Quarter Life Crisis Adalah? Kenali 5 Tanda dan Kiat Menangani

quarter life crisis adalah

Kursus Bahasa Inggris untuk AnakQuarter Life Crisis adalah fenomena yang semakin sering terjadi di kalangan generasi muda saat ini. Memasuki usia seperempat abad, banyak yang merasa kebingungan, stres, dan tekanan yang tinggi.

Quarter Life Crisis adalah momen dalam hidup, di mana seseorang merasa ragu tentang arah hidupnya dan mencari makna dari eksistensinya. Yuk kupas lebih dalam mengenai apa itu Quarter Life Crisis adalah, tanda-tandanya, dan kiat untuk menanganinya.

Quarter Life Crisis Adalah?

Quarter Life Crisis dianggap sebagai masa sulit yang dialami generasi usia 25-30 tahun. Pada tahap ini, mereka mungkin merasakan serangan emosional luar biasa yang datang dari dalam dan luar.

Akibatnya, perasaan cemas, tidak nyaman, kebingungan dengan arah hidup, merasa salah arah, dan putus asa seringkali muncul. Quarter Life Crisis adalah lebih dari sekadar perasaan sementara; ini adalah perjuangan nyata yang bisa berdampak serius pada kehidupan seseorang.

Menurut Azri Agustin, Psikolog Klinis Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM), quarter life akan menjadi Quarter Life Crisis kalau ada ketimpangan antara tuntutan tugas perkembangan pada masa transisi dengan kemampuan kita untuk mengatasinya.

Ini berarti bahwa tekanan dan tantangan yang muncul selama periode ini dapat dengan mudah berubah menjadi krisis jika tidak diimbangi dengan kemampuan adaptasi yang memadai.

Quarter Life Crisis adalah fenomena yang semakin sering ditemui di era modern ini. Tuntutan hidup yang semakin tinggi, persaingan yang ketat, serta ekspektasi dari diri sendiri dan orang lain, membuat generasi muda merasa terjepit dan bingung.

Baca Juga: 110 Kata-kata Penyemangat Bahasa Inggris Singkat dan Artinya

5 Tanda Quarter Life Crisis

Mengakui bahwa Quarter Life Crisis adalah suatu masalah nyata adalah langkah awal dalam memahami dan mengatasinya. Berikut adalah 5 tanda yang bisa membantu kamu mengidentifikasi apakah Quarter Life Crisis adalah masalah yang sedang kamu hadapi saat ini:

  1. Kehilangan Arah Hidup: Merasa bingung dan tidak tahu mau melakukan apa atau kemana harus pergi. Hal ini sering terjadi saat seseorang merasa tidak memiliki tujuan atau arah yang jelas dalam hidup.
  2. Tekanan dari Lingkungan: Merasa ditekan oleh teman, keluarga, atau pekerjaan. Tekanan ini mungkin berasal dari ekspektasi orang lain, atau tekanan yang kamu berikan pada diri sendiri untuk mencapai suatu standar tertentu.
  3. Ketakutan akan Masa Depan: Cemas tentang masa depan, baik itu karier, keuangan, atau hubungan. Ketakutan ini mungkin muncul dari ketidakpastian atau kurangnya perencanaan dan persiapan untuk masa depan.
  4. Rasa Tidak Puas dengan Diri Sendiri: Selalu merasa bahwa yang telah dicapai belum cukup. Hal ini sering terkait dengan perbandingan diri dengan orang lain, yang menyebabkan perasaan tidak adekuat atau kurang sukses.
  5. Depresi dan Kecemasan: Merasa stres, cemas, atau depresi tanpa alasan yang jelas. Ini bisa menjadi tanda serius dari Quarter Life Crisis jika emosi negatif ini mengganggu kehidupan sehari-hari dan kualitas hidup secara umum.

Quarter Life Crisis adalah fase yang cukup rumit dan sering dianggap sebagai masa transisi yang penuh tekanan. Tanda-tanda di atas adalah refleksi dari perasaan dan pengalaman yang mungkin kamu hadapi selama periode ini.

Penting untuk diingat, mengalami salah satu atau beberapa dari tanda-tanda ini tidak selalu berarti kamu berada dalam Quarter Life Crisis. Namun, jika kamu merasa beberapa atau semua tanda ini relevan dengan situasi kamu, mungkin sudah saatnya untuk mengambil langkah serius.

Kiat Menangani Quarter Life Crisis

Menghadapi Quarter Life Crisis bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan pengertian dan pendekatan yang tepat, kamu bisa melewatinya dan bahkan tumbuh dari pengalaman tersebut

  • Menemukan Passion: Mengenal diri sendiri dan menemukan apa yang benar-benar kamu inginkan dalam hidup bisa menjadi titik awal yang baik. Cobalah luangkan waktu untuk merenung dan mengevaluasi apa yang benar-benar menjadi minat dan keinginan kamu.
  • Berbicara dengan Orang yang Dipercaya: Terkadang, berbicara dengan teman atau anggota keluarga yang bisa dipercaya bisa memberikan wawasan dan dukungan yang kamu butuhkan. Mereka bisa menjadi sumber dukungan moral dan saran praktis.
  • Menetapkan Tujuan yang Realistis: Menentukan tujuan jangka pendek dan panjang yang realistis akan membantu kamu fokus dan terarah. Dengan tujuan yang jelas, kamu akan lebih termotivasi untuk mencapai apa yang kamu inginkan.
  • Pertimbangkan Bantuan Profesional: Jika perasaan cemas atau depresi menjadi sangat mengganggu, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari profesional seperti psikolog atau konselor. Bantuan profesional bisa memberikan pandangan objektif dan strategi yang efektif untuk mengatasi masalah.
  • Jaga Kesehatan Fisik dan Mental: Olahraga teratur, makan dengan benar, dan luangkan waktu untuk diri sendiri adalah komponen penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Dengan merawat diri sendiri, kamu akan lebih kuat dalam menghadapi tantangan yang muncul.
  • Buat Rencana: Buatlah rencana yang terstruktur tentang bagaimana kamu akan mencapai tujuan-tujuan kamu. Rencana yang jelas akan memberi kamu arah dan motivasi untuk terus maju.
  • Hindari Perbandingan dengan Orang Lain: Setiap orang memiliki jalannya masing-masing. Menghindari perbandingan diri dengan orang lain akan membantu kamu fokus pada apa yang benar-benar penting bagi kamu, bukan apa yang dianggap penting oleh orang lain.

Quarter Life Crisis adalah fase dalam hidup yang dapat menjadi sangat menantang, tetapi dengan strategi yang tepat, ini bisa diatasi. Quarter Life Crisis bukanlah titik akhir, melainkan kesempatan untuk refleksi, pertumbuhan, dan pengembangan pribadi yang berharga.

Baca Juga: Work-Life Balance Tak Lagi Mitos, ini 5 Cara Meraihnya

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.