Sejarah Halloween, Tradisi Celtic kuno

Sejarah Halloween

Kursus Business English – Tradisi halloween banyak dirayakan di beberapa negara terutama negara maju tiap malam tanggal 31 oktober. Banyak yang merayakan Halloween tidak hanya karena kesenangan yang terkandung dalam mengenakan kostum tetapi juga tradisi unik lainnya. 

Ketahui lebih banyak seputar sejarah halloween hingga peringatan apa saja yang biasanya dilakukan di negara lain di malam tangga tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Sejarah halloween

Dilansir dari laman History, hari halloween biasanya diselenggarakan tiap malam tanggal 31 oktober. Tradisi ini bermula dari festival celtic kuno samhain yang mana ada segerombolan orang yang menyalakan api unggun. 

Kemudian mengenakan kostum unik untuk mengusir hantu. Berlangsung hingga abad kedelapan, Paus Gregorius III kemudian menetapkan tanggal 1 november sebagai waktu untuk menghormati orang suci. 

Tak lama setelah pernyataan dan keputusan terkait mengukuhkan tanggal tersebut, sehari sebelumnya dirayakan sebuah tradisi yang dikenal dengan nama All Hallows Eve yang kemudian berkembang menjadi halloween. 

Sejarah halloween memang menarik untuk diketahui, terutama saat ini ada banyak negara maju seperti Amerika, Inggris, Australia, hingga Korea yang merayakannya. 

Halloween berkembang menjadi sebuah hari spesial bahkan menjadi hari libur yang diperingati oleh banyak orang. Halloween juga tidak hanya berakitan dengan trick or treat saja tetapi juga mengukir labu untuk dijadikan lentera hingga pesta makan dengan desain unik.

Perayaan ini dengan cepat menyebar ke Amerika Utara melalui para imigran Eropa, dan selanjutnya menjadi perayaan yang sangat populer di seluruh dunia.

Dalam perkembangannya, Halloween telah bertransformasi menjadi perayaan yang merayakan aspek-aspek seperti kekreatifan kostum, hiburan horor, jamuan makan malam dengan berbagai bahan dan tampilan kuliner yang unik, tentu saja menyeramkan.

Meskipun awalnya memiliki akar dalam sejarah halloween dengan tradisi kuno yang terkait dengan dunia roh, halloween saat ini lebih sering dianggap sebagai perayaan musim yang menyenangkan.

Asal usul halloween trick or treat 

Selain membicarakan seputar sejarah halloween, tidak lengkap rasanya jika tidak mengulik seputar trick or treat yang mana menjadi salah satu tradisi uniknya. 

Tradisi trick or treat dalam sejarah halloween muncul di Amerika. Saat itu, para wanita muda percaya jika hari halloween bisa memunjulkan nama atau tampilan calon jodoh dengan melakukan trik menggunakan benang, kulit apel, dan cermin. 

Tradisi ini cukup populer pada akhir tahun 1800an hingga membuat tradisi halloween menjadi hari libur. Saat itulah, banyak orang yang berkumpul dengan para tetangga dan melakukan banyak kegiatan menyenangkan bersama. 

Seiring dengan berjalannya waktu, sejarah halloween kuno yang banyak memiliki sisi mistis mulai luntur dan sebagian besar tradisinya hanya pada permainan, makanan, dan kostum meriah. 

Sejarah halloween melalui pesta yang dirayakan 

Masih dalam laman History yang sama, jika mengulik seputar sejarah halloween tidak lengkap tanap mengetahui pesta halloween zaman dulu. 

Di tahun 1920an hingga 1930an, sejarah halloween pada pesta berkembang pesat dan banyak dilakukan oleh komunitas dengan jumlah pengikut masif. 

Hingga pada tahun 1950an, ada trick or treat yang banyak dilakukan karena mudah dan ekonomis untuk dilakukan. Secara prakteknya, rumah-rumah saat halloween akan menyediakan makanan kecil untuk menghindari tipuan yang dimainkan oleh anak-anak. 

Di Amerika, tradisio halloween dirasa cukup kuat dan banyak dilakukan. Bahkan orang Amerika bisa menghabiskan sekitar enam dollar milliar per tahun hanya untuk merayakan halloween. Pengeluarkan kedua terbesar setelah Natal.

Simbol dari sejarah halloween di masa lampau hingga hari ini

Walau simbol sejarah halloween sudah berubah dan berevolusi seiring dengan berjalannya waktu, tetapi beberapa ciri khas di antaranya masih bertahan hingga saat ini. 

Seperti simbol sejarah halloween Jack-o’-lantern yang masih ada sejak dulu hingga sekarang. Simak lebih banyak seputar simbol hari halloween. 

Jack-o’-lantern

Jack-o’-lantern adalah salah satu simbol Halloween paling ikonik. Awalnya terkait dengan legenda tentang Jack yang licik, tradisi ini melibatkan pengukiran wajah menyeramkan pada labu. 

Setelah itu dimasukkan lilin atau lentera, mungkin sekarang sudah diganti dengan lampu otomatis. Kemudian ditaruh di depan atau sisi rumah sebagai dekorasi taman. 

Tradisi Jack-o’-lantern seiring waktu berkembang menjadi bagian dari perayaan Halloween modern. Banyak orang yang juga memiliki kepercayaan dengan mengukir dan menarik labu di depan rumah, bisa menakut-nakuti roh jahat. 

Lilin di dalam labu bisa menciptakan cahaya yang memancar pada ukuran wajah sehingga memunculkan pandangan yang menyeramkan. 

Seiring berjalannya waktu, Jack-o’-lantern telah menjadi salah satu elemen dekorasi paling khas dalam perayaan Halloween.

Ada banyak tutorial yang bisa kamu ikuti untuk membuat jack-o’-lantern di rumah.

Api Unggun

Dalam tradisi Samhain asli, ada penggunaan api unggun dalam beberapa sejarah perayaan halloween sejak dulu hingga sekarang. 

Ada penggambaran unsur penting seperti perubahan musim dingin hingga menyambut roh leluhur. 

Ini adalah waktu ketika panen telah selesai, dan masa-masa gelap dan dingin segera tiba. Api unggun dianggap sebagai lambang perlindungan dan cahaya di tengah kegelapan musim dingin yang mendekat.

Dalam beberapa komunitas yang masih mempertahankan tradisi Samhain, api unggun masih menjadi bagian penting dari perayaan. Konteks penggunaannya tidak selalu tentang halloween tetapi juga perayaan lainnya. 

Beberapa orang yang merayakan Halloween dengan nuansa yang lebih tradisional mungkin masih menciptakan api unggun sebagai penghormatan kepada tradisi Celtik kuno.

Pumpkin pie

Kue labu menjadi salah satu hidangan yang hampir bisa ditemukan saat perayaan halloween tiba. Salah satu makanan khas Halloween yang populer adalah pai labu ini, banyak disukai. 

Beberapa orang menggunakan banyak tambahan bumbu dan bahan lainnya agar tampilannya meriah. 

Selama Halloween, pie labu seringkali menjadi salah satu hidangan penutup yang dihidangkan selama perjamuan atau pesta halloween. 

Beberapa orang mungkin menghias pie labu dengan bentuk labu yang diukir di atas permukaannya, menambahkan unsur halloween pada hidangan ini.

Banyak keluarga berkumpul untuk mengukir labu, mengolah daging labu, dan membuat pie labu bersama-sama.

Lebih Hemat dengan Potongan Harga

Kursus Business English di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.