Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Bentuk Verb Ing: Pengertian, Macam, dan Contoh Kalimatnya

lister blog juni macam dan contoh bentuk verb ing

Istilah tenses dalam bahasa Inggris memang sudah sering terdengar, bukan? Tenses dalam Bahasa Inggris berguna untuk mengetahui perubahan bentuk kata kerja di masa lampau, sekarang, dan masa depan.

Seperti verb -ing atau imbuhan -ing yang memiliki ciri-ciri sebuah kejadian yang sedang berjalan. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga: Begini Penjelasan Tipe Verb Bahasa Inggris!

Pengertian Verb Ing

Verb -ing adalah kata yang dibentuk dari bare infinitive (kata dasar) dan suffix (akhiran) -ing. Bentuk -ing digunakan sebagai present participle dan gerund.

Macam Present Participle dan Contoh Kalimatnya

Sebagai present participle, bentuk -ing dibedakan menjadi dua peran yaitu sebagai verb dan adjective. Sedangkan sebagai gerund, imbuhan -ing adalah noun. Contohnya adalah: swimming, walking, talking, annoying.

Rumus Present Participle

Present Continuous TenseSubject + am/is/are + V.ing + complement
Present Perfect Continuous TenseSubject + has/have + been + V.ing + complement

Pengertian Gerund

Gerund adalah kata yang dibentuk dengan kata kerja tetapi bertindak sebagai kata benda. Mereka sangat mudah dikenali, karena setiap gerund adalah kata kerja dengan ing yang ditempelkan di bagian belakangnya.

Contoh Kalimat Gerund

Ada beberapa contoh kalimat gerund yang bisa menjadi referensi belajar, diantaranya;

  • Swimming in the ocean has been Sharon’s passion since she was five years old. (Berenang di laut telah menjadi kegemaran Sharon sejak ia berusia lima tahun).
  • The ballerina taught us dancing. (Balerina mengajari kami menari).
  • Apologizing to me isn’t enough this time. (Meminta maaf kepada saya tidak cukup kali ini).
  • She is afraid of flying. (Dia takut terbang).
  • They are capable of doing hard work. (Mereka mampu melakukan kerja keras).

Itulah pembahasan tentang imbuhan verb-ing dan gerund yang bisa menjadi referensi belajar bahasa Inggris. Untuk mengetahui materi bahasa Inggris yang jauh lebih lengkap, kamu bisa bergabung di Program Grammar Lister. Kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja dengan tutor berpengalaman. Pilih kelas sesuai kebutuhan dan keingiann kamu. Daftar sekarang!