Arti Step by Step Bahasa Inggris dan Contoh Penggunaannya

step by step

Kursus Vocabulary Building – Step by step adalah ungkapan yang digunakan untuk menunjukkan suatu proses yang dilakukan secara bertahap atau langkah demi langkah.

Arti Step by Step

Ungkapan ini berasal dari bahasa Inggris yang diterjemahkan sebagai langkah demi langkah. Dalam bahasa Indonesia, arti dari step by step dapat diterjemahkan menjadi:

  • secara bertahap
  • langkah demi langkah

Ungkapan ini sering ditemukan dalam teks yang menjelaskan rentetan peristiwa atau perintah. Contohnya resep masakan, metode penelitian, instruksi penggunaan, dan lain-lain.

Penggunaan Step by Step

Penggunaan ungkapan step by step sangat penting dalam berbagai teks yang menjelaskan kegiatan dengan rangkaian proses tertentu. Adanya penjelasan langkah demi langkah membuat teks tersebut menjadi lebih efisien dan lebih mudah dipahami.

Sinonim Step by Step

Kata lain yang dapat digunakan sebagai sinonim step by step adalah:

  • gradual
  • progressive
  • sequential
  • systematic

Kata-kata ini memiliki makna yang serupa dengan step by step, yaitu proses yang dilakukan secara bertahap dan berurutan.

Kata penghubung yang menunjukkan urutan banyak digunakan dalam esai atau jurnal ilmiah. Pelajari kata penghubung dan jenis-jenisnya dengan lengkap dalam artikel Transitional Words and Phrases, Penting dalam Academic Essay.

Contoh Penggunaan Ungkapan Step by Step dalam Percakapan

Berikut ini adalah contoh penggunaan ungkapan step by step dalam percakapan:

Sally:Amy, could you tell me how to make brownies? Amy, bisakah kamu memberitahuku cara membuat brownies?
Amy:Sure, just follow this recipe step by step. First, you have to prepare the ingredients. Then, mix all the ingredients until stirred well. Next, pour the dough into a baking tray which is smeared with butter. The last step, bake in the oven for 30 minutes.Tentu, ikuti saja resep berikut langkah demi langkah. Pertama, kamu perlu mempersiapkan bahan-bahannya. Lalu, campur semua bahan sampai rata. Selanjutnya, tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega. Langkah terakhir, panggang di dalam oven selama 30 menit.

Dari contoh di atas, ungkapan step by step digunakan untuk menjelaskan proses pembuatan kue brownies. Dengan cara ini, orang yang meminta bantuan dapat dengan mudah mengikuti proses pembuatan brownies secara efektif.

Resep dalam bahasa Inggris sering menggunakan ungkapan step by step karena membuat penjelasan lebih mudah dimengerti. Cari tahu contoh resep lainnya dalam artikel Resep Makanan dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya!

Kursus Vocabulary Building, Cara Kuasai Bahasa Inggris Lebih Mudah

Salah satu skill yang banyak diperlukan dalam era globalisasi adalah kemampuan berbahasa Inggris. Pemahaman grammar yang tepat dapat membantumu dalam penulisan, percakapan, hingga penggunaan bahasa Inggris yang benar.

Siapkan dirimu dengan mengikuti Kursus Vocabulary Building di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Hanifi Puspasari
Hanifi Puspasari
An English Literature student who loves writing, food, and travel.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.