Cara Membuat Puisi Bahasa Inggris, Gampang Banget!

lister blog mei 2022 cara membuat puisi bahasa inggris

Kursus Vocabulary Building – Apakah kamu penggemar puisi berbahasa Inggris? Yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat puisi versi kamu sendiri!

Untuk membuat puisi bahasa Inggris memang tidak ada aturan yang resmi. Namun, seperti halnya semua penulisan kreatif, terdapat beberapa struktur dapat membantu kamu sebagai langkah awal menciptakan puisi.

Simak beberapa cara membuat puisi bahasa Inggris, gampang banget!

Puisi Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, puisi disebut dengan poem atau poetry. Puisi merupakan salah satu bentuk penulisan kreatif.

Dikutip dari Writers, puisi adalah sarana ekspresi diri yang mengandung emosi dan bersifat liris. Puisi menggunakan berbagai elemen untuk menampilkan perasaan dan gagasan.

Tujuan puisi adalah membangkitkan perasaan si pembaca. Karakter lain yang menonjol dari puisi adalah sifatnya yang padat tetapi memiliki pengaruh yang kuat, sehingga pemilihan kata sangat penting.

puisi poem poetry

Elemen dalam Puisi

Ada beberapa elemen yang mendukung keindahan puisi.

Bunyi (Sound)

Bunyi dapat menimbulkan berbagai efek saat puisi dibaca, contohnya menekankan pesan yang penting atau menciptakan imajinasi melalui kata-kata. Efek bunyi dapat muncul dari penggunaan aliterasi, asonansi, dan konsonansi.

Berikut contoh puisi yang memanfaatkan penggunaan bunyi.

The Cold Wind Blows

Who knows why the cold wind blows
Or where it goes, or what it knows.
It only flows in passionate throes
Until it finally slows and settles in repose.

– Kelly Roper

Puisi di atas mengulang bunyi ose untuk menciptakan kesan embusan angin.

Ritme (Rythm)

Puisi bahasa Inggris menggunakan ritme agar memiliki kesan musikal. Ritme dalam puisi muncul melalui suku kata yang ditekankan dan repetisi.

Berikut contohnya.

Still I Rise

Leaving behind nights of terror and fear
I rise
Into a daybreak that’s wondrously clear
I rise
Bringing the gifts that my ancestors gave,
I am the dream and the hope of the slave.
I rise
I rise
I rise.

– Maya Angelou

Rima (Rhyme)

Rima dalam puisi juga menciptakan efek musikal, sehingga menarik didengar. Rima dapat muncul di bagian mana saja dalam puisi, tidak hanya di akhir baris.

Jabberwocky

One, two! One, two! And through and through
      The vorpal blade went snicker-snack!
He left it dead, and with its head
      He went galumphing back.

– Lewis Carrol

Bentuk (Format)

Salah satu hal yang paling membedakan puisi dengan penulisan kreatif lainnya adalah bentuknya. Puisi tidak menggunakan bentuk yang sama dengan prosa.

Bahkan bentuk puisi bisa jadi sangat acak, mulai dari pemenggalan kalimat yang tidak lazim, baris kosong, satu baris yang hanya terdiri dari satu kata, hingga penempatan kata untuk membuat bentuk tertentu di halaman.

Perbedaan lain yang mencolok adalah prosa menggunakan bentuk kalimat dan paragraf, sedangkan dalam puisi terdapat bait, baris, dan jeda baris. Umumnya, setiap bait dalam puisi menggunakan pola tertentu.

Ingin mulai belajar menulis puisi? Deretan puisi berikut dapat menjadi inspirasi buatmu! Simak artikel 25 Puisi Cinta Bahasa Inggris, Tulus dan Membekas di Hati.

puisi bahasa inggris

Cara Membuat Puisi Bahasa Inggris

Setelah mengetahui elemen-elemennya, saatnya mencoba membuat puisi dalam bahasa Inggris.

Banyak Baca Puisi

Jika kamu ingin menulis puisi, mulailah dengan banyak membaca puisi. Setelah selesai membaca, kamu bisa melakukan analisis puisi juga untuk melatih kepekaan emosi. Robert Frost, Walt Whitman, Edward Hirsch, Emily Dickinson, dan William Shakespeare adalah penyair-penyair yang bisa menjadi referensi.

Sering Mendengar Pembacaan Puisi

Ketika kamu sering mendengar pameran pembacaan puisi secara berkala, kamu akan lebih peka tentang cara menulis puisi yang dapat menggugah perasaan.

Mulai dari yang Kecil

Puisi pendek seperti haiku atau puisi berima sederhana lebih mudah dibuat daripada puisi epik naratif. Jangan salah, puisi pendek berima juga cukup menantang untuk dibuat, lho.

Terus Menulis

Jangan terlalu terobsesi menulis puisi yang sempurna. Jika kamu merasa hasil tulisanmu kurang maksimal, jangan menyerah. Teruslah menulis.

Setelah menyelesaikan puisi, baca ulang dari awal untuk menganalisis apakah tulisan tersebut sudah memuaskan atau belum. Kamu akan menemukan hal-hal yang perlu diperbaiki atau diubah.

Gunakan Diksi yang Indah

Gunakan kata-kata yang spesifik untuk menimbulkan imajinasi dalam benak pembaca. Kamu juga dapat menggunakan berbagai kiasan maupun idiom untuk memberikan kesan yang spesifik sesuai pesan yang ingin disampaikan.

Belajar Menulis Puisi Lewat Kursus Vocabulary Building!

Agar dapat menulis puisi yang indah, kamu memerlukan perbendaharaan kata yang banyak. Untuk itu, kamu dapat mengikuti Kursus Vocabulary Building di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.