Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tips Terbaik Belajar Structure and Written Expression TOEFL

structure and written expression toefl

Ingin meraih skor TOEFL impian, tetapi tidak tahu mulai dari mana? Kamu disarankan mengikuti Kursus TOEFL agar mendapat bimbingan dari tutor-tutor berkualitas.

Dalam Panduan Test TOEFL, salah satu poin penting yang harus dipelajari adalah bagian Structure and Written Expression. Bagian ini akan menguji pengetahuan tata bahasa.

Bagaimana tips belajar dan mengerjakan Structure and Written Expression? Simak penjelasannya.

Apa itu Structure and Written Expression?

Structure and Written Expression diujikan di bagian kedua TOEFL. Seksi ini terdiri dari 40 soal pilihan ganda dengan waktu tersedia 25 menit.

Seksi ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama merupakan Structure yang terdiri dari soal nomor 1-15. Pada bagian pertama, peserta harus memilih kata atau frasa untuk melengkapi kalimat.

Bagian kedua merupakan Written Expression yang terdiri dari soal nomor 16-40. Pada bagian kedua, peserta harus memilih kata atau frasa yang tidak sesuai dengan konteks kalimat.

Structure and Written Expression bertujuan menguji pengetahuan bahasa Inggris tertulis. Agar bisa lolos dalam tahap ini, peserta tidak hanya harus menguasai bahasa Inggris dengan tepat, tetapi juga mengoreksi bahasa Inggris yang tidak tepat.

Cara Mempelajari Structure and Written Expression

Bagaimana cara mempelajari Structure and Written Expression agar dapat menjawab dengan tepat? Berikut tipsnya.

  • Pahami Subject and Verb Agreement.
  • Pahami Phrase, Clause (dependent and independent), Noun Clause, Adjective Clause and Appositive, Sentence (compound and complex).
  • Pahami Part of Speech.
  • Pahami Irregular Verbs.
  • Pahami Singular and Plural.
  • Perhatikan Subject dan Verb di kalimat utama. Jika kamu tidak menemukan Verb atau Subject, maka pasti ada di jawabannya.
  • Untuk membantu menemukan Subject dan Verb, sederhanakan kalimat dengan menghilangkan Prepositional Phrases, Adjectives, dan/atau Nouns.
  • Tentukan struktur kalimat.
  • Baca ulang kalimat untuk memastikan kalimat logis dan benar.

Tips Mengerjakan Structure and Written Expression Test

Seksi Structure and Written Expression terkesan lebih mudah daripada seksi lainnya. Pasalnya seksi ini tidak terlalu rumit dan peserta hanya perlu mengisi bagian yang kosong.

Walaupun begitu, jangan memandang sebelah mata seksi ini. Structure and Written Expression bisa jadi rumit jika peserta tidak mempersiapkan diri dengan baik.

Structure Test

  • Perhatikan kalimat yang dipertanyakan. Identifikasi bagian mana saja yang tergolong Subject, Predicate, Object, Adverb, dan lain-lain.
  • Perhatikan pilihan jawaban yang tersedia, kamu akan menemukan pilihan yang cocok untuk mengisi bagian yang kosong. Di sini peserta membutuhkan kecakapan dalam tata bahasa.
  • Jangan menyingkirkan pilihan jawaban tanpa melihat kalimat, karena pilihan jawaban baru diketahui benar salahnya setelah ditempatkan dalam kalimat.

Written Expression

  • Perhatikan kata atau frasa yang digarisbawahi dan temukan kesalahan dengan cepat. Jika kamu tidak dapat dengan segera menemukan bagian yang salah dengan cepat, baca keseluruhan kalimat.