8 Pesta Halloween dari Seluruh Dunia, Bertema Seram

Pesta Halloween

English for Pre Teens – Menjelang tanggal 31 oktober, banyak negara yang sudah mempersiapkan untuk perayaan pesta halloween. Tradisi ini telah dirayakan dengan kisah horor, makhluk gaib, dan segala hal yang menyeramkan selama berabad-abad. 

Saat ini, halloween tidak hanya menjadi perayaan yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak untuk mengenakan kostum dan mendapatkan permen atau makanan manis

Namun juga, kegiatan menyenangkan lainnya. Yuk, intip tradisi halloween dari berbagai negara berikut ini. 

Pesta halloween dari berbagai negara

Dilansir dari beberapa sumber, simak penjelasan seputar tradisi halloween unik dari negara-negara yang merayakannya.

Pesta halloween hadir dengan atmosfer dan suasana yang unik, di mana orang dapat mengekspresikan imajinasi gelap mereka dan merayakan sisi misterius dari dunia ini.

1. Pesta halloween dengan kostum seram 

Pesta halloween memang sangat erat kaitannya dengan hal-hal yang berbau seram. Momen ini sengaja dimanfaatkan banyak orang untuk mengekspresikan diri dalam mengenakan kostum dan berdandan seseram mungkin. 

Pada malam halloween, banyak orang mengenakan kostum yang sering kali terinspirasi oleh makhluk mitos, monster, hantu, penyihir, atau karakter fiksi terkenal yang terkait dengan tema horor. 

Kostum yang digunakan ini sering kali dirancang untuk mengejutkan dan menakuti, dengan sentuhan detail yang mencerminkan imajinasi gelap.

Beberapa orang bahkan menggunakan kostum untuk menciptakan karakter fiksi dari karakter versi mereka. Selain itu, beberapa orang juga menampilkan kostum grup yang berkesan, yang sering kali terinspirasi oleh tema-tema horor tertentu, film, atau cerita-cerita urban legenda.

2. The pagan way 

Dilansir dari laman Mental Floss, ada pesta halloween yang menampilkan banyak orang bukan hanya berkostum menyeramkan tetapi juga menyuguhkan makanan dan minuman. 

Tradisi halloween yang satu ini terbilang unik, karena menurut sebagian orang suguhan tersebut untuk persembahan para roh yang akan datang di malam tersebut.

3. Pemberian permen

Menurut laman tersebut juga menyebutkan kalau pemberian permen atau makanan manis di depan pintu rumah saat pesta halloween berlangsung. 

Tidak hanya untuk anak-anak semata, tetapi ada kepercayaan lainnya yaitu memberikan imbalan atas doa yang dipanjatkan orang yang sudah meninggal. 

Itu adalah kepercayaan pada abad pertengahan tentang pemberian trick or treat permen di depan rumah. 

4. Ketakutan akan kucing hitam 

Salah satu tradisi halloween yang banyak disebutkan di malam tanggal 31 oktober adalah ketakutan pada kucing hitam. 

Kucing hitam sering kali diangap sebagai simbol dari hal jahat atau iblis. Hal ini karena di masa lalu, banyak penyihir yang dituduh sebagai “orang pintar” memiliki kucing sebagai teman. 

Menurut orang-orang tersebut, kucing dianggap teman akrab penyihir karena bisa membantu melepaskan atau mengirimkan ilmu sihir gelap. 

5. Bobbing for Apples

Bobbing for Apples adalah permainan tradisional yang sering dimainkan selama pesta Halloween berlangsung. 

Dalam permainan ini, biasanya ada sebuah bak besar atau wadah yang diisi dengan air, dan di dalamnya terdapat beberapa buah apel yang mengapung di permukaan air. 

Jadi, anak-anak atau pemain akan mencoba mengigit apel yang mengapung di atas air tanpa menggunakan tangan. Hiburan ini dianggap menyenangkan selama musim gugur tiba. 

Selain untuk melatih motorik dari para pesertanya, bobbing for apples juga bisa menambah keceriaan para peserta dan penonton. 

6. Mischief Night

Mischief Night, juga dikenal sebagai Devil’s Night. Pesta halloween yang satu ini menjadi tradisi kental di wilayah Amerika Utara. 

Berbeda dengan tradisi halloween lainnya, Mischief Night biasanya dirayakan sebelum malam halloween. 

Pesta halloween, Mischief Night, biasanya seputar berbagai tindakan kenakalan seperti vandalisme, suruhan anak remaja akan melakukan beberapa hal. Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh anak-anak hingga remaja. 

Namun banyak yang menyayangkan akan tindakan yang tidak bertanggung jawab dari pesta yang satu ini. Beberapa kasus bisa berakibat pada kerusakan properti atau perasaan tidak nyaman bagi orang-orang yang menjadi sasaran kenakalan.

Mischief Night tidak diakui secara resmi sebagai bagian dari perayaan halloween dan tidak dimaksudkan untuk menciptakan ketegangan atau ketakutan seperti halloween.

7. Adanya kelelawar

Pesta halloween yang selanjutnya adalah melihat adanya kelelawar yang bertebaran di langit. Menurut cerita rakyat abad pertengahan, kelelawar sering dianggap sebagai sesuatu yang berhubungan dengan takhayul. 

Tak jarang dari cerita tersebut yang menggambarkan kelelawar sebagai pertanda kematian. 

Dalam budaya populer, kelelawar seringkali digambarkan sebagai makhluk misterius dan kegelapan. Kelelawar sering muncul dalam cerita horor dan film vampir. Ini menciptakan suasana yang sesuai dengan tema pesta halloween yang berkaitan dengan makhluk gaib dan seram.

Terkait dengan gambaran kelelawar sebagai makhluk malam, ada kesalahpahaman historis yang menghubungkan kelelawar dengan vampir dalam mitos dan legenda. 

8. Soul cake

Soul cakes adalah cupcakes atau kue dalam cup yang dibuat dengan bahan-bahan seperti tepung terigu, mentega, gula, dan bumbu seperti pala dan kayu manis. 

Jenis kue yang satu ini sering dihiasi dengan tanda salib atau desain khusus yang melambangkan roh yang telah meninggal dunia. Soul cake biasanya dibagikan pada malam pesta halloween, terutama saat perayaan yang dikenal sebagai “All Souls’ Day” atau “All Hallows’ Day,” yang jatuh pada tanggal 2 November. 

Tradisi soul cakes melibatkan anak-anak yang akan pergi dari pintu ke pintu meminta soul cakes atau makanan lainnya sebagai pengganti doa untuk jiwa yang telah meninggal. 

Jika mereka menerima soul cakes, maka anak-anak akan berdoa untuk roh-roh orang yang telah meninggal sebagai tanda penghormatan.

English for Pre-Teens, Langkah Tepat Mahir Bahasa Inggris!

Belajar bahasa Inggris di Lister serasa bermain tetapi proses belajar tetap efektif. Daftarkan segera dirimu di English for Pre Teens Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di Tutor Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh senivpetro di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.