Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Sejarah Ibu Kota Italia: Mitos, Perang, dan Roma Modern

lister blog april 2022 sejarah ibukota italia mitos perang roma

Tertarik kuliah atau bekerja di Italia? Saatnya kamu mempersiapkan diri! Kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Italia sebagai awal mula.

Apakah kamu berminat mengunjungi ibu kota Italia? Maka kamu wajib mengetahui sejarah menarik di balik kota Roma yang kita kenal saat ini.

Ibu Kota Italia

Roma adalah ibu kota Italia. Roma juga menjadi ibu kota Provinsi Roma di Lazio Regione.

Roma terletak di pusat Semenanjung Italia, yakni di tepi Sungai Tiberius, sekitar 24 kilometer dari Laut Tirenia.

Di dalam kota Roma, terdapat kota Vatikan yang menjadi negara terkecil di dunia. Vatikan menjadi satu-satunya negara yang berdiri di dalam kota.

Roma memiliki beberapa julukan, yakni Kota Tujuh Bukit, Kota Abadi, Caput Mundi (Ibu Kota Dunia), tempat lahir kebudayaan Kristen dan Peradaban Barat, serta pusat Gereja Katolik.

Sejarah kota Roma membentang 28 abad lamanya. Menurut mitologi Roma, kota tersebut berdiri sekitar 753 SM.

Selama tiga milenium, penduduk telah menghuni Roma. Roma merupakan salah satu kota tertua yang ditinggali masyarakat di Eropa.

Roma menjadi pusat berkembangnya Renaissance serta tempat lahir Baroque dan Neoklasik. Sejumlah seniman, pelukis, pemahat, dan arsitek memenuhi kota Roma dengan hasil karya mereka.

Sejarah Ibu Kota Italia

Sebelum Roma, tahukah kamu bahwa Italia pernah memiliki dua ibu kota yang berbeda? Berikut sejarahnya.

Turin

Penyatuan Italia ditetapkan pada 1861. Turin ditunjuk menjadi ibu kota negara. Saat itu Roma belum termasuk dalam batas negara Italia.

Paus Pius IX enggan menyerahkan kota Roma sebagai ibu kota Italia yang baru lahir. Maka dari itu Turin, ibu kota Kerajaan Sardinia terdahulu, ditunjuk menjadi ibu kota sementara.

Di bawah tekanan Kaisar Prancis Napoleon III yang bersekutu dengan Paus, pada 15 September 1864 sebuah perjanjian ditandatangani. Ibu kota dipindahkan dari Turin ke Firenze.

Firenze (Florence)

Modernisasi besar-besaran terjadi di Firenze saat ditunjuk menjadi ibu kota. Sejumlah bangunan dari abad ke-14 dihancurkan untuk membangun gedung pemerintahan. Istana Renaissance menjadi pusat kementerian dan kantor pemerintahan.

Namun pihak Italia melanggar perjanjian terhadap Napoleon III. Mereka melakukan serangan militer terhadap kawasan Kepausan.

Pada 1870, setelah Porta Pia diterobos paksa, Roma dikuasai. Sejak 1871, Roma menjadi ibu kota Italia.

Roma

Roma menjadi saksi bangkitnya fasisme yang dipimpin Benito Mussolini pada akhir 1922. Ia mendeklarasikan Kekaisaran Italia baru dan bersekutu dengan Nazi.

Setelah kehancuran masif akibat Perang Dunia II, Mussolini ditahan. Paus lalu mendeklarasikan Roma sebagai kota terbuka. Sejak saat itu, Roma menyambut era modern.

Pantheon, Rome
Pantheon, Rome.

Mitos Berdirinya Roma

Terdapat sebuah mitos Roma kuno yang sangat terkenal, yaitu tentang bagaimana kota tersebut berdiri.

Menurut legenda, saudara kembar Romulus dan Remus disusui serigala betina. Keduanya membangun sebuah kota saat dewasa.

Namun Romulus dan Remus berseteru. Dalam konflik tersebut, Romulus membunuh saudaranya dan mengklaim kota tersebut dengan namanya.

Destinasi Wisata Roma

Roma adalah salah satu kota yang paling banyak dikunjungi turis di seluruh dunia. Di sini kamu akan menemukan banyak bangunan bersejarah dan keagamaan.

Koloseum

Belum ke Roma rasanya kalau belum mengunjungi Koloseum. Didirikan pada 70-80 M, bangunan bersejarah itu disebut juga Amfiteater Flavia.

Pada masa Kekaisaran Roma, Koloseum biasa digunakan sebagai sarana turnamen gladiator dan hiburan lainnya. Koloseum dapat menampung 80 ribu orang.

Piazza San Pietro

Kamu dapat berwisata keagamaan di kota Vatikan, salah satunya adalah Piazza San Pietro yang menjadi saksi sejumlah peristiwa sejarah penting.

Lapangan bundar tersebut dibingkai dua kolom besar yang dihiasi patung-patung tokoh bersejarah. Di sini juga terdapat Basilica di San Pietro yang megah, dirancang langsung oleh Michelangelo dan Bernini.

Pantheon

Pantheon adalah salah satu bangunan Roma kuno yang menjadi daya tarik wisatawan. Didirikan pada 118 M, Pantheon dulunya merupakan kuil persembahan untuk Agrippa.

Trevi Fountain, Rome
Trevi Fountain, Rome.

Air Mancur Trevi

Ratusan orang mengunjungi Air Mancur Trevi setiap harinya. Air mancur tersebut dibangun pada 1762 oleh Nicola Salvi sebagai persembahan kepada Dewa Oceanus. Tampak patung sang dewa mengendarai kereta perang yang ditarik kuda laut dan Triton.

Terdapat tradisi melemparkan koin ke dalam kolam dari balik bahu sambil memohon keberuntungan.

Castel Sant’angelo

Castel Sant’angelo disebut juga Mausoleum Hadrian. Bangunan ini merupakan benteng sekaligus kastel berbentuk bundar. Dulu, Castel Sant’angelo sempat menjadi gedung tertinggi di seluruh Roma.

Dibangun pada 129 M, kastel ini awalnya merupakan mausoleum untuk Kaisar Hadrian. Seiring berjalannya waktu, Castel Sant’angelo menjadi bagian dari Kota Vatikan.

Sebuah koridor yang menghubungkan kastel tersebut dengan Basilica di San Pietro dibangun, yakni disebut dengan Passetto di Borgo.

Trastevere

Di sini kamu dapat merasakan kehidupan masyarakat Roma yang sesungguhnya. Trastevere terletak di sebelah barat Sungai Tiberius, tepatnya di bangsal ke-13 Roma.

Trastevere dipenuhi restoran, kafe, dan bar yang berjajar di gang-gang sempit. Penduduk setempat bahkan dapat berteriak untuk memanggil tetangganya dari satu gedung ke gedung lain.