Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

8 Tahap Metode Ilmiah untuk Penelitian, Begini Contohnya

Metode ilmiah

Program Lister – Beberapa profesi seperti akademisi, peneliti, pendidik, maupun profesional lainnya membutuhkan pengetahuan, wawasan, serta keterampilan dalam memahami dan menghasilkan metode ilmiah. Seperti apa penjelasannya? Simak artikel di bawah ini.

Pengertian Metode Ilmiah

Metode ilmiah adalah rangkaian pengamatan yang tentu saja terus menggabungkan, menyusun, dan menghasilkan berbagai teori yang dapat menjelaskan dan memprediksi fenomena. Tentu saja, ada beberapa kondisi dan langkah yang harus kamu pahami.

Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan metode ilmiah.

Syarat dan Langkah (Urutan) Metode Ilmiah

Sebelum melangkah, baiknya pahami syarat-syaratnya terlebih dulu.

Syarat-Syarat Metode Ilmiah

Fakta

Setiap tahap metode ilmiah harus ditangkap oleh akal atau memiliki data yang terbukti dan telah menjadi kenyataan.

Analitis

Lebih baik setiap metode dijelaskan lebih rinci hingga setiap metode terkait.

Tanpa prasangka

Setiap langkah metode ilmiah harus mengarah pada hasil yang sesuai dengan keadaan. Meskipun ada hipotesis, tidak jauh dari fenomena yang ada.

Konsisten

Rumusan masalah tidak akan berubah sampai masalah itu terpecahkan.

Tujuan

Harus diukur secara objektif, tanpa pengaruh dari sudut pandang sendiri.

Operasional

Sebagai pedoman dalam melaksanakan suatu kegiatan atau penelitian.

Sistematis

Upaya menggambarkan dan merumuskan metode harus teratur dan logis. Dengan demikian, suatu sistem terbentuk secara utuh, runtut, terpadu, dan dapat menjelaskan serangkaian sebab akibat dalam hubungannya dengan objek tersebut.

Close up hand writing on notebook top view Free Photo

Langkah-Langkah Metode Ilmiah

Merumuskan masalah

Memahami fenomena permasalahan yang dapat diangkat

Hipotesis

Membuat dugaan sementara.

Menetapkan variabel penelitian

Antara lain variabel bebas, variabel tetap, dan variabel terikat/dependen.

Menetapkan SOP pekerjaan

Urutan langkah kerja singkat tetapi dapat menggambarkan pekerjaan yang harus dilakukan secara akurat. Sebaiknya langkah-langkah kerja dilakukan dalam bentuk flow chart.

Mengumpulkan data

Fenomena yang terjadi selama percobaan harus segera dicatat untuk mendapatkan data secara akurat.

Mengolah serta menganalisis data

Data dapat diolah dalam bagan/grafik, menunjukkan bagaimana variabel dependen berubah dalam menanggapi perubahan variabel independen.

Membuat kesimpulan

Ketika menarik kesimpulan, perlu diputuskan apakah data yang dikumpulkan mendukung hipotesis atau sebaliknya.

Mengkomunikasikan hasil penelitian

Sosialisasikan hasil penelitian kepada khalayak umum karena sangat penting agar hasil penelitian dapat diketahui orang lain.

Contoh Metode Ilmiah

Berikut contoh metode ilmiah dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang bisa kamu pahami.

Contoh Metode Ilmiah Bahasa Indonesia

Analisis Jalur Pendidikan yang Mendukung Perkembangan Pelajar di Indonesia

Pendahuluan

Sampai baru-baru ini, langkah-langkah akuntabilitas sekolah di Indonesia lebih berfokus pada hasil penilaian daripada apa yang siswa lakukan setelah mereka meninggalkan sekolah atau perguruan tinggi. Namun langkah-langkah tujuan semakin dipandang sebagai alat utama dalam menilai bagaimana sekolah mempersiapkan siswa mereka untuk transisi yang sukses ke tahap pendidikan, pelatihan, atau ke pekerjaan di masa mendatang.

Penelitian sedikit terbatas di masa lalu karena kurangnya ketersediaan data. Namun data terkait terbaru dari Departemen Pendidikan menawarkan kesempatan untuk memeriksa hubungan antara pendidikan siswa dan tujuan mereka. Penelitian ini menyelidiki khususnya bagaimana kualifikasi dan jalur yang berbeda mendukung perkembangan siswa.

Metode

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif

Hasil

Temuan kami menunjukkan efek signifikan secara statistik dari jalur pendidikan menengah. Setelah mempertimbangkan karakteristik siswa dan sekolah, jalur kejuruan di pendidikan menengah yang lebih rendah mengarah pada kemajuan yang lebih tinggi ke tujuan apa pun (pendidikan, pekerjaan, atau pelatihan) daripada jalur lain di antara siswa dengan prestasi rendah.

Namun ketika tingkat pencapaian siswa meningkat mereka yang mengikuti jalur akademis atau sebagian besar akademik memiliki perkembangan yang lebih tinggi daripada mereka yang berada di jalur kejuruan atau sebagian besar jalur kejuruan. Siswa sekolah menengah atas pada jalur kejuruan terlepas dari pencapaian sebelumnya lebih kecil kemungkinannya dibandingkan dengan jalur akademik untuk maju ke tujuan yang berkelanjutan.

Kesimpulan

Jalur pendidikan di sekolah Indonesia pada dasarnya dimulai sejak sekolah menengah dan pemilihan jalur pendidikan ini akan berguna untuk kelanjutan jenjang pendidikan yang dipilih oleh para pelajar.

Referensi

Referensi berdasarkan sumber terkait.

Contoh Metode Ilmiah Bahasa Inggris Singkat

Stripped for Parts

Sustaining a dead body until its organs can be harvested is a tricky process requiring the latest in medical technology. But it’s also a distinct anachronism in an era when the medicine is becoming less and less invasive. Fixing blocked coronary arteries, which not long ago required prying a patient’s chest open with a saw and spreader, can now be accomplished with a tiny stent delivered to the heart on a slender wire threaded up the leg. Exploratory surgery has given way to robot cameras and high-resolution imaging. Already, we are eyeing the tantalizing summit of gene therapy, where diseases are cured even before they do damage. Compared with such microscale cures, transplants—which consist of salvaging entire organs from a heart-beating cadaver and sewing them into a different body—seem crudely mechanical, even medieval!

IMG 20211011 WA0003