Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Simak Perbedaan Past dan Present Participle, Penting!

lister blog juni 2022 perbedaan past dan present participle

Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris, maka memahami grammar sangat penting. Sebab, bahasa ini memiliki aturan tata bahasa tersendiri yang mesti dipelajari dan dipahami untuk memudahkan dalam berkomunikasi.

Baca juga: Yuk Pelajari Regular dan Irregular Verb!

Pengertian Past dan Present Participle

Past Participle

Past participle adalah bentuk kata kerja yang diakhiri dengan –ed, -d, -t, -n ataupun –en dari ver dasar jika regular verb. Pada bentuk irregular verb, bentuknya tidak teratur.

Past participle memiliki dua fungsi yaitu sebagai kata sifat dan kata kerja. Dengan catatan: jika past tense adalah verb dan past participle bukanlah verb.

Sampai sini paham ya?

Present Participle

Lalu apa yang dimaksud dengan present participle?

Melansir laman Cambridge Dictionary, present participle adalah bentuk dari kata kerja yang dalam bahasa Inggris diakhiri dengan –ing. Mereka muncul setelah kata kerja lain untuk menunjukkan tindakan berkelanjutan. Present participle digunakan untuk membentuk present continuous.

Lalu, apa saja fungsi keduanya?

Fungsi Past dan Present Participle

Fungsi Past Participle

  • Sebagai kata kerja past participle selalu ditemani dengan bentuk dari to have (have, has, had). Past participle juga digunakan sebagai kata kerja dengan syarat sebelum kata past participle harus menggunakan auxiliary di depannya.
  • Sebagai kata sifat past participle harus berada di belakang to be ataupun untuk menjelaskan sebuah kata benda yang diletakan di depan kata benda.

Fungsi Present Participle

  • Sebagai kata kerja: present participle adalah komponen dari verb phrase dengan auxiliary verb untuk membentuk (perfect) continuous tense. Present participle digunakan untuk passive voice pada continuous tense. Contoh: He is smiling to you.
  • Sebagai kata sifat: present participle untuk menjelaskan noun. Adapula bentuk -ing sebagai noun disebut gerund. Walaupun sama-sama berbentuk -ing, namun penggunaan keduanya sangat berbeda. Contoh: It is an annoying rooster.

Demikian, penjelasan past dan present participle pada kata Bahasa Inggris. Yuk ikutan Kursus Grammar Lister dan pilih kelas sesuai dengan kebutuhan kamu. Dapatkan materi yang efektif untuk mempertajam kemampuan Bahasa Inggris yang kamu punya sekarang!