Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Piano: Sejarah, Asal, Manfaat, dan Contoh Judul Komposisinya

Sejarah piano

Tahukah kamu bahwa keindahan Piano berasal dari tanah Italia?

Jika kita melihat ke situasi saat ini, Italia adalah negara asal dari Fazioli, sebuah brand piano klasik terbaik saat ini. Kehadiran brand piano premium dari Italia bukanlah hal yang mengejutkan. Sebab, dari negara itu pula sejarah piano bermula sekitar 312 tahun yang lalu.

Apakah kamu penggemar bahasa Italia dan ingin mahir memainkan keindahan piano? Mungkin belajar bermain piano dan belajar bahasa Italia menjadi jalan yang layak kamu pertimbangkan lho.

Belajar piano juga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita. Sebelumnya, kamu bisa menyimak sejarah asal dari alat musik piano ini, simak yuk!

Sejarah piano

Sejarah piano dapat dilacak kembali dari 3 abad lalu. Selama periode itu, Instrumen ini merupakan salah satu yang paling populer populer di dunia bahkan ketika memasuki abad keempat keberadaannya. Meski sekarang menjadi alat musik yang sangat populer di rumah-rumah, piano memiliki perangkat mekanis paling kompleks dan mampu memenuhi setiap gaya permintaan musik pemainnya. Dengan setiap pengembangan sejak penemuannya, piano semakin mampu memberikan nuansa ekspresi, volume dan durasi nada yang tak terbatas.

Tiga abad lalu, sejarah piano dimulai ketika pembuat Harpsichord Italia, Bartolomeo Cristofori, menghasilkan terobosan teknologi. Bartolomeo Cristofor adalah pembuat dan pemelihara alat musik harpsichord di keluarga Medici, keluarga bangsawan kaya Italia sekitar abad ke-15.

Cristofor membuat mekanisme baru bagi Harpsichord, yang memberinya kemampuan untuk dimainkan instrumen dengan variasi yang dinamis.

Inovasinya memberikan perubahan besar di bagian dalam piano versi awal dan pengembangan instrumen selanjutnya. Instrumen asli Cristofori pada 1700 dinamakan “pianoforte” (atau dalam bahasa Italia: clavicembalo col piano e forte, yang berarti harpsichord yang dapat bermain normal dan lebih kuat).

Kata piano menjadi lebih luas digunakan pada 1732 ketika nama pianoforte dipersingkat. Meskipun ada minat pada piano, butuh hampir 50 tahun untuk instrumen ini menjadi sangat populer. Pada akhir abad ke-18, produksi piano mulai menyebar ke seluruh Eropa.

Fungsi/manfaat piano

  • Membuat jiwa lebih tenang sebab piano memiliki desain untuk jadi cerminan perasaan dan emosi manusia.
  • Meningkatkan kinerja otak.
  • Melatih koordinasi mata dan tangan menjadi lebih baik sehingga meningkatkan kemampuan multitasking.

Contoh judul komposisi lagu full piano

Beberapa judul komposisi lagu dengan full piano, adalah sebagai berikut:

  • Turkis March karya Mozart
  • Fur Elise karya Beethoven
  • Mistral Gagnant karya Renaud
  • Divenire karya Ludovico Einaudi