Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Apostrophe: Pengertian, Simbol, dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

lister blog juni simbol apostrophe dan fungsinya

Sering mendapati tanda seperti ini ( ‘ ) dalam sebuah teks?

Nah, itulah salah satu simbol tanda apostrof. Pastinya kamu sudah sering melihat penggunaan tanda apostrof pada kata-kata Bahasa Inggris? Biasanya tanda ini akan kamu jumpai di dalam kata kerja yang digunakan dalam sebuah kalimat.

Seperti yang kamu tahu, tanda ini merupakan tanda yang bersifat opsional sesuai dengan kondisi atau situasi yang sedang dihadapi.

Untuk memahami lebih lanjut, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Apostrophe

Apostrof adalah sebuah tanda baca (‘) yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah kata benda dalam pembuatan kalimat posesif.

Selain itu, juga berfungsi untuk menunjukkan penghapusan dari satu atau lebih huruf dari kata yang ada di dalam sebuah kalimat dan untuk menjamakkan suatu benda.

Simbol Apostrophe

apostrophe
freepik.com

Fungsi Apostrophe

  • Kepemilikan (possesive form): Sebuah apostrophe diletakkan setelah noun untuk menunjukkan bahwa kata benda tersebut memiliki sesuatu. Bdntuk kepemilikan tersebut lalu segera diikuti oleh noun yang dimilikinya. Contoh: Jane’s favorite class is English.
  • Penyingkatan (contraction):  digunakan pada saat berbicara dan menulis informal. Untuk membentuk contractionapostrophe diletakkan di posisi huruf yang dihilangkan. Contoh: I’m = I am
  • Menjamakkan (plural): tanda ini digunakan untuk menjamakkan atau membentuk bentuk jamak khususnya pada angka atau huruf. Contoh: That boy found ten a’s in the sentence.

Nah, itulah penjelasan tanda apostrof pada kata Bahasa Inggris. Yuk ikutan program Lister dan pilih kelas sesuai dengan kebutuhan kamu. Dapatkan materi yang efektif untuk mempertajam kemampuan Bahasa Inggris yang kamu punya sekarang!