8 Tips Bimbingan Belajar Online Anak di Rumah, Seru

bimbingan belajar online untuk anak

Kursus English for Kids – Mengajar anak-anak secara online bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama dalam menjaga agar pembelajaran tidak terasa membosankan. 

Di tengah dunia yang serba digital, seorang pendidik harus bisa membangun suasana menyenangkan agar siswa dengan usia belia tidak merasa bosan. 

Lister rangkum ada beberapa tips bimbingan belajar online anak-anak untuk para pengajar atau orang tua untuk menjaga konsentrasi para siswa.

Tips bimbingan belajar online anak

Bimbingan belajar online telah menjadi pilihan yang populer bagi banyak orang. Ada banyak alasannya, seperti meminimalisir adanya waktu terbuang di jalan hingga menghemat waktu selama perjalanan ke lokasi bimbingan. 

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan mengenai bimbingan online. Seperti, tantangan berkurangnya interaksi fisik antara guru dan siswa. 

Motivasi dan keterlibatan siswa seringkali menjadi tantangan. Beberapa siswa mungkin kesulitan untuk tetap fokus atau mandiri dalam pembelajaran online.

Terakhir, perlu adanya evaluasi kemajuan siswa secara objektif dalam lingkungan online secara rutin untuk melihat adanya perkembangan kemampuan siswa. 

Oleh karena itu, simak beberapa tips bimbingan belajar online untuk anak berikut ini.

1. Jangan ragu untuk meluangkan waktu

Bagi pengajar atau guru anak-anak usia dini, kamu perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk siswa. Mengingat sebagian siswa mungkin tidak hanya akan ijin ke toilet, tetapi juga minum atau mengambil pensil. 

Tentu saja, kegiatan tersebut membuat kosentrasi siswa kadang terganggu. Namun, para pendidik jangan berkecil hati. Biarkan dan berikan sedikit waktu untuk siswa dalam melakukan sedikit aktivitas. 

2. Buatlah suasana kelas dengan tema yang sedang tren

Jangan ragu dan bimbang untuk membuat suasana kelas lebih hidup. Jika kamu bingung dengan tema yang akan digunakan, gunakan tren yang paling dekat. 

Buatlah tema presentasi atau meeting dengan menonjolkan teks dan cerita dari topik yang sedang tren dan diminati siswa. Dengan begitu, siswa akan lebih betah dan tidak merasa bosan sepanjang kelas berlangsung. 

3. Hadirkan permainan interaktif bimbingan belajar online

Salah satu cara untuk membuat anak-anak tetap betah di layar komputer atau tempat duduk, dengan cara menggunakan permainan dan aktivitas interaktif selama bimbingan belajar online. 

Permainan yang interaktif membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa. Permainan tersebut cenderung lebih bersemangat dan termotivasi untuk berpartisipasi dalam pembelajaran secara daring. 

Tidak ada salahnya untuk menghadirkan permainan interaktif dalam pembelajaran online untuk menghadapi tantangan dalam hal interaksi fisik. Permainan interaktif memberikan cara untuk membangun hubungan dan berinteraksi secara virtual.

Baca juga: Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah, Ada 10 Jenisnya

4. Luangkan waktu berisitirahat

Istirahat dalam konteks ini adalah memberikan beberapa menit waktu untuk anak-anak agar tidak bosan. Pengajar tetap bisa memimpin waktu luang tersebut. 

Kamu bisa membuat permainan singkat agar anak-anak patuh dengan waktu yang ditentukan. Dengan begitu, mereka akan kembali tertarik untuk melanjutkan perjalanan. 

Misalnya, kamu membuat sebuah permainan selama bimbingan belajar online untuk menyuruh anak-anak dalam membawa benda favorit atau benda dengan warna yang disukai dalam kurun waktu 10 menit. 

5. Buat dan rumuskan rancangan belajar selama bimbingan belajar online

Buatlah rencana belajar selama bimbingan belajar online anak adalah langkah penting untuk memastikan bahwa pembelajaran berjalan efektif dan terorganisir.

Mulailah dengan menentukan tujuan pembelajaran yang spesifik. Apa yang kamu inginkan dari siswa agar bisa capai setelah bimbingan belajar online. 

Selain itu, tempatkan dan tuliskan tujuan dalam jurnal harian guru agar terukur dan dapat diukur.

Tentukan sumber materi yang akan digunakan, seperti buku teks, video pembelajaran, atau perangkat lunak edukasi seperti aplikasi. 

Pastikan sumber ini sesuai dengan materi pelajaran dan tingkat pemahaman siswa.

Rumuskan dan rencankan untuk  melibatkan siswa selama sesi bimbingan. Ajak siswa berpartisipasi aktif dalam diskusi, menjawab pertanyaan, atau berkontribusi dalam tugas-tugas.

6. Bantu para siswa untuk mengerti cara belajar yang efektif

Bukan hanya dari tugas para pengajar, orang tua juga harus aktif dalam bimbingan belajar online anak. Seperti dengan memberikan anak pengertian terkait cara belajar yang efektif. 

Para orang tua bisa mengajak para siswa untuk pergi ke suatu toko buku atau perpustakaan daerah untuk menunjukkan adanya buku menyenangkan di sana. 

Baca juga: Imperative Sentences Bahasa Asing Melalui Bimbingan Belajar

7. Berikan penghargaan untuk siswa

Adanya pemberian penghargaan kepada siswa selama bimbingan belajar online bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan motivasi. 

Sederhananya, berikan pujian dan pengakuan kepada siswa atas usaha dan prestasi mereka. Ini bisa berupa kata-kata positif, seperti “Wah, kamu hebat!” atau “Jawabannya betul sekali!”.

Berikan hadiah virtual, seperti gambar lucu, stiker, atau ikon yang bisa digunakan siswa dalam bimbingan belajar online. Ini memberikan sentuhan kreatif pada penghargaan.

Tujuan dari memberikan penghargaan adalah mendorong siswa untuk terus berusaha dan mengapresiasi kerja keras selama belajar. 

8. Pertimbangkan dan pikirkan minat anak

Selalu mengedepankan, ,empertimbangkan, dan memahami minat anak adalah langkah penting dalam pendidikan dan pengasuhan yang efektif. 

Ini membantu menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan tiap individu.

Setiap anak adalah individu dengan minat dan bakat yang unik. Penting untuk mengenali perbedaan ini dan tidak menggeneralisasi atau memaksakan minat tertentu. 

Cobalah untuk mengaitkan minat anak dengan pembelajaran. 

Misalnya, jika mereka suka bermain game komputer, carilah cara untuk mengintegrasikan konsep matematika atau sains ke dalam permainan.

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Si Buah Hati di Lister 

Jangan lewatkan fase keemasan tumbuh kembang anak! Lister menghadirkan Kursus English for Kids dengan materi dan tutor yang telah disesuaikan. Pembelajaran dijamin fun dan cocok untuk anak-anak.

Follow Instagram Lister untuk mengetahui promo menarik dan informasi belajar bahasa asing lainnya.

Di Lister students dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.     

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh gpointstudio di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.

Click Here

Thank you!

Kode Diskon akan segera dikirimkan Tim Student Success ke Nomor WhatsApp Anda.