Talkative Artinya: Pengertian dan Cara Jadi Salah Satunya

Kursus General EnglishTalkative artinya apa? Pertanyaan ini mungkin pernah melintas saat kamu melihat kata tersebut di tulisan atau mendengarnya dalam percakapan.

Kalau kamu seseorang yang cenderung pendiam, bisakah kamu menjadi lebih talkative? Cari tahu penjelasannya. 

Talkative Artinya Apa?

Talkative artinya suka berbicara. Talkative person artinya orang yang banyak bicara. Mereka selalu siap terlibat dalam pembicaraan dan cenderung selalu menikmati percakapan.

Talkative sendiri merupakan kata sifat (adjective). Bentuk kata keterangan (adverb) adalah talkatively, sedangkan bentuk kata benda (noun) adalah talkativeness.

Seperti yang dijelaskan dalam Merriam-Webster, talkative memiliki sinonim berikut ini.

  • blabby, chatty, conversational, gabby, garrulous, loquacious, motormouthed, mouthy, talky

Sementara itu antonimnya adalah berikut ini.

  • closemouthed, laconic, reserved, reticent, taciturn, tight-lipped, uncommunicative

Contoh Kalimat

  • The once talkative man barely uttered a line.
  • One of the investigators was talkative, bantering about this or that, while the other stood masked and silent in the entryway.
  • In their last visit, the man wasn’t very talkative.

Baca juga: 25+ Singkatan Bahasa Inggris, Bikin Kamu Makin Gaul

5 Tips Menjadi Lebih Talkative

Tidak semua orang terlahir menjadi talkative. Namun sikap tersebut sering diasosiasikan dengan orang yang ramah dan aktif.

Tahukah kamu sifat talkative dapat dilatih? Coba tips yang dijelaskan Social Self berikut ini.

Bersikap ramah

Saat seseorang memilih diam, bisa jadi disalahartikan sebagai tidak suka dengan lawan bicaranya. Hal ini bisa membuat orang menjauh.

Cobalah bersikap ramah. Tidak harus melalui kata-kata, bisa juga melalui ekspresi wajah dan gestur yang terbuka.

Basa-basi

Cara mudah menjadi lebih aktif terlibat dalam percakapan adalah dengan basa-basi (small talk). Carilah topik yang ringan untuk dibahas.

Setelah mereka menjawab, biasanya mereka akan bertanya balik. Ini kesempatanmu untuk terlibat dalam percakapan.

Perlahan-lahan kamu dapat menanyakan hal yang lebih pribadi, tetapi tetap dalam kadar yang sopan.

Contohnya, awalnya kamu dapat bertanya, “How was your weekend?” Setelah dijawab, kamu dapat bertanya lebih lanjut, “That’s interesting. I didn’t know before that you have such an interesting hobby!

Latihan

Kamu dapat berlatih bercakap-cakap dalam situasi sehari-hari. Misalnya saat bertemu sesama penumpang di dalam bus atau mengobrol dengan pegawai rumah makan.

Bertanya

Salah satu latihan yang mudah adalah mengajukan pertanyaan kepada orang lain. Contohnya bertanya kepada barista, “Can you recommend me any good coffee?” Pertanyaan semacam ini bisa memancing percakapan yang panjang.

Berikan jawaban panjang

Cobalah memberikan jawaban yang lebih panjang daripada sekadar yes / no. Misalnya saat seseorang bertanya, “How was your weekend?” Kamu dapat menjawab, “It was great. I took part in a marathon on Sunday. I have prepared for the event for months.

Kursus General English Buat Kamu Makin Percaya Diri

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus General English di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!