Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Segala Hal Tentang Internal Memo yang Perlu Diketahui!

Kursus Business English – Dalam dunia kerja, kita membutuhkan komunikasi untuk menyampaikan pesan atau masalah yang dihadapi. Misalnya komunikasi antar departemen dalam perusahaan. Salah satu media komunikasinya disebut dengan internal memo.  Apa itu?

Pengertian Internal Memo

Internal memo adalah kependekan dari “memorandum internal.” Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), memo merupakan nota atau surat peringatan tidak resmi; surat pernyataan dalam hubungan diplomasi. Sehingga internal memo berarti surat pernyataan dalam hubungan internal organisasi.

Tujuan Internal Memo

Internal memo digunakan untuk menyebarkan informasi serta membuat pemberitahuan, arahan, atau penjelasan massal antar orang-orang di perusahaan, departemen, atau tim.

Internal memo dapat digunakan saat harus berkomunikasi dan mencoba memecahkan masalah di antara banyak tim dalam sebuah organisasi.

Struktur Internal Memo

Untuk membuat internal memo yang mudah dipahami, dapat menggunakan struktur berikut.

Penulisan kop surat memo

Kop pada surat memo dibuat berdasarkan kebijakan atau format dari perusahaan tersebut. Di bawah kop surat biasanya diberi tulisan “MEMORANDUM” untuk mengetahui jenis surat yang dikirimkan.

Nama pengirim dan penerima

Pengirim dan penerima penting disertakan dalam penulisan surat untuk mengetahui dari siapa dan untuk siapa surat tersebut dibuat.

Tujuan dan isi surat

Tujuan dan isi surat tentunya wajib ditulis untuk mengetahui apa isi dari surat yang telah dikirim.

Tanda tangan

Pada surat ini  harus diberi tanda tangan untuk menentukan keresmian dari surat yang diberikan atau dikirimkan.

Baca juga: 10+  Opening Speech: Contoh dan Cara Penggunaan yang Benar

Tips Membuat Internal Memo

  • Identifikasi dan tentukan inti pesan yang hendak disampaikan.
  • Gunakan format internal memo yang biasa digunakan perusahaan.
  • Buat susunan heading yang benar dan sesuai.
  • Tulis pembukaan dengan memberi sapaan, sebelum menuju inti pesan.
  • Lengkapi bagian internal memo yang harus diisi hingga selesai.

Contoh Internal Memo

CHOCOLATE HEAVEN EMPORIUM

MEMORANDUM

TO: All Staff

FROM: Management T.C.

DATE: November 9th, 20–

SUBJECT: STAFF CHRISTMAS PARTY

It’s that time of year again. As you all know, Christmas is our busiest season of the year. Every year it is a struggle for management and supervisors to find the time and energy to organize a staff Christmas party. This year, we have decided to postpone the Christmas party until after our busy season.

Party Details

Date: Second or third Saturday in January (T.B.A)

Theme: Beach

Food: Caribbean

Special events: Karaoke and belly dancing

We apologize that the celebration will have to wait until the new year, but we guarantee that it will be worth the wait. Anyone interested in volunteering to help out with the event is encouraged to call Lucy, our events coordinator. Lucy’s cell phone number is 222-3098. Please contact Lucy outside of business hours regarding this matter.

Thank you.

T.C.

Kursus Business English, Saatnya Raih Karier Global 

Kosakata yang digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan tentu berbeda dengan percakapan sehari-hari. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Sejumlah alumni Lister merasakan manfaat setelah mengikuti Kursus Business English di Lister. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!