Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Pentingnya Kursus Bahasa Mandarin di Dunia Kerja

Lister – Beberapa tahun belakangan ini, peminat untuk belajar Bahasa Mandarin meningkat secara pesat. Salah satu alasan terbanyak adalah karena ingin bisa menggunakan Bahasa Mandarin untuk keperluan pekerjaan.

Seperti kita tahu, Cina dan Tiongkok adalah raksasa bisnis yang memiliki banyak perusahaan besar yang menguasai berbagai pasar industri ekonomi. Tidak jarang juga perusahaan-perusahaan ini mensyaratkan Bahasa Mandarin bagi pelamar kerja atau juga memberikan nilai tambah bagi karyawan yang bisa berbahasa Mandarin.

Kursus Bahasa Mandarin di Dunia Kerja

Selain karena alasan itu, sekarang ini banyak juga perusahaan-perusahaan asing lain yang ingin mengembangkan bisnisnya di pasar Cina. Sehingga untuk kelancaran progress kedepannya diperlukan pegawai atau karyawan yang mahir berbahasa Mandarin.

Sebenarnya sudah sejauh mana kepentingan Bahasa Mandarin di dunia bisnis dan apakah harus belajar Bahasa Mandarin di era modern sekarang? Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya:

Berguna untuk Keperluan Bisnis

Seperti yang sudah tertulis di atas, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Cina dan Tiongkok sudah membawa pengaruh besar bagi dunia bisnis di berbagai sektor industri. Sehingga kemampuan berbahasa Mandarin pasti akan sangat berguna.

Walaupun perusahaan tempat anda bekerja sekarang tidak terlihat akan mengembangkan sayapnya ke pasar Cina, kemungkinan ini tidak akan tertutup selamanya. Bahkan mungkin juga tiba-tiba ada investor dari Cina yang datang untuk bekerja sama dengan perusahaan anda.

Selain karena pengaruh besarnya, daerah Cina juga terkenal dengan jiwa dan kemampuan bisnisnya yang mumpuni. Bagi anda yang baru mulai belajar bisnis atau ingin mengetahui lebih dalam tentang rahasian kesuksesan Cina, mempelajari Bahasa Mandarin bisa menjadi langkah awal yang tepat.

Menguasai Bahasa Mandarin bisa membuka wawasan anda lebih luas dan juga memperluan jangkauan pembelajaran anda. Anda bisa belajar dari buku-buku berbahasa Mandarin ataupun bertanya langsung pada pelaku bisnis yang merupakan penutur asli Bahasa Mandarin.

Banyak Digunakan di Dunia

Bahasa Mandarin merupakan bahasa dengan penutur asli terbanyak di dunia. Total ada sekitar 1,17 miliar orang penutur asli Bahasa Mandarin yang tersebar di seluruh dunia.

Tidak heran jika mudah sekali menemukan orang berbahasa Mandarin di sekitar kita. Dengan jumlah penutur sebanyak itu, bisa dipastikan Bahasa Mandarin akan banyak digunakan di berbagai segi kehidupan, seperti di dunia pendidikan, bisnis, pekerjaan, bahkan di ranah seni dan hiburan sekalipun.

Bisa dipastikan belajar Bahasa Mandarin tidak akan sia-sia. Kemampuan berbahasa Mandarin, terutama yang sudah dibuktikan dengan sertifikat resmi, pasti akan menjadi tambahan skill yang berguna.

Selain itu, Bahasa Mandarin juga tidak hanya digunakan di negara Cina dan sekitarnya saja. Beberapa negara lain di asia juga banyak yang menggunakan Bahasa Mandarin sebagai salah satu Bahasa utama mereka, contohnya adalah Malaysia dan Singapura.

Kursus Bahasa Mandarin
Kursus Bahasa Mandarin

Membantu Memperluas Jaringan

Sebagai makhluk sosial, jaringan pertemanan sangatlah penting bagi umat manusia, dan jaringan pertemanan ini akan lebih mudah terbangun jika komunikasi yang dilakukan menggunakan Bahasa yang sama. Walaupun ada Bahasa Inggris sebagai Bahasa resmi internasional, kemungkinan perluasan jaringan kita akan lebih terbuka lebar jika menguasai salah satu Bahasa asing lain yang lebih spesifik.

Bahasa Mandarin merupakan bahasa dengan jumlah penutur asli terbanyak di dunia. Sehingga bisa dipastikan ada banyak orang berbahasa Mandarin yang tersebar di seluruh dunia dan bisa didekati untuk menjadi teman atau rekan.

Karena penggunaannya luas, Bahasa Mandarin bisa ditemukan di berbagai segi kehidupan. Misalnya untuk keperluan negosiasi perjanjian bisnis, untuk menempuh kuliah atau pendidikan lanjut, dan juga untuk keperluan wisata.

Jaringan yang dibangun pun bisa berdasarkan beragam background, bisa dengan calon rekanan bisnis yang akan diajak bekerja sama, dengan teman kuliah yang akan diajak mengerjakan tugas bersama, atau dengan orang yang ditemui selama kunjungan wisata.

Meningkatkan Nilai Tambah Diri

Bagi para pelamar kerja, sudah hal wajar jika ingin memasukkan sebanyak mungkin kemampuan untuk memenuhi CV. Salah satu kemampuan yang sudah pasti akan berguna dan dipertimbangkan oleh banyak perusahaan adalah kemampuan berbahasa Mandarin.

Dengan menguasai Bahasa Mandarin yang dibuktikan dengan sertifikat resmi, maka perusahaan akan menganggap anda serius dan bersungguh-sungguh untuk melamar pekerjaan di perusahaan mereka. Bahasa Mandarin juga dapat memudahkan jalannya komunikasi dan menghindari adanya salah paham atau miskomunikasi.

Walaupun jaman sekarang semua bisa disiasati dengan menggunakan Bahasa Inggris atau menyewa penerjemah, menggunakan Bahasa Mandarin secara langsung dapat memberikan pendekatan yang lebih efektif dengan rekan bisnis.

Karyawan atau pegawai yang memiliki kemampuan Bahasa Mandarin yang mumpuni juga bisa menjadi nilai tambah sebagai pertimbangan untuk naik jabatan atau pengembangan karir yang lebih luas.

Banyak Peluang Kerja

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Bahasa Mandarin memiliki banyak pengguna dan juga kegunaan di berbagai segi kehidupan. Karena itulah kemampuan berbahasa Mandarin akan membuka kemungkinan peluang kerja yang lebih luas.

Ada banyak pekerjaan yang akan membutuhkan kemampuan Bahasa Mandarin, beberapa diantaranya adalah translator atau penerjemah, customer service, pemandu wisata, dll. Selain itu, hampir semua profesi di berbagai sektor pekerjaan bisa menggunakan Bahasa Mandarin, seperti misalnya karyawan bagian IT, programmer, atau bahkan jurnalis.

Tiongkok dan Cina juga memiliki banyak perusahaan besar di berbagai sektor industri yang membutuhkan Bahasa Mandarin. Semua profesi di perusahaan-perusahaan tersebut pasti akan membutuhkan Bahasa Mandarin dalam prakteknya.

 Selain itu masih terbuka juga peluang untuk menjadi pengajar Bahasa Mandarin, baik di sekolah maupun di lembaga kursus. Walaupun semua butuh sertifikat resmi sebagai bukti kemampuan berbahasa Mandarin, bisa dipastikan bahwa belajar Bahasa Mandarin tidak akan sia-sia.

Salah satu cara belajar yang bisa dipilih dan yang sudah terbukti efektif adalah dengan mengikuti kursus. Lembaga kursus Bahasa Mandarin akan memiliki kurikulum dan metode pembelajaran yang baik ditambah dengan lembaga pengajar yang profesional.

Selain itu, biasanya lembaga kursus akan menyediakan berbagai pilihan materi dan target pembelajaran yang sesuai untuk setiap kebutuhan peserta. Mengikuti kursus juga sangat cocok bagi para pekerja yang sulit meluangkan waktu untuk belajar rutin setiap harinya.

Lister.co.id memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. Lister.co.id juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

Selain itu, setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami. Siswa akan diajarkan materi percakapan, pengenalan kosa kata dan tata Bahasa, dan juga latihan speaking dan listening dalam Bahasa Mandarin.

Di Lister.co.id tersedia berbagai kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, baik untuk bisnis maupun studi. Ada berbagai pilihan kelas dengan kurikulum pembelajaran yang beragam dan harga yang terjangkau.