan menurut bentuk yang lain sehubungan dengan penggunaannya dalam kalimat, yang terdiri atas bare infinitive dan to infinitive.

311562056

Pengertian Bare Infinitive

Bare infinitive adalah kata kerja dasar tanpa menggunakan to di depannya. Bare infinitive juga biasa dikenal dengan sebutan main verb/basic verb/lexical verb. Semua nama tersebut memiliki pengertian sebagai kata kerja utama/dasar.

Perhatikan contoh-contohnya berikut ini.

  1. We work every day.
  2. She sings at a café.
  3. He walks every morning

Baca juga: Cara Menggunakan To Be yang Benar dalam Bahasa Inggris

List Contoh Bare Infinitive


She had better finish her tasks immediately.
(Dia sebaiknya menyelesaikan tugas-tugasnya segera)

That 10 years old boy could run faster than me and my brother.
(Anak laki-laki berumur sepuluh tahun itu dapat berlari lebih cepat dibandingkan saya dan saudara laki-laki saya)

My friends, Amanda and Deby, don’t like coffee.
(Teman saya, Amanda dan Deby, tidak menyukai kopi)

The sandstorm will come tonight.
(Badai pasir akan datang nanti malam)

The boss of this company made his staff work harder than before.
(Pimpinan di perusahaan ini membuat karyawannya bekerja lebih keras daripada sebelumnya)

They helped me bring these things to my home.
(Mereka membantu saya membawa barang-barang ini ke rumah saya)

Contoh Pemetaan Kata Kerja Bahasa Inggris

Strategic as a Symmetrical Term

The term strategic like the term manage, has negative connotations for many people. To them,manage means to control or to manipulate. Strategic means to do only what will enhance the interests of an organization. For example, Pearson (1990) described “two faces of systems theory.” One of these faces looks at the relationship of an organization and its environment strategically – emphasizing “system maintenance and environmental control.” The other face looks at organizations and their environments in terms of “interdependence”.

Kata kerja has, manage, control, manipulate, do, enhance dan looks at termasuk jenis kata kerja simple form dan bare infinitive. Kata kerja described tergolong dalam simple past yang berbentuk Regular Verb.

Itulah pembahasan materi tentang Bare Infinitive yang bisa kamu gunakan untuk berlatih membuat kalimat bahasa Inggris. Semoga bermanfaat!

Blog Design 14 05 3 3

Referensi:

Agustina, Hiqma Nur. M.Si., M.Hum.How to Understand English.