Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Shitsurei Shimasu Artinya Apa? Penting dalam Etika Jepang!

Saat belajar bahasa Jepang, kamu akan menemukan ungkapan shitsurei shimasu yang sering diucapkan sehari-hari. Ungkapan ini menunjukkan sikap sopan-santun yang baik diterapkan di berbagai situasi.

Bagaimana cara menggunakan shitsurei shimasu dengan tepat?

Arti Shitsurei Shimasu

Shitsurei shimasu (失礼します) berarti “Permisi” atau “Maaf atas ketidaksopanan saya”. 失 berarti cacat dan 礼 berarti etika atau tata krama. Sementara itu します berarti melakukan. Secara harfiah, kanji tersebut berarti “melakukan sesuatu yang tidak sopan”.

Mengucapkan Shitsurei Shimasu

Kapan waktu yang tepat mengucapkan ungkapan ini? Kamu diharapkan mengucapkan shitsurei shimasu dalam situasi tertentu di kantor, sekolah, dan di ruang publik.

Kantor

Shitsurei shimasu adalah ungkapan sopan yang digunakan untuk menutup percakapan melalui telepon. Kamu dapat mengatakan, “ありがとうございました。失礼します。 (Arigatōgozaimashita. Shitsureishimasu./Terima kasih banyak. Permisi.)”

Kamu juga dapat mengucapkannya saat merasa akan melakukan sesuatu yang membuat orang lain tidak nyaman. Misalnya kamu meminta seseorang menunggu di sambungan telepon, kamu dapat mengatakan dalam bentuk lampau, “失礼しました。 (Shitsurei shimashita./Maaf.)”

Kamu juga perlu mengatakan ini saat hendak menginterupsi percakapan seseorang atau hendak masuk ke dalam ruangan atasan. Saat meninggalkan ruangan, kamu diharapkan mengucapkan shitsurei shimashita.

Mengetahui ungkapan ini penting dalam interview dengan orang Jepang untuk menunjukkan kesan yang baik.

Saat kamu pulang terlebih dahulu dibandingkan rekan kerja, kamu dapat pamit dengan mengatakan, “お先に失礼します。 (O saki ni shitsurei shimasu./Maaf saya pulang lebih dulu.)”

Sekolah

Anak-anak Jepang diajari tata krama sedari dini. Salah satunya adalah ungkapan shitsurei shimasu.

Murid sekolah di Jepang mengatakan frasa tersebut saat masuk atau keluar dari ruang kepala sekolah dan ruang guru. Mereka bahkan tidak akan diizinkan masuk sebelum mengucapkan permisi.

Lain-lain

Shitsurei shimasu juga dapat kamu katakan di ruang publik. Misalnya kamu tidak sengaja memotong antrian di supermarket, kamu dapat meminta maaf dengan ungkapan tersebut. Kamu juga bisa mengatakan すみません (sumimasen), tetapi shitsurei shimasu dianggap lebih sopan.

Contoh lainnya saat kamu bersendawa atau menguap di hadapan orang yang tidak dikenal. Jangan lupa meminta maaf dengan kata-kata tersebut.

conversation

Belajar Bahasa Jepang: Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister. Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu akan mendapatkan modul yang akan membantu proses belajar. Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!