Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Resignation Letter: Tujuan, Struktur, Tips, dan Contoh

Kursus Business English – Jika kamu seorang pekerja, pasti tidak asing dengan istilah resign atau mengundurkan diri. Untuk itu memahami resignation letter sangat penting. Begini penjelasan lengkap tentang jenis letter yang satu ini.

Pengertian Resignation Letter

Resignation letter artinya surat pengunduran diri. Surat ini merupakan dokumen yang memberitahu atasan bahwa kamu akan meninggalkan pekerjaan yang selama ini menjadi tanggung jawabmu di sebuah organisasi, instansi, atau perusahaan. Surat ini dapat ditulis sebagai surat tercetak atau pesan email

Tujuan Resignation Letter

Resignation letter digunakan untuk memberikan rincian pemberitahuan tertulis dan dokumentasi tanggal akhir pekerjaan seorang pekerja. Pentingnya surat pengunduran diri yaitu membantu perusahaan, terutama HRD, menyiapkan rincian terkait last-day employment, berkas-berkas yang dibutuhkan, dan mencari pengganti.

Baca juga: Business Correspondence: Pengertian, Tujuan, dan Jenis

Struktur resignation letter

  • Nama kota dan tanggal dibuat surat pengunduran diri
  • Nama lengkap perusahaan dan alamat perusahaan 
  • Salam pembuka 
  • Alasan mengapa ingin mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut 
  • Mencantumkan tanggal jelas kapan mulai tidak aktif atau mengundurkan diri
  • Memberikan ucapan maaf dan terimakasih kepada pihak perusahaan 
  • Beri salam penutup dan tanda tangan. 

Baca juga: Business Correspondence: Pengertian, Tujuan, dan Jenis

Tips membuat resignation letter

  • Cantumkan nama dan alamat di atas
  • Masukkan tanggal waktu 

August 25, 2022

  • Alamat perusahaan 

East Coast Marketing

123 Beach View Street

Charleston, SC 12345

  • Tuliskan nama atasan yang dituju 

Dear Mr. Jacobsen,

Dear GenTech Finance Team,

  • Alasan mengajukan resign, misalnya alasan keluarga, pensiun dini, ataupun perubahan bidang karir. 
  • Akhiri dengan mengucapkan terima kasih. 

Thank your manager

If you feel grateful, acknowledge the opportunity your employer gave you

Optionally, offer to help with the transition process, or note your desire to keep in touch

  • Tanda tangan dan nama terang

Contoh resignation letter

Teks 1

Dear Mr. Don Cohen,

Please accept this letter as formal notification that I am resigning from my position as Account Executive with Marketing Media. My last day will be Thursday, March 2.

Thank you so much for the opportunity to work in this position for the past six years. I’ve greatly enjoyed and appreciated the opportunities I’ve had to grow our sales team and pipeline, be a part of creating a great product, and work with my fellow colleagues, and I’ve learned so much about marketing strategy and the digital media space, which I will certainly take with me throughout my career.

I’ll do everything possible to wrap up my duties and train other team members over the next two weeks. Please let me know if there’s anything else I can do to help during this transition.

I wish the company continued success, and I hope to stay in touch in the future.

Sincerely,

Anne Acharya

Teks 2

Dear Ms. Fran Braden,

I’m writing to give my formal notice that I’ll be leaving my role as Office Manager for Larry and Keets Financial Partners on July 31.

I’ve recently received an offer to serve as an executive assistant at a small startup, and after careful consideration I’m excited to explore this new path in my career journey.

I’m incredibly grateful for the opportunities I’ve been provided working on the Operations team for the past four years. It’s been a wonderful experience to work for such a great company and help in solving Larry and Keets’ mission to provide better financial support for older employees.

Please let me know if I can be of any assistance during this transition. Thank you for all your guidance. I wish you all the best, and look forward to keeping in touch.

Sincerely,

George Lin

Kursus Business English, Saatnya Raih Karier Global 

Kosakata yang digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan tentu berbeda dengan percakapan sehari-hari. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Sejumlah alumni Lister merasakan manfaat setelah mengikuti Kursus Business English di Lister. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!