Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Story Telling Bahasa Inggris: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Story telling bahasa Inggris

Apakah kamu salah satu penikmat sebuah cerita? Mempelajari jenis-jenis cerita atau story telling bahasa Inggris akan sangat berguna untuk menambah perbendaharaan kata asing juga lho. Tahukah kamu, selain story telling yang ditujukan untuk anak-anak sebagai teman tidur, ia juga tersedia untuk menunjang sebuah bisnis perusahaan dan bahkan untuk melamar pekerjaan. Nah, jika kamu berhasil menguasai materi storytelling bahasa Inggris ini, sudah kebayang banyaknya wawasan bahasa Inggris yang akan kamu dapat?

Namun, bergabung di Kursus Bahasa Inggris Lister juga bisa menjadi solusi yang layak kamu pertimbangkan.

blogpost inggris beasiswa

Ada banyak hal tentang story telling yang perlu kamu ketahui, cek selengkapnya di artikel ini!

Story Telling

Menurut laman storynet.org, Storytelling is the interactive art of using words and actions to reveal the elements and images of a story while encouraging the listener’s imagination.

Jenis story telling

Story telling for motivation letter
Inilah yang bisa kamu lakukan untuk membuat story telling di motivation letter: awali surat lamaran dengan kisah sukses dalam pekerjaan (magang atau sukarelawan). Buktikan bahwa kamu memiliki kemampuan, dorongan, dan tekad melalui anekdot atau cerita yang tak terlupakan. Paragraf pembuka berisi cerita dan kemudian di paragraf kedua kamu bisa memperkenalkan diri. Pada saat itu, majikan (semoga) ketagihan dan akan membaca surat lamaran sampai akhir – dan mengira kamu adalah seorang bintang.

Baca juga: Contoh Story Telling dalam Motivation Letter

Story telling for business

Menurut laman indeed.com, storytelling for business adalah proses menceritakan sebuah kisah, daripada membuat daftar fakta, saat berkomunikasi dengan pelanggan saat ini atau calon pelanggan. Ini membantu bisnis menonjol dari pesaing mereka, menyediakan pelanggan mereka dengan alur cerita di mana mereka akan mengingat mereka. Cerita dalam bisnis membantu merek besar terhubung dengan pelanggan dengan cara yang lebih dalam dan lebih bermakna.

Dengan membuat bisnis lebih menarik, pelanggan lebih cenderung memilih merek itu. Mendongeng dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dari semua jenis. Ini dapat digunakan untuk menjelaskan detail teknis atau untuk menunjukkan mengapa pelanggan harus memilih merek. Bercerita dalam bisnis mengabaikan detail yang tidak relevan dengan keputusan pelanggan saat memilih bisnis.

Sebaliknya, sebuah cerita mencakup detail seperti faktor motivasi tim, nilai dan moral yang dipegang oleh bisnis, pemahaman tentang pelanggan dan alur kronologis detail dan informasi yang mengarahkan pelanggan melalui sebuah cerita. Bercerita menceritakan dan menunjukkan kepada pelanggan bahwa bisnis lebih dari sekadar merek besar. Ini menunjukkan bahwa mereka memiliki cerita untuk diceritakan.

Story telling for kids

  • The Lion and the Mouse.
  • Count Wisely.
  • The Boy Who Cried Wolf.
  • The Fox and the Stork.
  • The Golden Touch.
  • The Milkmaid and Her Pail.
  • When Adversity Knocks.
  • The Proud Rose.

Contoh story telling bahasa inggris

Disney (Story telling marketing)

Disney, tentu saja, tidak asing dengan mendongeng, dan iklan untuk Disneyland Paris ini memamerkan keterampilan merek tersebut.

Ini adalah kisah mengharukan dari anak itik kecil yang menemukan buku komik Donald Duck dan menjadi terobsesi dengan pahlawan barunya. Tapi cuaca buruk mendekat dan itik dan keluarganya harus terbang, meninggalkan buku komik kesayangannya.

Keluarga tersebut mengalami malam yang dingin dan basah sebelum matahari muncul kembali dan mereka tiba secara tak terduga di Disneyland Paris, di mana anak itik disambut oleh Donald Duck.

Story Telling for Kids

Proud to be Rose.

Once upon a time there was a rose who was very proud of her beautiful looks. Her only disappointment was that she grew next to an ugly cactus. Every day, the rose would insult the cactus on his looks while the cactus stayed quiet. All the other plants in the garden tried to make the rose see sense, but she was too swayed by her own good looks.

One summer, the well present in the garden grew dry and there was no water for the plants. The rose began to wilt. She saw a sparrow dip her beak into the cactus for some water. Though ashamed, she asked the cactus if she too could have some water. The kind cactus readily agreed and they both got through the tough summer as friends.

Moral: Never judge someone by the way they look