Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

10 Universitas di Italia: Mahasiswa Asing, Yuk Daftar!

lister blog april 2022 10 universitas di italia

Punya impian masuk universitas di Italia? Kamu dapat mewujudkannya sekarang juga! Salah satu persiapan yang wajib kamu lakukan adalah mengikuti Kursus Bahasa Italia.

Kualitas pendidikan universitas di Italia diakui banyak negara. Kalau kamu menempuh kuliah di sini, gelar yang kamu dapatkan akan diakui di Inggris, Prancis, Swedia, Denmark, dan masih banyak negara lain.

Tak hanya itu, pemerintah Italia sering menawarkan program beasiswa di universitas negeri. Sebelum mulai mendaftar, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu mana universitas terbaik di Italia.

1. University of Bologna (UNIBO)

University of Bologna adalah universitas tertua di dunia yang didirikan pada 1088. Saat ini, universitas tersebut memiliki 232 program. Sebanyak 84 di antaranya adalah program internasional, sebagian besar diantarkan dalam bahasa Inggris.

Beberapa subjek yang ditawarkan adalah Kedokteran, Matematika, Sains Murni, Ekonomi, Teknik, dan Filsafat. Universitas ini juga terkenal akan kegiatan risetnya. UNIBO memiliki lima kampus di seluruh Italia dan satu cabang di Buenos Aires.

2. Sant’Anna School of Advanced Studies (SSSA / Scuola Superiore Sant’Anna de Pisa)

Sant’Anna School of Advanced Studies adalah salah satu universitas negeri terbaik di Italia untuk mahasiswa internasional.

SSSA menjadi percontohan unggul sekolah pascasarjana di Italia. Kampus ini dikenal akan kegiatan risetnya dan proses masuk yang ketat.

Subjek yang ditawarkan kebanyakan berkaitan dengan Ilmu Sosial dan Sains Terapan. SSSA bertempat di Pisa, Tuscan.

3. Scuola Normale Superiore (La Normale)

Scuola Normale Superiore adalah universitas yang didirikan Napoleon pada 1810. Cita-cita pendirian kampus ini adalah menerbitkan calon guru yang akan mendidik anak bangsa.

Kini Scuola Normale Superiore menjadi universitas terdepan di bidang Pendidikan. Beberapa program yang ditawarkan yaitu Humaniora, Matematika, Sains, Ilmu Politik dan Sosial.

Proses penerimaannya ketat, tetapi mahasiswa yang diterima tidak perlu membayar uang kuliah. Kampus Scuola Normale Superiore terletak di Pisa dan Firenze.

4. Sapienza University of Rome (Sapienza)

Sapienza University adalah universitas bergengsi yang terletak di Roma. Sejak 1303, universitas ini telah mendidik sejumlah tokoh penting dalam sejarah, penerima Nobel, dan politisi Italia.

Subjek unggulan di universitas ini adalah Sejarah Klasik dan Kuno, Arkeologi, Biomedis, Sains, Humaniora, dan Teknik. Sapienza University juga dikenal karena memiliki perpustakaan sejarah, 18 museum, dan Sekolah Teknik Luar Angkasa.

bahasa italia
Bahasa Italia.

5. University of Padua (UNIPD)

University of Padua awalnya didirikan sebagai sekolah hukum dan teologi oleh sekelompok cendekiawan pada 1222. Mereka bercita-cita mendirikan kemerdekaan akademik.

Saat ini universitas tersebut memiliki 8 kampus dan 32 jurusan. UNIPD menjadi bagian dari Coimbra, yakni lembaga universitas riset internasional.

Terletak di Padua, UNIPD terkenal akan bangunan Abad Pertengahan, perpustakaan, museum, dan rumah sakit pendidikan yang dimilikinya.

Universitas ini juga mengelola Taman Botani Padua dan Observatorium Astronomi di Asiago.

6. Vita-Salute San Raffaele University (UniSR)

Vita-Salute San Raffaele University adalah universitas swasta yang fokus pada Kedokteran, Filsafat, dan Psikologi. Universitas ini banyak menghasilkan riset yang diterbitkan dalam jurnal internasional.

UniSR juga memiliki rumah sakit pendidikan, yakni Rumah Sakit Raffaele. Kuliah di sini diantarkan dalam bahasa Inggris.

7. University of Trento (UniTrento)

University of Trento awalnya didirikan sebagai sekolah Ilmu Sosial pada 1962. Fakultas Sosiologi pertama di Italia didirikan di sini.

Selain itu, subjek lain yang ditawarkan adalah Fisika, Matematika, Psikologi, Teknik Industri, Biologi, Ekonomi, dan Hukum.

8. University of Milan (UniMi / La Statale)

University of Milan merupakan salah satu universitas terbesar di Eropa. Universitas ini memiliki 10 fakultas, 33 jurusan, dan 53 pusat penelitian.

UniMi terkenal akan jurusan Sosiologi, Filsafat, Ilmu Politik, dan Hukum. Di kampusnya terdapat bangunan bersejarah, pusat pengarsipan, taman botani, dan Observatorium Astronomi Brera.

Dengan lebih dari 2.000 mahasiswa internasional, UniMi sangat diperhitungkan sebagai salah satu universitas riset ternama di dunia.

mahasiswa asing
Mahasiswa asing.

9. University of Milano-Bicocca (Bicocca / UNIMIB)

University of Milano-Bicocca yang bertempat di Milan dan Monza tergolong masih baru. Universitas ini menerapkan proses pembelajaran modern.

Beberapa subjek yang ditawarkan yaitu Sosiologi, Psikologi, Hukum, Sains, Ekonomi, Kedokteran dan Bedah, serta Ilmu Pendidikan.

UNIMIB dikenal atas kampusnya yang hijau dan ramah lingkungan. Selain itu, universitas ini juga mengelola Pusat Riset Bawah Laut di Maldives yang mempelajari biota laut, pariwisata, dan lingkungan.

10. Politecnico di Milano (PoliMi)

Polytechnic University of Milan adalah universitas teknik terbesar di Italia. Universitas ini menawarkan subjek Desain, Arsitektur, Teknik Sipil dan Struktur, Teknik Luar Angkasa, dan masih banyak lagi.

Selama berdiri, PoliMi sudah menghasilkan lebih dari 2.000 paten dan 700 penemuan.