Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

9 Tips Pronunciation yang Buat Kamu Mirip Native Speaker

tips pronunciation

Kursus Speaking Local – Pernahkah kamu sedang berbicara dengan orang asing atau native speaker, lalu mereka meminta kamu mengulang karena tidak jelas?

Jika ya, kamu membutuhkan 10 tips pronunciation ini.

Tips Pronunciation

Menguasai grammar yang sempurna dan vocabulary yang kaya tidak ada gunanya jika kamu tidak dapat mengucapkan dengan jelas. Latih pronunciation (pelafalan) kamu dengan tips berikut ini.

Menggunakan IPA

International Phonetic Alphabet (IPA) adalah standar pengucapan bahasa Inggris. Di sini, kamu dapat menemukan cara pelafalan yang tepat dan contoh katanya.

Menggunakan IPA, kamu dapat belajar cara pelafalan untuk berbagai huruf vokal, konsonan, dan diftong.

Mencari referensi

Kamu dapat menemukan referensi dari berbagai video presentasi di internet. Contohnya TV show atau TED Talk.

Melalui video referensi tersebut, kamu dapat menemukan native speaker dari berbagai negara di seluruh dunia. Kamu akan mendengarkan cara pronunciation yang berbeda.

Kamu dapat berlatih dengan teknik shadowing, yaitu menirukan cara melafalkan seperti yang ada dalam video referensi.

Pecah-pecah menjadi suku kata

Untuk mempermudah cara pengucapan, kamu dapat memecah-mecah suatu kata. Kemudian, ucapkan suku kata tersebut satu per satu.

Kamu dapat menggunakan IPA untuk mencari tahu cara pengucapan yang tepat masing-masing suku kata. Setelah itu, ucapkan kata secara keseluruhan.

Belajar penekanan

Bahasa Inggris menggunakan penekanan pada suku kata tertentu. Hal ini disebut word stress.

Penekanan pada suku kata yang berbeda dapat menimbulkan arti yang berbeda.

Contohnya penekanan pada MINute membuat kata tersebut menjadi noun yang berarti satuan waktu. Sementara itu, penekanan pada minUTE membuat kata tersebut menjadi adjective yang berarti kecil.

Membaca keras-keras

Membaca keras-keras membantu kamu melatih otot-otot lidah dan mulut. Hal ini akan memudahkan kamu menemukan cara yang tepat mengucapkan suatu kata.

Kamu dapat membaca teks dengan berbagai topik, mulai dari yang mudah sampai yang sulit. Teks dengan topik yang mudah memiliki kosakata yang sederhana dan familiar, sedangkan teks dengan topik yang berat memiliki kosakata yang spesifik dan struktur yang kompleks.

Kamu juga dapat merekam saat kamu berbicara. Setelah itu, lakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Apakah kamu dapat memahami ucapanmu sendiri dengan jelas?

Ucapkan perlahan-lahan

Berbicara dengan tempo cepat bukan berarti menunjukkan tingkat kefasihan. Justru kamu dapat membuat kesalahan karena berbicara terlalu cepat, terlebih dalam bahasa asing.

Sebaliknya, cobalah berbicara perlahan-lahan sembari menyusun kalimat dalam pikiran. Hal ini akan membuat kamu lebih tenang dan berbicara lebih jelas.

Tongue twisters

Tongue twisters adalah permainan yang mudah dan menyenangkan. Walaupun sering dimainkan anak-anak, tak ada salahnya mencoba tongue twisters.

Permainan ini membantu kamu membedakan bunyi-bunyi yang mirip. Setelah berhasil mengucapkan kalimat tersebut, cobalah mengucapkan lagi dengan lebih cepat sampai terbiasa.

Baca juga: 10+ Tongue Twister Bahasa Inggris: Tujuan dan Contohnya

Bernyanyi

Apakah kamu punya lagu bahasa Inggris favorit? Jika ya, kamu bisa bernyanyi keras-keras sambil melatih pelafalan. Latihan ini lebih mudah jika kamu hafal liriknya.

Bernyanyi adalah cara mudah dan menyenangkan belajar pronunciation.

Menggunakan sinonim

Jika kamu kesulitan mengucapkan kata tertentu, kamu dapat mencari sinonim yang dapat menggantikan. Kemudian gunakan kata tersebut sebagai penggantinya.

Namun, bukan berarti kamu menyerah mengucapkan kata yang sulit tersebut. Tetaplah berlatih sampai kamu berhasil mengucapkan dengan tepat.

Mengapa pronunciation penting?

Pronunciation adalah satu dari empat speaking skills yang perlu kamu kuasai. Dengan pronunciation yang jelas, orang lain dapat memahami kamu dengan mudah.

Hal ini penting terutama saat kamu sering berinteraksi dengan orang lain di dunia kuliah atau kerja.

Saat kamu tidak dapat melafalkan ucapan dengan jelas, orang lain bisa memandang negatif. Kamu tentunya akan merasa malu dan tidak percaya diri. Maka dari itu, melatih pronunciation sangat penting.

Kursus Speaking Local, Bantu Kamu Percaya Diri

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus Speaking Local di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!