Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Mengenal Kata Kerja Bahasa Inggris

Kata kerja bahasa inggris

Dalam bahasa Inggris, keberadaan kata kerja ini sangat penting lho. Sebagai salah satu part of speech, materi tentang kata kerja wajib kamu kuasai. Yuk kenal lebih dalam dengan jenis-jenis kata kerja dalam bahasa Inggris!

Kata kerja (verb) adalah bentuk dari part of speech yang menunjukkan tindakan yang dilakukan subyek atau keadaan sekarang. Beberapa kata kerja yang tidak melakukan aksi adalah; be, exist, seem dan belong. Kata kerja memiliki beberapa jenis yang berbeda, seperti:

Finitive Verb

Jenis verb ini adalah verb yang mempunyai subyek dan juga dapat berdiri sebagai pokok dari independent clause. Finitive verb juga dapat dikatakan sebagai kata kerja utama di dalam sebuah kalimat yang dapat menjelaskan bentuk dari kalimat itu sendiri, apakah berbentuk masa lalu (past), sekarang (present) atau masa depan (future/progressive). Selain itu juga finitive verb dapat menerangkan jumlah dari subyek, apakah berbentuk singular atau plural.

Auxiliary Verb

Jenis verb yang mempunyai kemampuan untuk memodifikasi makna dari sebuah kata kerja. Contoh auxiliary verb:

Do: do, does, did.

Be: is, am, are, be, been, being, was, were.

Have: have, has, had

Lingking Verb

Kata kerja yang digunakan untuk menghubungkan antara subyek dan dengan informasi tentang subyek tersebut. Selain subyek juga dapat berbentuk hubungan dengan deskripsinya sendiri. Karena kata ini tidak memberikan aksi terhadap obyeknya maka digolongkan kepada jenis intransitive verb. Ada dua jenis lingking verb, yaitu verb of sensation dan verb of being. Jenis dari Linking verb be adalah is, am, are, was, were, dan be. Pada penggunaannya is, am, dan are (present tense), was dan were (past tense), be (present subjunctive dan imperative), dan were (past subjunctive).

Transitive Verb

Jenis verb ini selalu diikuti oleh obyek langsung dari subyek. Apabila tidak terdapat obyek langsung pada jenis kalimat dengan transitive verb maka akan terdengar janggal. Contoh: David Beckham takes the free kick.

Intransitive verb

Jenis kata kerja dalam bahasa inggris yang tidak diikuti oleh obyek langsung dari subyek. Intransitive verb dapat adjective, adverb dan prepositional phrase. Intransitive verb sendiri tidak mempunyai bentuk passive.

Contoh: The student always come earlier than the teacher

Regular and Irregular Verb

Kata kerja reguler bisa diketahui pada bentuk past tense dan past participle nya mendapatkan akhiran, -en, -d, -ed, -t, -ne, dan –n. Contohnya regular adalah study – studied – studied. Sedangkan bentuk irregular adalah seperti broke, brake dan broken.

Itulah pembahasan tentang kata kerja bahasa Inggris sebagai referensi untuk belajar. Ingin mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan? Gabung kelas Academic English (Group/Private) sekarang!

Academic English
Academic English