Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Santai ala Dolce far Niente: Mudah Dipahami, Susah Dijalani

Dolce far niente.

Tertarik dengan budaya Italia? Lebih seru kalau kamu mempelajari bahasa aslinya! Kamu dapat mulai dengan mengikuti Kursus Bahasa Italia sekarang juga.

Apakah kamu pernah mendengar prinsip hidup orang Italia, dolce far niente? Prinsip hidup yang santai dan menikmati momen ini kedengarannya mudah, tetapi sulit dijalani.

Apa itu dolce far niente? Bagaimana caranya bersantai ala orang Italia?

Dolce far niente

Frasa bahasa Italia dolce far niente dapat diartikan sebagai keindahan tidak melakukan apa-apa. Artinya kamu menikmati momen saat ini tanpa melakukan apa-apa, tanpa memikirkan stres, beban, dan tekanan.

Orang Italia gemar makan pasta, minum kopi, lalu duduk-duduk di kafe pada tengah hari. Mereka mengobrol santai sambil melihat pejalan kaki berlalu-lalang. Terkadang mereka jalan-jalan di sore hari sambil memandang matahari terbenam.

Mereka menikmati kesederhanaan hidup yang sedang terjadi dan tidak merasa bosan. Konsep ini dijalani dalam hidup sehari-hari orang Italia.

Walaupun terkesan mudah, tidak banyak orang yang dapat melakukan ini. Masyarakat modern cenderung sibuk dengan pekerjaan, keluarga, dan bersosialisasi. Mereka merasa harus terus produktif dan kehabisan waktu untuk diri sendiri.

Melepaskan diri dari pekerjaan dan rehat sejenak untuk minum kopi sambil tidak melakukan apa-apa bisa jadi sulit. Kamu dapat mencobanya perlahan-lahan dan mulai menikmati hidup dengan prinsip orang Italia dolce far niente.

Dolce far niente.
Dolce far niente.

Tips melakukan dolce far niente

Seperti yang disinggung sebelumnya, menjalani dolce far niente bisa jadi sulit. Untuk memulai, kamu dapat menerapkan prinsip-prinsip berikut.

Tunda pekerjaan

Menunda pekerjaan tidak selalu merupakan hal yang buruk. Tidak perlu langsung cuci piring setelah makan malam. Kamu bisa mengobrol santai dan menikmati makanan penutup yang manis. Piring kotor tidak akan pergi ke mana-mana kalau kamu tunda sebentar.

Tidur siang

Tidur siang tidak hanya bermanfaat bagi anak-anak. Penelitian menunjukkan tidur siang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan tingkat stres.

Gali kreativitas

Lakukan aktivitas yang mendorong kreativitas. Melukis, bermain musik, atau memasak dapat membantu kamu rileks dan menghargai waktu.

Istirahat

Tetapkan satu hari sebagai hari libur. Tunda pekerjaan rumah, abaikan urusan kantor, tinggal di rumah, makan enak, dan nikmati waktu istirahat.

Hindari membuat rencana

Sebelum memulai hari, terkadang kita membuat rencana apa saja yang harus dilakukan. Saat rencana tidak terlaksana, kita merasa bersalah dan merasa tidak punya cukup waktu.

Tetapkan hari di mana kamu tidak membuat rencana dan jalani hari apa adanya.

Tidak membuka media sosial

Terlalu banyak membuka media sosial dapat menguras energi dan emosi. Kamu tidak dapat benar-benar menikmati waktu luang jika menghabiskan waktu di depan layar ponsel.

Jauhkan dirimu dari ponsel selama satu jam dan cobalah menjalankan kegiatan tanpa terganggu.