Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pengertian dan Jenis Thesaurus yang Perlu Kamu Tahu!

Arti thesaurus

Tahukah kamu?

Tak hanya dalam Bahasa Indonesia, dalam Bahasa Inggris juga memiliki persamaan dalam setiap katanya. Materi sinonim mungkin sering dikesampingkan dan dianggap remeh, padahal kemampuan dan wawasan mengenai sinonim ini juga bermanfaat untuk memperluas vocabulary Bahasa Inggris.

Thesaurus

Secara umum, tesaurus adalah referensi daftar kosakata yang dikelompokkan berdasarkan kesamaan makna (berisi sinonim atau antonim), yang umumnya mencantumkan dalam urutan abjad. Tujuan utama dari referensi adalah untuk menemukan kosakata yang paling tepat untuk mengungkapkan ide.

Kata “tesaurus” berasal dari bahasa Latin Baru abad ke-16. Pada bahasa Latin, thēsaurus adalah Latinisasi dari bahasa Yunani θησαυρός (thēsauros) yang berarti “harta karun, perbendaharaan, gudang”.

Pengertian Tesaurus menurut kamus bahasa Inggris-Indonesia (Echols, 2003:586) berarti kamus, ensiklopedi atau buku lain yang berisi keterangan. Sedangkan, kamus bahasa Inggris Longman (2001:1889) memberikan pengertian tesaurus sebagai suatu buku yang mendaftar kata-kata secara berkelompok dengan kata-kata lain yang memiliki kesamaan pengertian.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Departemen Pendidikan Nasional, 2008:1456) menjelaskan tesaurus adalah (1) buku referensi berupa daftar kata dengan sinonimnya; (2) buku referensi berupa informasi tentang berbagai konsep atau istilah di berbagai kehidupan dan pengetahuan.

Jenis Thesaurus

Thesaurus memiliki varian jenis yang berbeda-beda. Kamu bisa menemukan Thesaurus versi Inggris dan Indonesia, tentunya bisa disesuaikan dengan kosakata yang sedang kamu cari.

Thesaurus Synonims

Untuk mencari sinonim kata, kamu bisa menggunakan tesaurus. Caranya adalah klik kanan di mana saja dalam dokumen yang sedang kamu tulis, kemudian klik sinonim (synonyms) pada menu pintasan dan klik menu tesaurus (thesaurus).

Setelah itu, ketikkan kata di dalam kotak “Search for” dan tekan “Enter” atau tekan ALT pada keyboard dan klik kata di dokumen.

Selanjutnya, akan menampilkan daftar kata alternatif yang bisa digunakan. Jika kamu menemukan kata dalam daftar yang ingin digunakan, klik panah bawah yang muncul di sebelah kanan dan pilih “sisipkan” (Insert).

Jika kamu ingin melanjutkan pencarian sinonim lebih lanjut, klik di atasnya. Kata itu akan ditempatkan di kotak “Search for” dan sinonimnya akan ditampilkan dalam daftar.

Thesaurus English

Thesaurus Indonesia

thesaurus indo
http://tesaurus.kemdikbud.go.id/tematis/

Nah, dengan thesaurus kamu bisa menambah kosakata bahasa Inggris. Untuk memudahkan, kamu bisa menuliskannya di flashcard agar bisa dibaca di lain waktu ya. Yuk ikuti kelas bahasa Inggris online di Lister dan rasakan asyiknya belajar bahasa Inggris dengan beragam cara. Semoga bermanfaat!