Belajar 10 Warna dalam Bahasa Arab dan Contoh Kalimatnya

warna dalam bahasa arab

Kursus Bahasa ArabMemahami warna dalam bahasa Arab adalah salah satu langkah awal yang penting dalam belajar bahasa ini. Mengetahui nama-nama warna dalam bahasa Arab membantu dalam berkomunikasi sehari-hari dan memperkaya kosakata.

Dalam artikel ini, kamu akan belajar 15 warna dalam bahasa Arab paling umum dan bagaimana menggunakannya dalam kalimat. Warna dalam bahasa Arab tidak hanya penting bagi penutur asli, tetapi juga bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa Arab.

Pentingnya Belajar Bahasa Arab Sehari-hari

Sebelum mengetahui apa saja ragam warna dalam bahasa Arab, sebenarnya apa sih pentingnya belajar bahasa Arab sehari-hari? Bahasa Arab, sebagai salah satu bahasa terbesar yang dituturkan di dunia, memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan global.

Penguasaan bahasa Arab tidak hanya memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dengan jutaan penutur asli, tetapi juga menjadi jembatan penghubung antara budaya, tradisi, dan pemahaman yang lebih dalam tentang dunia.

Di era globalisasi saat ini, bahasa Arab menjadi kunci dalam berbagai bidang, mulai dari perdagangan internasional hingga diplomasi. Banyak perusahaan multinasional dan organisasi pemerintah mencari individu yang memiliki keahlian dalam bahasa Arab.

Sebab, pengetahuan ini memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan pasar dan pemerintah di Timur Tengah dan Afrika Utara. Hal ini menciptakan peluang karir yang beragam dan menjanjikan.

Selain itu, bahasa Arab adalah jendela untuk memahami budaya yang kaya dan beragam. Mengetahui bahasa ini membantu seseorang dalam menghargai seni, musik, sastra, dan kuliner dari berbagai negara penutur bahasa Arab.

Baca Juga: Tata Bahasa Arab: Pengertian, Struktur, Jenis, dan Contohnya

Nama-nama Warna dalam Bahasa Arab

Sebelum memahami berbagai warna dalam bahasa Arab, penting untuk memahami penggunaan tata bahasa Arab terkait jenis kelamin atau gender. Bahasa Arab memiliki dua jenis gender, yakni mudzakkar (maskulin) dan mu’annats (feminin).

Oleh karena itu, penamaan warna dalam bahasa Arab berbeda untuk mudzakkar dan mu’annats. Berikut adalah tabel yang menampilkan 10 warna dalam bahasa Arab, termasuk pelafalannya untuk kedua jenis gender:

Tabel Warna Mudzakkar:

NomorNama WarnaBahasa ArabPelafalan
1Merahاَحْمَرٌakhmarun
2Putihاَبْيَضٌabyadhun
3Oranyeبُرْتُقَالِيٌّburtuqoliyyun
4Kuningاَصْفَرٌashfarun
5Hijauاَخْضَرٌakhdhorun
6Hitamاَسْوَدٌaswadun
7Biruاَزْرَقٌazroqun
8Pinkوَرْدِيٌّwardiyyun
9Unguبِنَفْسَجِيٌّbinafsajiyyun
10Cokelatبُنَّيٌّbunnayyun

Tabel Warna Mu’annats:

NomorNama WarnaBahasa ArabPelafalan
1Merahحَمرَاءٌhamro’un
2Putihبَيْضَاءٌbaidho’un
3Oranyeبُرْتُقَالِيَّةٌburtuqoliyyatun
4Kuningصَفْرَاءٌshofro’un
5Hijauخَضْرَاءٌkhodro’un
6Hitamسَوْدَاءٌsauda’un
7Biruزَرْقَاءٌzarqo’un
8Pinkوَرْدِيَّةٌwardiyyatun
9Unguبِنَفْسَجِيَّةٌbinafsajiyyatun
10Cokelatبُنِّيَّةٌbuniyyatun

Penggunaan Warna dalam Bahasa Arab dalam Kalimat Sehari-hari

Memahami penggunaan warna dalam bahasa Arab dalam kalimat sehari-hari sangat penting. Kamu bisa menggunakan warna dalam bahasa Arab untuk mendeskripsikan objek, suasana hati, atau bahkan perasaan.

Berikut beberapa contoh penggunaan warna dalam bahasa Arab dalam kalimat:

  1. Merah: اَنَا اَكْتُبُ بِاالقَلَمِ الْاَحْمَرِ artinya “Saya menulis dengan bolpen merah.” Dalam hal ini, القَلَمِ الْاَحْمَرِ (qolamil ahmari) adalah mudzakkar, sehingga menggunakan الْاَحْمَرِ, bukan warna mu’annats حَمرَاءٌ.
  2. Hitam: نَحْنُ نَلْعَبُ الْكُرَّةَ السَوْدَاءُ artinya “Kami bermain bola hitam.” Di sini, الْكُرَّةَ السَوْدَاءُ (kurrotus sauda’u) adalah mu’annats, sehingga menggunakan السَوْدَاءُ, bukan warna mudzakkar اَسْوَدٌ.
  3. Kuning: هَاتِفيِ الْمَحْمُوْلُ اَصْفَرُ artinya “Handphone saya berwarna kuning.” Karena هَاتِفيِ adalah mudzakkar, maka menggunakan اَصْفَرُ, bukan صَفْرَاءٌ.
  4. Kuning: بَيْتِى اَصْفَرٌ artinya “Rumah saya berwarna kuning.” Dalam kasus ini, Baitun adalah mudzakkar, sehingga menggunakan اَصْفَرُ, bukan صَفْرَاءٌ.
  5. Hitam: نَحْنُ نَكْتُبُ بِجِهَازٍ كُمْبُيُوْتَرْ اَسْوَدَ artinya “Kami mengetik dengan laptop hitam.”
  6. Merah: هَذِهِ السَاعةُ حَمْرَاءٌ artinya “Jam ini berwarna merah.” Di sini, السَاعةُ (Sa’atun) adalah mu’annats, maka menggunakan حَمْرَاءٌ, bukan اَحْمَرٌ.
  7. Hitam: دَرَّاجَتِى النَارِيَّةُ سَوْدَاءُ artinya “Sepeda motor saya berwarna hitam.”

Penggunaan warna dalam bahasa Arab memerlukan pemahaman yang mendalam tentang tata bahasa dan jenis kelamin kata benda yang digunakan. Dalam bahasa Arab, kesesuaian antara mubtada’ (subjek) dan khabar (predikat) sangat penting, terutama dalam penggunaan warna.

Dengan memahami perbedaan antara mudzakkar dan mu’annats serta bagaimana mereka digunakan dalam kalimat warna dalam bahasa Arab, kamu dapat berkomunikasi dengan lebih akurat dan menggambarkan dunia di sekitarmu dalam bahasa Arab dengan cara yang lebih hidup dan berwarna.

Baca Juga: 9 Fakta Unik Tentang Bahasa Arab yang Jarang Diketahui

Pahami Budaya Arab Lebih Akurat via Bahasanya

Kemampuan bahasa Arab penting untuk studi, bekerja, tinggal hingga berkomunikasi di negara Timur Tengah. Mari siapkan dirimu dengan mengikuti Kursus Bahasa Arab di Lister.

Follow Instagram Lister untuk mengetahui promo menarik dan informasi belajar bahasa asing lainnya.

Kamu dapat menentukan jumlah kelas sendiri sesuai kebutuhanmu. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.