Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kuliah di Italia Ternyata Nggak Mahal, Kok Bisa?

lister blog april 2022 kuliah di italia tidak mahal

Tertarik kuliah di Italia? Kemampuan menguasai bahasa setempat tentu menjadi wajib! Kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Italia sebagai awal mula.

Daya tarik Italia bagi turis mancanegara memang tak tertandingi. Namun tahukah kamu sejumlah universitas bergengsi dunia berada di Italia?

Jika kamu memutuskan melamar di salah satu universitas tersebut, kamu wajib mempersiapkan sejumlah hal. Berikut fakta tentang kuliah di Italia yang harus kamu ketahui sebelum berangkat.

Kuliah di Italia

Italia menjadi tujuan belajar ribuan mahasiswa asing setiap tahunnya. Mereka dengan cepat akan merasa betah dengan lingkungan, budaya, dan sistem pendidikan di negara tersebut.

Sebagai contoh, University of Rome Tor Vergata menawarkan sejumlah program internasional yang diantarkan dalam bahasa Inggris. Tingkat kepuasan mahasiswa sangat tinggi di universitas berkelas dunia ini.

Jika kamu ingin menjadi bagian dari sejarah dunia, kamu dapat memilih University of Bologna. Dikenal sebagai universitas tertua di dunia yang berdiri pada 1088, University of Bologna masih menjadi pemimpin inovasi akademik di abad modern.

Italia juga menjadi rumah bagi sejumlah sekolah bisnis ternama di Eropa. Contohnya SDA Bocconi di Milan. Program MBA-nya banyak diincar calon mahasiswa dari seluruh dunia.

Fakta penting lainnya, Italia memiliki sumbangsih besar dalam Bologna Process, sebuah reformasi yang membentuk pendidikan tinggi di Eropa menjadi seperti sekarang ini.

Sistem pendidikan di Italia sendiri diakui 42 negara. Gelar yang kamu dapatkan di sini akan diakui negara-negara tersebut.

universitas italia
Universitas di Italia.

Biaya Kuliah

Universitas negeri di Italia tergolong murah jika dibandingkan negara-negara lainnya di Eropa. Hal ini disebabkan pemerintah Italia membantu menyokong biaya pendidikan di universitas negeri.

Pemerintah Italia juga menawarkan berbagai program beasiswa untuk mahasiswa asing. Contohnya Italian Government Scholarship oleh Kementerian Luar Negeri.

Rata-rata biaya kuliah yang perlu dikeluarkan di universitas negeri sekitar 1.000 EUR per tahun. Universitas dengan ranking tinggi mungkin menetapkan biaya kuliah yang lebih tinggi.

Namun ada juga universitas yang menetapkan biaya kuliah berdasarkan kondisi finansial dan pemasukan keluarga mahasiswa. Berdasarkan standar ini, kamu dapat dikenai 150 EUR sampai 5.000 EUR per tahun.

Biaya Hidup

Tak hanya biaya kuliah, biaya hidup di Italia tergolong budget-friendly. Biaya hidup untuk mahasiswa berkisar antara 700 sampai 1.000 EUR per bulan.

Namun kamu tetap perlu memperhitungkan kota tempat kamu tinggal. Di kota besar seperti Milan atau Roma, biasanya biaya hidup lebih tinggi.

Beberapa universitas menawarkan bantuan akomodasi. Kamu dapat memanfaatkan hal ini.

Lingkungan dan Budaya

Banyak mahasiswa asing merasa nyaman tinggal di Italia. Di luar jam kuliah, mereka dapat dengan bebas mengeksplorasi lingkungan dan budaya yang kaya.

Kamu dapat mengunjungi kota-kota bersejarah seperti Bologna, Milan, Pisa, Roma, dan masih banyak lagi.

Masyarakat Italia terkenal dengan keramahannya. Kamu akan mendapat teman dengan cepat.

Mereka akan memperkenalkan kuliner setempat yang beragam. Mereka juga akan mengajakmu menikmati prinsip hidup la dolce vita (hidup yang manis).

Untuk dapat benar-benar menikmatinya, kamu perlu menguasai bahasa Italia. Bahasa Inggris tidak terlalu lazim digunakan dalam keseharian masyarakat Italia, kecuali dalam situasi akademik.

Kamu juga dapat menikmati berbagai festival budaya dan liga olahraga internasional. Pada musim panas, jangan lupa menikmati pantai dan daerah pedesaan yang tenang.

Colloseum, Rome
Colloseum, Rome.

Kerja Sambil Kuliah

Mahasiswa asing yang memegang izin tinggal untuk studi dapat bekerja sambil kuliah. Namun jam kerja dibatasi maksimal 20 jam per minggu dan 1040 jam per tahun.

Mahasiswa asal Uni Eropa dan Area Ekonomi Eropa dapat langsung bekerja. Namun mahasiswa di luar Uni Eropa membutuhkan izin bekerja.

Untuk memperoleh izin bekerja, kamu harus mendapat penawaran kerja dari perusahaan Italia.

Menetap di Italia Setelah Lulus

Betah tinggal di Italia selama kuliah? Jangan khawatir, kamu dapat menetap di sana setelah lulus.

Syaratnya kamu perlu mendaftar izin tinggal untuk bekerja. Kamu dapat mengajukan permohonan sesuai hukum imigrasi (Decreto Flussi) setempat.

Kamu perlu mengumpulkan izin tinggal untuk studi yang masih berlaku, kontrak tempat tinggal, dan bukti rekening bank. Kemudian kamu dapat memilih jenis izin bekerja yang dibutuhkan, apakah kamu bekerja untuk orang lain atau mandiri.

Badan Imigrasi akan menilai permohonan izin berdasarkan kuota tahunan. Jika sudah diberikan, izin berlaku untuk satu tahun dan harus diperbarui.