Shachou Artinya Apa? Pahami saat Berbisnis di Jepang

Berbisnis atau bekerja dengan orang Jepang bisa jadi sedikit rumit jika kamu tidak terbiasa. Kamu diharapkan mengikuti sejumlah aturan dan tata krama yang menjadi ciri khas orang Jepang.

Ada banyak istilah dan nama jabatan yang penting untuk diketahui. Salah satunya adalah shachou. Apa artinya?

Shachou Artinya Apa?

Shachou adalah kata bahasa Jepang untuk presiden perusahaan, direktur, atau manajer. Dalam bahasa Inggris, dapat diartikan sebagai Chief Executive Officer (CEO).

Penulisan shachou yaitu 社長 ( しゃちょう). 社 berarti perusahaan atau kantor, sedangkan 長 berarti pemimpin.

Shachou menjadi atasan bagi direktur (取締役/torishimariyaku), manajer umum (部長/bucho), manajer (課長/kacho), ketua (係長/kakaricho), dan karyawan lainnya.

Memanggil Shachou dalam Percakapan

Dalam lingkup bisnis, rekan kerja saling memanggil dengan nama marga. Terlebih jika kamu tidak mengenal orang tersebut secara pribadi. Hal ini merupakan bagian dari keigo, ragam bahasa santun di Jepang.

Saat memanggil rekan kerja dalam percakapan, sebutkan nama marga lalu tambahkan –san. Panggilan ini berlaku untuk laki-laki dan perempuan.

Kata ini dapat disamakan dengan panggilan tuan, nyonya, atau nona. Contohnya jika seseorang memiliki nama marga Tanaka, kamu dapat memanggilnya Tanaka-san.

Namun jika seseorang memiliki jabatan, biasanya ia dipanggil bersama dengan jabatannya. Contohnya adalah Tanaka-shachou atau Taneda-bucho.

Contoh Kalimat

  • あの人は私たちの社長だから、それ相応に敬意を払わなければならない。 (Ano hito wa watashitachi no shachōdakara, sore sōō ni keii o harawanakereba naranai.) – Orang itu adalah presiden perusahaan kita, jadi kita harus menghormatinya.
  • 社長は現実的なタイプの人だ。 (Shachō wa genjitsu-tekina taipu no hitoda.) – Presiden perusahaan adalah tipe orang yang realistis.
  • 重役会は彼を社長にした。 (Jūyakkai wa kare o shachō ni shita.) – Dewan menunjuknya menjadi presiden perusahaan.
  • 我々は就労時間について社長と交渉した。 (Wareware wa shūrō jikan ni tsuite shachō to kōshō shita.) – Kami bernegosiasi dengan presiden perusahaan tentang jam kerja.
  • 彼には社長になれるような力量はない。 (Kare ni wa shachō ni nareru yōna rikiryō wanai.) – Dia tidak memiliki kemampuan untuk menjadi presiden perusahaan.
  • 私は社長に会いたいのです。 (Watashi wa shachō ni aitai nodesu.) – Saya ingin bertemu presiden perusahaan.

Belajar Bahasa Jepang: Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister. Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu akan mendapatkan modul yang akan membantu proses belajar. Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

kelas bahasa inggris di solo

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.