Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Manfaat Kursus Bahasa Korea

Les Bahasa Korea – Kita juga mungkin adalah salah satu orang yang demam dengan film drama Korea dan juga musik-musik Korea Selatan. Bahkan kita mungkin juga salah satu orang yang mengidolakan artis-artis Korea Selatan.

Setiap ada drama korea terbaru kita mungkin adalah salah satu pemburunya. Kita akan mencarinya melalui berbagai macam cara, dari menelusuri situs-situs resmi atau bahkan juga melalui situs-situs streaming online bajakan.

Tidak hanya mencari filmnya. Mungkin kita juga akan melihat terlebih dahulu siapa artis-artis yang terlibat sebagai pemeran dalam film drama tersebut. Kita mungkin akan lebih tertarik lagi jika yang bermain adalah artis-artis yang kita idolakan.

Namun situasi menyenangkan ketika kita mendapatkan akses terhadap film tersebut, baik resmi maupun bajakan akan segera buyar ketika film tersebut belum tersedia subtitle-nya dalam Bahasa Indonesia. Tidak bisa dipungkiri kita juga pasti sering mengalami itu. Hal ini membuat kita harus menunggu beberapa waktu sampai ada orang yang berbaik hati membuat subtitle-nya dalam Bahasa Indonesia.

Sangat simple bukan? Hanya karena kita tidak menguasai suatu bahasa tertentu kita menjadi kesal di saat-saat yang tak terduga dan mungkin tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

Inilah salah satu manfaat yang dapat kita rasakan ketika kita mempelajari bahasa asing, tidak terkecuali Bahasa korea.

Baca juga:

Menonton film apapun, termasuk drama Korea untuk sebagian besar orang selain karena hobi juga sebagai sarana melepas penat setelah melakukan aktivitas tertentu, entah bekerja, bersekolah ataupun yang lainnya. Film adalah cara kita melakukan refreshing sederhana dan bisa dilakukan dimana saja.

Tentunya kita tidak ingin refreshing kita yang seharusnya menjadi suasana yang penuh dengan santai dan menyenangkan berubah menjadi situasi yang tidak menyenangkan, membuat kita kesal dan bad mood seketika. Hanya karena kita tidak mendapatkan subtitle dari film yang sudah susah payah kita cari. Dan tentunya telah menyita waktu kita.

Nah, manfaat belajar Bahasa Korea selain dapat dirasakan dalam konteks sederhana dalam kehidupan sehari-hari di atas. Juga memiliki banyak manfaat lain. Di antaranya adalah membantu memahami budaya korea, mendapatkan beasiswa dan pendidikan berkualitas di korea, mendapatkan peluang bisnis, membuka peluang kerja yang lebih banyak, serta meningkatkan kemampuan dan fungsi otak.

Membantu Mamahami Budaya Korea

Bahasa merupakan produk budaya suatu bangsa yang menjadi jalan utama untuk dapat mempelajari lebih dalam peradaban bangatersebut. Termasuk dalam hal ini adalah bahasa korea yang menjadi produk kebudayaan korea.

Dengan memahami Bahasa Korea dengan baik kita dapat lebih menghayati percakapan dalam bahasa korea. Hal ini juga menjadi jembatan untuk memahami budaya melalui bahasa.

Misalnya saja ketika menonton film drama Korea. Jika kita hanya memahami percakapan-percakapan melalui subtitle kita seringkali tidak memahami konteks pembicaraan tersebut. Kita tidak bisa memahami rasa bahasa dan buday yang dibangun didalamnya, seperti budaya humor menggunakan bahasa dan ekspresi khas korea ataupun yang lainnya.

Sesuatu hal yang lucu dan menarik ketika disampaikan dengan bahasa dan ekspresi peyampaian yang khas korea ini tidak akan kita tangkap ketika hanya membaca subtitle saja.

Mendapatkan Beasiswa Dan Pendidikan Berkualitas Di Korea

Korea memiliki banyak universitas yang memiliki kualitas berskala internasional. Dan universitas-universitas ini juga sangat terbuka bagi mahasiswa asing yang ingin belajar di sana, bahkan tersedia beasiswa yang sangat menggiurkan dapat kita peroleh jika memenuhi kualifikasi atau syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh universitas-universitas tersebut.

Beberapa universitas yang sangat terkenal dan memiliki kualitas yang baik dalam berbagai bidang khususnya dalam hal teknologi antara lain adalah Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan Pohang University of Science and Technology (POSTECH).

Syarat-syarat yang ditentukan di universitas tersebut tentu perlu kita penuhi jika ingin berkuliah dan mendapatkan beasiswa di sana. Salah satu syarat utama dan tidak bisa ditinggalkan tentunya adalah bahasa korea.

Bahasa Korea akan sangat berguna dan diperlukan dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa di sana. Terutama dalam proses mengajar dan percakapan sehari-hari dengan orang-orang sekitar.

manfaat belajar bahasa korea

Mendapatkan Peluang Bisnis

Selain sangat berpengaruh dalam segi industri film dan musik, Korea Selatan juga berpengaruh besar terhadap produk-produk lainnya seperti halnya kosmetik.

Orang-orang, khususnya perempuan mungkin terpengaruh dengan kecantikan artis-artis korea. Mereka setidaknya ingin mendekati kecantikan tersebut dengan menggunakan produk-produk yang dipakai oleh artis tersebut. Sehingga produk kosmetik korea laku keras di pasar dunia.

Produk kecantikan seperti skincare yang terkenal dengan K-Beauty ini, menjadi sebuah peluang tersendiri bagi kita jika ingin menjalin kerja sama dan memanfaatkan pasar di dalam negeri. Salah satu hal bisa kita mulai terlebih dahulu tentunya adalah belajar Bahasa Korea.

Membuka Peluang Kerja yang Lebih Banyak

Dengan dibukanya pasar bebas perekonomian dan juga tenaga kerja di Asia membuat kita berpeluang untuk bekerja di lintas negara, khususnya di lingkup Asia.

Cakupan pekerjaan kita saat ini tidak hanya berpusat di dalam negeri saja namun juga memiliki cakupan dengan skala internasional.

Meskipun demikian peluang tersebut akan menjadi percuma jika kita tidak menguasai bahasa di dalam suatu negara tertentu. Termasuk Bahasa Korea.

Peluang pekerjaan sangat terbuka lebar di Korea Selatan. Baik pekerjaan dengan skala kecil maupaun pekerjaan dengan level profesionalitas dan membutuhkan skills yang tinggi. Bahkan dibandingkan negara-negara asia lainnya, gaji yang bisa didapatkan di korea perbulannya tergolong sangat tinggi.

Tidak hanya di korea, manfaat ini juga akan dapat kita rasakan di dalam negeri. Hal ini dikarenakan Korea Selatan merupakan negara ketiga terbesar yang berinvestasi di Indonesia setelah Singapura dan Jepang. Perusahaan-perusahaan besar seperti Samsung, LG, dan Pacific Place Indonesia telah menghasilkan investasi triliunan dolar AS. Tidak hanya perusahaan-perusahaan besar tersebut, bahkan saat ini terdapat kurang lebih 2200 perusahaan Korea yang beroperasi di Indonesia.

Meningkatkan Kemampuan dan Fungsi Otak

Otak memiliki tempat tersendiri di area broca yang memiliki fungsi dalam proses bahasa, dan kemampuan memahami serta mengolah bahasa.

Memahami banyak bahasa tentu membuat memori kita dalam otak akan bekerja lebih baik. Hal ini dikarenakan belajar bahasa merupakan salah satu cara untuk menstimulasi kerja otak terutama di area broca.

Tidak terkecuali dalam mempelajari Bahasa Korea. Bahasa Korea memiliki aksara tersendiri bernama Hangeul, aksara ini dibentuk dengan sederhana sesuai dengan cara pengucapan dari aksara tertentu. Mempelajari Hangeul akan melatih kerja otak kita untuk memahami kode-kode bahasa tersbut.

Belajar Bahasa Korea di Lister.co.id

Jika kamu ingin belajar Bahasa Korea, platform yang recommended adalah Lister.co.id. Lister menyediakan berbagai paket belajar bahasa korea yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan kita dalam belajar bahasa ini.

Lister.co.id juga memiliki mentor-mentor yang berkualitas dan dapat kita akses dengan bebas. Kita bisa menentukan mentor kita sendiri serta memilih jam dan hari secara mandiri. Sehingga hal ini dapat memudahkan kita dalam proses belajar.