Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Kursus Bahasa Mandarin di Indonesia

Lister.co.id – Apabila Anda pernah melihat segmen berita yang bernama “Metro Xinwen”  di salah satu kanal televisi nasional, maka seharusnya Anda juga sudah menyadari bahwa bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa terpenting di dunia.

Tidak mungkin tidak, sebuah bahasa yang relatif asing di Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar sebuah berita di saluran televisi swasta dan nasional.

Salah satu alasan mengapa bahasa Mandarin menjadi bahasa yang penting untuk dipelajari adalah karena bahasa ini termasuk bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dalam hal jumlah penutur asli.

Meskipun mayoritas penutur asli bahasa Mandarin ini tinggal di daratan Tiongkok, namun jumlah penutur asli bahasa Mandarin sangat besar di berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Indonesia bahkan Amerika Serikat dan Jerman.

Artikel ini akan merangkum penjelasan mengenai sejarah bahasa Mandarin, alasan pentingnya belajar bahasa Mandarin, dan serba serbi kursus bahasa Mandarin di Indonesia, termasuk informasi mengenai lokasi dan biaya kursus bahasa Mandarin di Indonesia. Mari kita bahas satu persatu.

Tentang Bahasa Mandarin

Menurut laman Babbel.com,  bahasa Mandarin adalah bahasa yang digunakan oleh 1.3 miliar dari sekitar 7 miliar penduduk dunia. Hal ini berarti 1 dari 6 orang penduduk dunia merupakan orang yang mampu berbicara dalam bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin yang kita kenal sekarang ini adalah bahasa Mandarin dialek Beijing yang terstandarisasi.

Karena pada dasarnya, bahasa Mandarin terbagi menjadi tiga yaitu dialek Beijing (Mandarin Utara), dialek Baoji (Timur Laut) dan dialek Sichuan (Barat Daya).

Bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa tertua di dunia karena penggunaan bahasa Mandarin pertama kali ditemukan pada masa dinasti Shang sekitar 3000 tahun yang lalu. 

Dilansir dari laman BBC.co.uk, terdapat sekitar 50000 karakter dalam bahasa Mandarin. Namun, Anda hanya perlu memahami sekitar 2000 hingga 3000 karakter bahasa Mandarin untuk bisa membaca sebuah kora

Selain memiliki banyak huruf, bahasa Mandarin menggunakan nada bicara untuk membedakan maksud dari sebuah kalimat. Nada bicara ini berupa nada biasa, naik, turun dan sangat naik. Jadi pastikan anda benar benar mendengarkan lawan bicara anda ketika berbicara dalam bahasa Mandarin agar Anda tidak salah paham.

Kursus Bahasa Mandarin
Kursus Bahasa Mandarin

Alasan Kursus Bahasa Mandarin

Berikut ini beberapa alasan mengapa belajar bahasa Mandarin akan sangat menguntungkan bagi Anda:

Bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa yang memiliki jumlah penutur asli paling banyak didunia

Satu dari enam orang d idunia adalah penutur asli bahasa Mandarin ini.

Dengan demikian, kemungkinan Anda untuk berinteraksi dengan lebih banyak orang dari berbagai latar belakang dan budaya akan semakin besar jika Anda mampu ‘berbicara’ dengan bahasa Mandarin.

Jumlah penutur asli ini tersebar ke berbagai penjuru dunia. Termasuk diantaranya Taiwan, Singapura, Malaysia, Indonesia bahkan Jerman.

Bahasa Mandarin adalah bahasa bisnis

Ketika negara Tiongkok saat ini menjadi negara superpower dalam berbagai bidang, maka tak elak banyak perusahaan baik yang berasal dari negara tersebut atau bukan, membutuhkan tenaga ahli bahasa Mandarin.

Baik untuk berperan sebagai penerjemah, interpreter ataupun posisi lainnya. Bahkan penulis pernah mencarikan jasa penerjemah bahasa Mandarin ke Indonesia untuk seorang eksekutif perusahaan asal Tiongkok di Indonesia dan mencari penerjemah ini cukup susah bahkan untuk kota besar

Jadi jika anda menguasai bahasa ini, maka peluang anda dibidang bisnis akan sangat terbuka.

Kursus Bahasa Mandarin lebih mudah dari yang kita kira

Belajar aksara dalam bahasa Mandarin pasti menyulitkan untuk siapapun termasuk untuk orang Tionghoa sendiri. Namun Kursus Bahasa Mandarin dalam konteks bahasa percakapan jauh lebih mudah daripada belajar bahasa Mandarin dalam konteks bahasa tulisan.

4.      Bahasa Mandarin adalah bahasa peradaban

Sudah bukan rahasia lagi jika peradaban Tionghoa adalah salah satu peradaban tertua didunia.

Oleh karena itu jika anda menguasai bahasa ini, maka akan banyak pengetahuan yang terbuka untuk anda. Tidak hanya pengetahuan mengenai teknologi terkini melainkan juga pengetahuan tentang sejarah dan kebudayaan pada masa lampau.

5.      Berwisata di Asia Tenggara dengan menggunakan bahasa Mandarin akan banyak membawa keberuntungan

Mungkin dalam hal ini Indonesia dapat dikecualikan mengingat jumlah penduduk beretnis Tionghoa di negara ini tidak sebanyak di negara Asia Tenggara lainnya.

Namun tetap saja jika anda berwisata ke negara seperti Singapore atau Malaysia dan Thailand dengan menggunakan bahasa Mandarin dan bertemu orang keturunan Tionghoa disana, bisa jadi anda akan mendapatkan makan gratis. Karena orang Tionghoa diketahui sebagai orang yang cukup mengapresiasi orang yang menguasai bahasa ini.

6.      Negara Tiongkok adalah salah satu negara di Asia yang memiliki Universitas terbaik dunia

Sebut saja Tsinghua Universit, Peking University dan Fudan University. Ketiga Universitas tersebut adalah universitas universitas di negara Tiongkok yang berhasil menajadi 30 besar universitas di seluruh dunia menurut peringkat dari QS World Ranking.

Meskipun saat ini penggunaan bahasa Inggris adalah hal yang jamak, namun untuk menjadi mahasiswa asing di universitas universitas ini anda harus menguasai bahasa Mandarin dengan standar nilai tertentu.

baca juga

Kursus bahasa Mandarin di Indonesia

Dengan permintaan dari industri yang semakin meningkat, maka tidak mengherankan jika kini terdapat banyak kursus bahasa Mandarin diseluruh Indonesia.Apabila tempat tinggal anda berada di Jakarta, maka anda bisa memilih salah satu lembaga kursus yang direkomendasikan oleh id.theasiaparent.com.

Lembaga lembaga kursus tersebut antara lain Jago Mandarin Jakarta Barat, Starzin Chinese Cultural Center, Beijing Language & Culture Institute (BLCI), BTIP Mandarin dan Jakarta Mandarin. Menurut informasi yang tercantum pada laman tersebut, anda perlu keluar biaya sebesar 2 sampai 5 juta untuk mengikuti kursus bahasa Mandarin di lembaga lembaga tersebut.

Namun apabila rumah anda bukan di Jabodetabek, anda bisa mengikuti kursus bahasa Mandarin didekat rumah anda atau mengikuti kursus bahasa Mandarin secara daring.

Lister.co.id, salah satu penyedia layanan kursus bahasa Mandarin secara daring ini menyediakan beberapa paket yang  bisa anda pilih untuk anda sendiri atau anak anda.

Seiring perkembangan jman, kebutuhan akan penguasaan bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Mandarin meningkat. Oleh karena itu meskipun bahasa Mandarin tampak lebih sulit daripada bahasa Inggris,  tidak ada salahnya anda mengikuti kursus bahasa ini untuk investasi masa depan anda. Selamat Mencoba!