10 Universitas di Malaysia yang Terbaik, Mana Impianmu?

universitas di malaysia

University Preparation Program Memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan tinggi? Sederet universitas di Malaysia ini bisa menejadi pilihan yang menarik untuk calon mahasiswa Indonesia. 

Menawarkan reputasi akademis yang kuat dan fasilitas modern, universitas di Malaysia terbaik ini memiliki banyak program studi yang bisa kamu jadikan pilihan minat dan aspirasi. 

Universitas di Malaysia

Melanjutkan studi di universitas di Malaysia tidak hanya membuka pintu menuju pengetahuan mendalam tetapi juga menginspirasi mahasiswa untuk mencapai puncak prestasi.

Ditambah dengan keberagaman budayanya yang menambah pengalaman belajar semakin kaya. 

1. Universiti Malaya

Univeritas di Malaysia yang pertama ini memiliki rangking 65 dunia, secara umum. Ada puluhan jurusan pendidikan S1, S2, hingga S3 yang bisa kamu pilih. 

Salah satu yang favorit adalah Business School. Ada pun waktu untuk mendapatkan gelar sarjana mulai dari 3,5-4 tahun dengan rencana studi mulai dari bulan Oktober 2024. 

2. Universiti Tunku Abdul Rahman

Universitas di Kuala Lumpur yang satu ini sudah ada sejak tahun 1964. Awalnya, bernama Malaysian Chinese Association yang kemudian berubah dengan menggunakan nama perdana menteri pertama Malaysia. 

Saat ini, tempat kuliah di Malaysia yang satu ini memiliki delapan program gelar kehormatan dari tiga fakultas. Ada, 

  • Faculty of Information and Communication Technology (FICT)
  • Faculty of Arts and Social Science (FAS)
  • Faculty of Accountancy and Management (FAM)

Ada pun untuk jurusan yang ditawarkan mulai dari Sarjana Seni, Sarjana Komunikasi, hingga Sarjana Akuntansi. 

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Turki, Ada yang Sediakan Beasiswa!

3. Universiti Sains Malaysia (USM)

Selanjutnya, ada Universiti Sains Malaysia yang memiliki peringkat 137 dunia. Kampus yang satu ini sudah ada sejak 1969 yang merupakan universitas kedua. 

Di sini, ada pilihan program studi seperti Jurusan Seni, Jurusan Komunikasi, Jurusan Ilmu Komputer, Jurusan Ilmu Kedokteran Gigi. 

4. Universiti Kebangsaan Malaysia

Universiti Kebangsaan Malaysia memiliki peringkat 129 dunia. Kuliah di Malaysia yang selanjutnya ini sudah ada sejak tahun 1970. Awalnya, hanya memiliki sekitar 192 mahasiswa dengan 78 pengajar dari Fakultas Studi Islami, Fakultas Sains, dan Fakultas Seni. 

Pilihan jurusan yang ditawarkan ada puluhan, seperti Humaniora, Kesehatan dan Kedokteran, Pendidikan, MBA, hingga Pertanian dan Kedokteran Hewan. 

5. Universiti Putra Malaysia

Universiti Putra Malaysia berada di 123 peringkat dunia. Universitas di Selangor ini berdiri sejak tahun 1971. Mengutamakan keunggulan dalam inovasi, penelitian, dan pendidikan. 

Berada tak jauh dari Kuala Lumpur, kamu bisa jadikan tempat kuliah yang satu ini sebagai impian belajar. Terutama, jika kamu ingin mendalami ilmu Agribisnis, Bioteknologi, dan Teknologi Pangan. 

Ilustrasi seorang yang melanjutkan studi di universitas terbaik (DOK.PEXELS/Anastasiya Gepp)

Ilustrasi seorang yang melanjutkan studi di universitas terbaik (DOK.PEXELS/Anastasiya Gepp)

6. Taylor’s University

Taylor’s University merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi yang sangat prestisius dan berkualitas tinggi di tingkat global. 

Salah satu keberhasilannya masuk dalam 1% teratas dalam peringkat universitas dunia serta menjadi universitas swasta terkemuka di Asia Tenggara selama empat tahun berturut-turut. 

Taylor’s University menjadi pilihan unggul bagi mereka yang mencari pengalaman pendidikan tinggi yang komprehensif dan relevan di tingkat internasional.

7. UCSI University

UCSI University berdiri sejak 1986 oleh Dato’ Peter Ng sebagai lembaga pelatihan komputer. Mengawali sejarahnya sebagai institusi kecil, UCSI kemudian berkembang menjadi salah satu universitas di Malaysia terbaik.

Menawarkan beragam disiplin ilmu, termasuk kedokteran, farmasi, teknik, IT, bisnis, seni kreatif, dan lainnya di tingkat sarjana dan pascasarjana. 

UCSI University terus memainkan peran penting dalam memberikan pendidikan berkualitas tinggi dan beragam kepada mahasiswanya.

Baca juga: Kuliah Abroad, Cek Universitas Di Belanda yang Populer

8. Universiti Teknologi PETRONAS

Universiti Teknologi PETRONAS berada di Perak, Malaysia. Sudah ada sejak tahun 1997. 

Banyaknya inovasi yang ditawarkan menjadikan UTP menjadi universtias dengan peringkat bintang 5. 

Bekerja sama dengan industri dalam dan luar negeri, ada beberapa keilmuan yang ditawarkan. Di antaranya, Deepwater Technology, Nanotechnology, Green Technology. 

9. Universiti Utara Malaysia

Universitas di Malaysia yang sudah ada sejak 1983 ini merupakan universitas negeri keenam di Malaysia. 

Universitas di Malaysia yang satu ini menawarkan jenjang sarjana, pascasarjana, hingga doktor. Ada pun jurusan yang ditarkan seperti, 

  • Bachelor of Accounting (Information System) with Honours
  • Bachelor of Applied Linguistics and Business Administration with Honours
  • Bachelor of Communication with Honours
  • Bachelor of Development Management with Honours
  • Bachelor of Media Technology with Honours
  • Bachelor of Science with Honours (Multimedia)

10. Universiti Teknologi MARA (UiTM)

Universiti Teknologi MARA (UiTM) berhasil masuk ke 10 universitas top di Malaysia. Sudah ada sekiat 120.000 mahasiswa yang terdaftar di berbagai jurusan yang ada. Ada sekitar 3 kampus utama, 15 kampus cabang, dan 19 sekolah tinggi sebagai pilihan melanjutkan pendidikan.

University Preparation Program, Kuliah Sekarang Jadi Lebih Mudah!

Ingin kuliah S-1 di salah satu universitas ternama di Malaysia? Persiapkan dirimu dengan mengikuti University Preparation Program di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Keira Burton di Pexels.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.