Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Yuk Kenali Istilah Korea Terkenal ‘Saengil Chukha Hamnida’!

ulang tahun dalam bahasa Korea

Lister for Company – Apakah kamu termasuk penggemar budaya Korea seperti K-Pop dan drama-drama Korea? Sebelumnya pasti pernah mendengar bagaimana orang-orang Korea saling mengucapkan selamat di hari ulang tahun. Yap! Bagi yang sudah belajar bahasa Korea level dasar, biasanya mereka sudah tahu bagaimana cara mengucapkan selamat ulang tahun yaitu dengan istilah, “Saengil chuka haminda.” Bagaimana sudah pernah mendengar, bukan?

Tapi ucapan selamat hari ulang tahun tidak hanya memakai frasa itu saja lho. Pada artikel kali ini, selain akan membahas istilah “Saengil chuka haminda” juga ungkapan-ungkapan lain yang tidak kalah menarik.

Dalam berkomunikasi, bahasa Korea memiliki beberapa bentuk yang diujarkan sesuai dengan usia lawan bicara dan situasi percakapan itu terjadi (formal atau non- formal).

Bentuk Umum

Bentuk ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea yang terdapat di dalam K-Drama biasanya merupakan bentuk non-formal. Di bawah ini adalah contohnya:

생일 축하합니다!
Saengil chuka hamnida

생일 축하해요!
Saengil chukahaeyo

Kedua kalimat diatas pun memiliki arti yang sama, yaitu “selamat ulang tahun” atau kalau dalam terjemahan bahasa Inggris “happy birthday”. Kata ‘saengil’ berarti ‘ulang tahun’, sedangkan ‘chukha hamnida’ memiliki arti selamat.

Lalu bedanya apa? Nah, yang membedakan kedua kalimat tersebut yaitu akhiran –yo pada kalimat kedua, dengan begitu kalimat tersebut menjadi versi lebih sopan ketika diucapkan.

Bentuk Non-Formal

Jika yang berulang tahun adalah teman mu, sahabatmu, atau seorang yang sebaya dengan mu, maka kalimat ucapan yang digunakan adalah bentuk informalnya.

생일 축하해!
Saengil chukahae
Selamat ulang tahun

Lagi-lagi kalimat “selamat ulang tahun” dalam bahasa Korea ini sama seperti bentuk standar. Yang membedakannya hanyalah dalam pengucapan informal tidak menggunakan kata akhiran seperti –yo ataupun –imnida.

Bentuk Formal

Pengucapan kalimat “selamat ulang tahun” dalam bentuk formal digunakan ketika kamu ingin menyampaikannya kepada orang yang memiliki usia lebih tua atau berpangkat lebih tinggi dari kamu.

생신을 축하드립니다!
Sangsineul chukadeurimnida

Sebenarnya, kalimat tersebut memiliki arti yang sama dengan bentuk standar. Namun, dalam penggunaannya kalimat ini memiliki kesan yang lebih formal.

belajar bahasa Korea, lister

Saengil Chukha Hamnida Artinya

Kata umum untuk mengucapkan selamat ulang tahun adalah (saengil). Kamu dapat menggunakan kata ini ketika mengacu pada hari ulang tahun kamu sendiri. Kamu juga dapat menggunakannya ketika merujuk pada hari ulang tahun seseorang yang seumuran atau lebih muda.

Namun, jika kamu ingin merujuk pada hari ulang tahun seseorang yang jauh lebih tua, maka gunakan kata (saengsin).

생일 축하합니다! = Saengil chuka hamnida

Kata  “saengil” memiliki arti ulang tahun. Sedangkan kata “chuka hamnida” sendiri memiliki arti selamat. Maka, keduanya berarti “Selamat ulang tahun”.

Ucapan Selamat dengan Panggilan

Ketika ada anggota keluarga yang berulang tahun, kalian bisa coba untuk memberi ucapan selamat ulang tahun menggunakan bahasa Korea sesuai dengan panggilan atau sapaan mereka di dalam keluarga. Berikut contoh kalimatnya:

해피 어머니의 생일 !
Haepi eomeoniui saengil
Selamat ulang tahun mama!

행복한 생일 누이 !
Haengbokhan saengil nu-I
Selamat ulang tahun adik!

친애하는 생일 축하해
Chinaehaneun saengil chukhahae.
Selamat ulang tahun sayang!

Caengil Chukha Hamnida Hangul

생일 축하합니다 (Saeng il chukha ham ni da). Selamat ulang tahun.

Contoh Kalimat Saengil Chukha Hamnida

사랑해 생일축하합니당!
Saranghae saengil chukha hamnida!
Aku mencintaimu dan selamat ulang tahun!

Contoh kalimat di atas dapat ditujukan untuk orang tersayang seperti pasangan.

Contoh kalimat menggunakan frasa selain frasa ‘Saengil Chukha Hamnida

  • Sahabatku, selamat ulang tahun!

Sojunghan nae chingu, saengil chukhahae!

소중한내친구,생일축하해.

  • Selamat atas ulang tahunmu.

Saengil jinsimeuro chukhahaeyo.

생일진심으로축하해요.

  • Selamat ulang tahun 

Saengil chukhadeurimnida.

생일축하드립니다.

Demikian pembahasan tentang ungkapan selamat ulang tahun dari bahasa Korea yang bisa kamu jadikan sebagai referensi belajar. Yuk semangat terus belajar Korea-nya ya!