Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Talent Pool adalah: Arti dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

talent pool adalah

Kemampuan berbahasa asing akan membuat kamu semakin dilirik perusahaan. Untuk itu, kamu bisa mengikuti kursus bahasa asing untuk karyawan di Lister for Company.

Jika kemampuanmu menonjol, bukan tidak mungkin tim HR perusahaan akan tertarik memasukkan profilmu dalam database mereka yang disebut dengan talent pool.

Apa itu talent pool? Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Talent Pool adalah

Talent pool disebut juga dengan pangkalan bakat. Talent pool merupakan database yang mengumpulkan profil kandidat berbakat dan berkualitas.

Database ini berisi informasi tentang identitas, keahlian, posisi yang bisa mereka isi, soft skill, dan kecocokan dengan kultur perusahaan.

Talent pool digunakan sebagai salah satu sumber perekrutan. Cara ini digunakan untuk mendapatkan karyawan terbaik yang ada di pasar tenaga kerja.

Kandidat yang masuk dalam talent pool adalah mereka yang memiliki kualifikasi tinggi, kompeten, serta memiliki keterampilan khusus yang menonjol dibandingkan karyawan lain.

Mereka umumnya sudah menunjukkan minat bergabung dengan perusahaan. Namun mereka tidak direkrut karena dinilai belum tepat untuk posisi yang dibutuhkan.

Profil kandidat tersebut juga bisa diperoleh dari rekomendasi karyawan, jejaring, LinkedIn, job fair, dan lain-lain. Kandidat pasif juga bisa masuk dalam talent pool.

Mengapa banyak HR menggunakan sistem talent pool? Talent pool menjadi sumber rekrutmen yang dapat dimanfaatkan.

Saat ada lowongan di perusahaan, tim HR sudah mempunyai rekomendasi kandidat yang sesuai. Mereka bisa langsung direkrut tanpa harus melalui proses seleksi yang panjang.

Manfaat Memiliki Talent Pool

Apa saja keunggulan memiliki database talent pool? Berikut ulasannya.

1. Mendekati Kandidat Pasif

Dengan talent pool, tim HR bisa mengumpulkan kandidat potensial walaupun mereka masih bekerja di perusahaan lain. Tim HR juga dapat menargetkan kandidat secara lebih tepat.

Dengan mengetahui profil kandidat, tim HR dapat mempelajari cara yang paling tepat untuk mendekati kandidat. Dengan demikian kandidat akan mengalami pengalaman rekrutmen yang lebih baik dan lebih tertarik menerima tawaran kerja.

2. Mengoptimalkan Proses Rekrutmen

Dengan adanya database talent pool, kecepatan rekrutmen dapat ditingkatkan. Sebabnya proses rekrutmen tidak dimulai dari nol, tetapi langsung ke tahap wawancara dan penawaran.

Selanjutnya biaya rekrutmen dapat ditekan, karena tim HR sudah mempunyai kumpulan kandidat sendiri.

3. Meningkatkan Kualitas Karyawan

Dengan adanya talent pool, tim HR dapat mempelajari kandidat dengan potensi yang menonjol bahkan sebelum lowongan dibuka. Tim HR dapat langsung memperkirakan posisi yang cocok untuk kandidat tersebut.

Dengan begitu, akan membuka kesempatan kandidat mengisi posisi yang tepat sesuai dengan kualifikasinya.

Contoh Talent Pool

Banyak perusahaan sudah menerapkan sistem perekrutan menggunakan talent pool. Tak terkecuali di pemerintahan.

Contohnya adalah talent pool aparatur sipil negara (ASN). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengadakan kegiatan talent pool untuk memetakan dan menilai potensi serta kompetensi pegawainya.

Selain Kemen-PANRB, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga mengadakan kegiatan serupa. Tujuannya adalah memilih komisaris dan direksi perusahaan negara yang mumpuni.