Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Workshop Startup Keuangan Untuk Kualitas Bisnis yang Lebih Baik

Workshop startup keuangan

Pendirian bisnis startup di Indonesia semakin ramai dilakukan. Melalui laman kominfo.go.id, masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI), merilis jumlah startup di Indonesia pada 2018 mencapai 992 perusahaan rintisan.

Fenomena ekonomi digital Indonesia ini pun menarik perhatian global. Bahkan diperkirakan valuasinya bernilai sekitar US$ 44 miliar. Indonesia sendiri saat ini telah memiliki tujuh unicorn teknologi dengan perkiraan nilai sekitar US$ 1 miliar. Gojek, Tokopedia, dan Bukalapak telah merintis jalan pendirian startup tersebut.

Peran Akuntansi Untuk Keberlangsungan Bisnis Startup

Akuntansi memiliki peranan yang sangat penting untuk keberlangsungan sebuah bisnis startup. Ia menyajikan beragam informasi keuangan perusahaan. Termasuk dalam hal ini adalah para pelaku startup yang mestinya menguasai keahlian akuntansi.

Bayangkan jika pelaku startup yang notabene pemangku kebijakan perusahaan tidak memahami akuntansi, hal ini akan berisiko pengambilan salah kebijakan. Memang tersedia akuntan yang siap membantu pengelolaan keuangan, namun memiliki keahlian akuntansi akan sangat menguntungkan.

Lalu, bagaimana solusinya?

Workshop Startup Keuangan

Apakah kamu baru memulai sebuah bisnis baru startup dan terkendala pengelolaan keuangan?

Workshop Pengelolaan Startup dan Keuangan ini sangat cocok bagi para pelaku startup yang tidak memiliki latarbelakang akuntansi dan ingin mengenal akuntansi secara praktis dan aplikatif, sehingga pelatihan ini sangat cocok dan bermanfaat.

Pembelajaran dilakukan dengan menyeimbangkan pembelajaran konsep dan praktik dengan menggunakan aplikasi terkini.

Workshop Manajemen Startup dan Keuangan ini dirancang khusus untuk membantu pelaku bisnis yang tertarik mengawali startup atau yang telah memiliki bisnis dalam melakukan pengelolaan keuangan secara profesional.

workshop startup keuangan
Workshop Startup Keuangan

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah bentuk kerjasama antara Laboratorium Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (Pusat Kajian Tata Kelola Sistem Informasi dan Pusat Kajian Akuntansi Pendidikan Laboratorium Departemen Akuntansi), Kledo, dan Lister.

Pelatihan ini diperuntukkan bagi pelaku bisnis yang ingin mengelola keuangan secara cerdas dalam waktu singkat, kurang dari 1 bulan. Peserta yang diprioritaskan di program ini adalah calon ataupun pelaku bisnis yang belum memiliki pengetahuan akuntansi memadai. Pelaku bisnis meliputi pemilik, manajer, ataupun pemula segala umur.

Materi Workshop Startup Keuangan

  • Pertemuan 1: Mengenali Tantangan dan Peluang Startup
  • Pertemuan 2: Manajemen Startup
  • Pertemuan 3: Pengelolaan Keuangan & Akuntansi Startup
  • Pertemuan 4: Pencatatan Keuangan
  • Pertemuan 5: Praktik Aplikasi Akuntansi Berbasis Web
  • Pertemuan 6: Penyusunan Laporan Keuangan

Dua pembicara yang akan berbagi ilmu dan pengalaman di bidang akuntansi dan pengelolaan Startup yakni Sony Warsono, MAFIS, Ak, CA, Phd dan Firlia Wardani, S.Sos.

Kelas akan diadakan secara online dan offline, sehingga para peserta dapat menyesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan yang ada.

Saatnya cerdas kelola keuangan dengan menambah wawasan akuntansi! Daftar sekarang!