Belajar Bahasa Jepang dalam Sekejap, Bisakah? Tiru Tipsnya!

belajar bahasa jepang

Les Bahasa Jepang – Belajar bahasa Jepang bukan sesuatu yang sulit, tetapi butuh pengorbanan dan dedikasi yang tinggi. Sama seperti belajar bahasa lain, berlatih adalah kunci sukses belajar bahasa Jepang.

Namun, sebelum melangkah lebih jauh pahami dulu apa alasan yang menjadi tujuan kamu saat belajar bahasa Jepang. Hal ini akan membantu kamu agar tetap konsisten meski rintangan menghadang.

Baca juga: Cara Mudah Belajar Huruf Jepang: Hiragana, Kanji, Katakana

Tujuan setiap orang saat mulai belajar bahasa Jepang tentu berbeda-beda. Biasanya ada dua tujuan yang dipilih seperti untuk sekolah/kuliah di Jepang atau bekerja di Jepang. Mempelajari bahasa Jepang membantu memahami budaya yang akan memungkinkan kamu meningkatkan pemahaman kamu tentang semua aspek dari salah satu budaya paling unik di dunia.

Tentukan Ragam Bahasa Jepang

Bahasa Jepang terbagi atas dua bentuk, yaitu Hyoujungo (pertuturan standar) dan Kyoutsugo (pertuturan umum).

Hyoujungo adalah bahasa baku Jepang yang diajarkan di sekolah formal, sedangkan Kyoutsugo adalah bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Nah, sebelum mempelajari bahasa Jepang secara lebih detail, sebaiknya kamu memilih untuk memfokuskan diri akan belajar di bagian apa. Misalnya, kamu memilih untuk mempelajari sesi verbal dalam jangka waktu tertentu, lalu dilanjutkan bagian tulisan, dan di part terakhir kamu bisa memaksimalkan keduanya.

Pada artikel ini, kamu bisa pelajari tips belajar bahasa Jepang secara lebih detail, fellas. Simak yuk!

siswa belajar bahasa jepang
Belajar bahasa Jepang untuk sekolah.

Cara Belajar Bahasa Jepang

Mempelajari suatu bahasa memang hal yang tidak mudah dilakukan, sehingga wajar kamu berbangga diri jika bisa menguasai suatu bahasa asing. Meskipun sulit dan membutuhkan dedikasi tinggi untuk mencapi level tertentu, tapi beberapa cara ini bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan proses belajar kamu. Kamu bisa lebih cepat menguasai bahasa tersebut.

Berikut ini metode belajar bahasa Jepang bagi pemula.

Mendengarkan Lagu Berbahasa Jepang

Setelah terbiasa mendengarkan bahasa Jepang, maka selanjutnya adalah belajar untuk mengucapkannya.

Ketika kita sudah benar-benar paham dan peka akan kalimat-kalimat berbahasa Jepang, ada baiknya kita perlahan mencoba untuk mengucapkannya. Mulai dari kalimat yang paling mudah, hingga  yang sulit.

Lama-kelamaan, apa yang kita pelajari dan kita praktikkan tersebut akan dengan mudah terserap dalam otak dan kita akan memahami bahasa Jepang dengan cepat.

Membaca Manga

Langkah selanjutnya adalah banyak membaca kalimat bahasa Jepang, karena dengan banyak membaca berarti banyak yang kita tahu. Ya, inilah salah satu cara cepat belajar bahasa Jepang. Dengan membaca bacaan bahasa Jepang, kita akan tahu bagaimana susunan kalimat-kalimat bahasa Jepang.

Membaca artikel berbahasa Jepang ini tentu dapat membantu kita dalam menyempurnakan teknik membaca kamu dalam bahasa Jepang dengan cepat. Selain artikel, cobalah untuk membaca buku manga tanpa bantuan. Namun hal ini tergantung pada level bahasa Jepang yang kamu kuasai, ini mungkin sulit jika kamu masih memiliki level bahasa Jepang yang sangat rendah.

Supaya lebih cepat dan lebih berkembang lagi, kamu bisa mengkombinasikannya antara membaca dengan mendengarkan yaitu dengan bantuan media televisi ataupun film yang memiliki subtitle berbahasa Jepang.

Menonton Dorama atau Anime

Jika kamu penyuka budaya Jepang maka kamu pasti mengetahui anime Jepang seperti One Piece, Naruto, Basara, dan masih banyak lagi. Anime Jepang memang hiburan yang menarik dan layak ditonton karena memiliki kualitas yang bagus.

Selain menarik untuk ditonton, anime Jepang bisa menjadi salah satu cara cepat belajar bahasa Jepang. Dengan menonton anime Jepang ini, kamu akan senantiasa terbawa alur cerita yang menarik hingga akhirnya menarik minat kamu untuk mempelajari dan memahami bahasanya.

Menonton anime akan membuat kamu familiar dengan kosakata Jepang. Sedikit-sedikit kamu akan ikut-ikutan melafalkan beberapa kosakata yang ada di dalam anime.

Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, bukan? Begitupula halnya dengan mempelajari bahasa Jepang ini.

Menonton Film Berbahasa Jepang

Banyak orang baru paham jika mereka terbiasa mendengarkan terlebih dahulu. Apakah kamu tipe orang seperti itu? Jika demikian, mendengarkan kalimat bahasa Jepang merupakan cara selanjutnya dalam belajar Bahasa Jepang.

Selain menonton anime, kamu bisa mulai dengan menonton film ataupun serial Jepang agar dapat memahami percakapan Bahasa Jepang sehari-hari, fellas.

Pasalnya, dengan sering-sering mendengarkan kalimat berbahasa Jepang, lambat laun kamu akan memahami tata bahasa, pengucapan, serta kosakata yang biasa dilafalkan oleh orang Jepang.

Kebanyakan orang merasa kesulitan untuk melafalkan bahasa Jepang. Maka dari itu, awali pembelajaran dengan mendengarkan bagaimana orang-orang Jepang berbicara. Cukup mudah, kan?

Memiliki Partner Belajar

Cara yang terakhir adalah dengan menemukan partner belajar yang tepat dan saling mendukung. Terkadang perjalanan menuju target atau tujuan yang kita inginkan tidak semudah yang kita kira. Di sinilah peran seorang partner sangat dibutuhkan.

Apakah kamu sering bermain media sosial? Cobalah untuk mengajak teman-teman di dunia maya belajar bahasa Jepang bersama.

“Saya ingin belajar secara otodidak saja, kak.”

Namun, belajar bahasa asing secara otodidak juga memiliki beberapa kekurangan yang harus diperhatikan, seperti:

  • Tidak mendapatkan bimbingan dari para ahli. Berbeda halnya ketika ikut kursus, tentu kita akan diarahkan oleh para tutor yang handal sehingga kita bisa lebih cepat memahami materi.
  • Tidak memiliki kurikulum yang jelas yang dapat membuat pembelajaran kita menjadi lebih terarah.
  • Tidak memiliki sertifikat sebagai bukti bahwa kita memiliki keterampilan berbahasa asing.

Materi Pelatihan Bahasa Jepang

Bahasa Jepang untuk Pemula

Materi pelatihan belajar bahasa Jepang untuk pemula biasanya akan dimulai dari tahap perkenalan, pola kalimat, perbandingan, kata petunjuk, kata sifat, keberadaan, hingga partikel. Untuk lebih detail, kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Judul dalam setiap pertemuan akan terdiri dari kosakata, tata bahasa, huruf kanji, pengucapan, percakapan, membaca, dan menulis dalam bahasa Jepang.

  • Perkenalan diri
  • Meminta petunjuk arah
  • Kayamanan di toko dan restoran
  • Makanan dan minuman
  • Mengatur waktu
  • Meminta izin
  • Membuat permintaan
  • Transportasi
  • Kesan
  • Rencana dan aktivitas
  • Bersoasialisasi
  • Undangan

Belajar Huruf Jepang

Perlu diketahui, bahasa Jepang memiliki tiga jenis huruf: Hiragana, Katakana dan Kanji. Ketika kamu memutuskan untuk belajar bahasa Jepang, kamu pasti akan belajar huruf-huruf Jepang juga, fellas.

Hiragana dan Katakana merupakan simbol fonetik, setiap hurufnya mewakili penyebutan satu suku kata. Kanji adalah ideogram, yang dipakai untuk menggambarkan makna dari setiap ujaran. Untuk lebih detailnya, kamu bisa membaca artikel pembahasan tentang cara mudah belajar huruf Jepang.

Tempat Les Bahasa Jepang

Kursus Bahasa Jepang Lister

Tips belajar bahasa Jepang di atas bisa kamu coba praktikkan, fellas. Meski begitu, belajar bahasa asing memang bukan sebuah hal yang mudah apalagi dilakukan secara otodidak. Kamu mesti mengikuti kelas bahasa Jepang agar strategi belajar kamu tetap terarah.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu mengambil kelas bahasa Jepang. Salah satunya yaitu kamu akan mendapatkan informasi dan masukan-masukan yang sesuai dengan cara belajar kamu dari para tutor profesional. Kemajuan perkembangan belajar kamu juga akan dimonitori oleh tutor yang mengajar di kelas, sehingga kamu dapat fokus kepada materi yang kurang dikuasai.

Namun mengikuti kelas bahasa Jepang memang bukan investasi yang murah, tentunya kamu ingin memilih lembaga paling cocok agar investasi yang kamu keluarkan tidak sia-sia.

Beberapa kelebihan program kursus bahasa Jepang di Lister diantaranya adalah adanya private tutor, fleksibel, kualitas premium, dan masih banyak lagi. Gabung kelas bahasa Jepang Lister sekarang!

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo Ramadan 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.